littlesmithAvatar border
TS
MOD
littlesmith 
Menilik Kemegahan Jam Gadang, Salah Satu Aset Historis Bumi Nusantara


Tidak sah rasanya jika kita bertandang ke Kota Bukittinggi tanpa melihat dan mengabadikan bangunan yang menjadi simbol kota ini, Jam Gadang. Bangunan peninggalan era Hindia-Belanda tersebut seakan identik dengan kota yang dahulu pernah menjadi ibukota Provinsi Sumatera Barat ini.

Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang. Posisinya yang strategis juga merupakan penanda atau titik nol kota Bukittinggi.



Jam Gadang memiliki denah dasar seluas 13 x 4 meter. Bagian dalam menara jam setinggi 26 meter ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Bandul tersebut sempat patah akibat gempa bumi pada tahun 2007 hingga mendapat perbaikan.

Salah satu keunikan atau mungkin sesuatu yang spesial dari jam ini adalah mesinnya. Di mana mesinnya ini hanya ada dua di dunia, satunya adalah Big Ben di London Inggris dan yang kedua adalah Jam Gadang di Indonesia, Sumatera Barat. Mesin dari Jam Gadang ini didatangkan langsung dari Rotterdam sebagai hadiah Ratu Belanda saat itu adalah Ratu Wilhemina yang langsung diberikan kepada sekretaris kota Rook Maker. Arsitektur untuk rancangan Jam Gadang itu sendiri adalah Yazid Rajo Mangkuto.


Foto Jam Gadang 3 Periode


Jam Gadang dibangun tanpa menggunakan besi penyangga dan adukan semen. Campurannya hanya kapur, putih telur, dan pasir putih. Pembangunan Jam Gadang menghabiskan biaya sekitar 3.000 Gulden.

Jam Gadang sendiri mengalami 3 perubahan bentuk pada atapnya seiring dengan bergantinya pemerintahan saat penjajahan Belanda dan Jepang. Hingga akhirnya pada saat Indonesia merdeka berubah menjadi bentuk gonjong atau atap pada rumah adat Minangkabau, Rumah Gadang.

Sumber : Opini pribadi dan Sumur

azhuramasda
CommunityManager
durexz
durexz dan 6 lainnya memberi reputasi
7
761
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
Cinta Indonesiaku
icon
5.3KThread2.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.