akuhamilmas
TS
akuhamilmas
Joko Widodo Dari Kursi Presiden Menuju Sekjen PBB 2026
JAKARTA - Langkah Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) semakin ringan menuju kursi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB menggantikan Antonio Guterres yang berakhir 31 Desember 2026.

Dalam pemilihan Sekjen PBB, lima negara anggota tetap Dewan Keamanan (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, RRC dan Rusia) menjadi faktor penentu.

Langkah ringan Jokowi menuju Sekjen PBB setidaknya dari kepercayaan dunia (termasuk lima anggota Dewan Keamanan) untuk menjadi Ketua Presidensi G20 di Bali, pada 15-16 November 2022.

Pun ketika Jokowi menjadi mediator antara Ukraina dan Rusia.

Masyarakat internasional memuji keberanian Jokowi berada di tengah pertempuran untuk kepentingan dunia, khusus Eropa yang terkena dampak langsung.

Perang Ukraina sesungguhnya membelah dua kekuatan di Dewan Keamanan PBB. Inggris, Amerika dan Perancis sementara disisi lain RRC bersama Rusia.

Pengamat asing menilai Jokowi sosok yang paling tepat berada diantara dua kekuatan tersebut sebagai Sekjen PBB.

Reuter bahkan menyebut Jokowi sosok yang diterima diantara dua kubu di Dewan Keamanan, disegani negara-negara Timur Tengah, dihormati banyak negara di Kawasan Asia Pasifik dan pemimpin ASEAN.

Tak pelak, Jokowi menjadi harapan dunia internasional. Sosok yang mampu bersikap tegas dan independen berada diatas semua kepentingan bangsa.

Saat masa pemerintahan dirinya berakhir 2024, apakah Jokowi nganggur? Tidak. Ia dipercaya sebagai anggota Champion Grup of the Global Crisis Response Group (GCRG).

Sekjen PBB Antonio Guterres membentuk GCRG (beranggota lima orang) dan meminta Jokowi hadir sebagai anggota bukan mewakili negara.

Dalam website PBB disebut jika Champions Grup beranggotakan pemimpin politik untuk melakukan koordinasi mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan dunia.

Kelak usai Pilpres 2024, Jokowi akan berkeliling dunia menjalankan tugasnya sebagai anggota GCRG sekaligus mempersiapkan diri menjelang pemilihan Sekjen PBB di akhir tahun 2026, yang semakin terbuka lebar.

https://www.katalogika.com/internasi...bb-2026?page=2

From Solo to New York emoticon-Cool
combustors.c.a.qavir
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.1K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.