• Beranda
  • ...
  • UX KASKUS
  • Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"

sedikitkurus
TS
MOD
sedikitkurus
Belajar membuat product yang dicintai user dengan "10 Usability Heuristics"


Halo agan agan forum UX Kaskus semoga pada sehat yak.

ini thread pertama ane, maaf kalau berantakan.



yak kali ini ane mau share soal “10 Usability Heuristics yang mungkin bisa aja sangat berguna buat agan agan yang sedang bikin sebuah produk digital, dengan harapan product digital yang agan bangun ini dapat dicintai oleh user ketika nanti sudah go-live. 



Yuk langsung aja.



10 Usability Heuristics, ini dikenalkan sama Jakob Nielsen tahun 1994, sedikit info aja kalo Pak Jakob ini tu seorang HCI Consultant, dia punya firma UX Research & consulting bernama NN Group. Meskipun 10 Usability Heuristics ini dikenalin tahun 1994, tapi menurut ane masih sangat bisa diterapin dalam perancangan design product digital sampe sekarang.




Nah 10 Usability Heuristic ini akan ane bahas masing masing per point nya.



1. Visibility of system status




Quote:



intinya adalah user itu "harus" diberi feedback atas apa yang sedang terjadi dari action yang dia lakukan. sebagai contoh, ketika user selesai melakukan submitdokumen / foto / text dll. maka pada saat proses sumbit, sistem baiknya memberikan feedback berupa prosesi submit yang berlangsung, dapat berupa loading atau bar proses.




tapi tidak melulu dalam bentuk visual, bisa juga dalam bentuk suara seperti warning sound pada OS Windows ketika terjadi error.




2. Match between system and the real world




Quote:



saat merancang sebuah product digital, ada baiknya menggunakan hal hal (eg : icon / illustrasi / dll) yang familliar dengan user. sebagai contoh : penggunaan icon kotak sampah (recycle bin) pada sistem operasi berupa kontak sampah.


hal ini tentunya sangat familiar dengan user, karena kotak sampah pada dunia nyata memang diperuntukkan untuk membuang sampah, sedangkan pada sistem operasi recycle bin ini digunakan untuk penambungan data data yang agan hapus. hal semikian akan membuat user lebih familiar.



3. User control and freedom




Quote:



agan harus memikirkan kemungkinan pengguna melakukan kesalahan atas fitur / produk digital yang agan design, dengan demikian agan juga harus memikirkan solusi dari kesalahan yang mungkin dilakukan oleh user dengan mudah. sebagai contoh pada aplikasi ws.word terdapat button undo dan redo.



hal ini untuk memberikan kendali pada user atas hal hal yang mungkin saja terjadi diluar kontrol user seperti ketika ada yang tidak sengaja terhapus.




4. Consistency and standards




Quote:



nah ini nih penting juga menurut ane, yaitu konsistensi. konsistensi pada product digital yang agan bangun dapat berupa konsistensi penamaan fitur, penggunaan icon, penggunaan komponen, dan masih banyak lagi. Dengan nerapin konsistensi pada produk digital yang agan rancang, user tidak akan bingung ketika menjumpai sebuah komponen yang sama, karena keduanya mempunyai fungsi yang sama.




contoh, penggunaan menu dan icon pada aplikasi ms world, excel dan power point.




5. Error prevention




Quote:



Dalam penggunaan sebuah product digital, user tentu tidak terlepas dari yang namanya error atau kesalahan. nah, maka dari itu, dalam merancang sebuah product digital agan agan harus memikirkan juga bagaimana cara untuk meminimalisir kesalahan user. 




sebagai contoh, diberikan tombol konfirmasi ketika user ingin melakukan sebuah action penting seperti submit, delete, update, dll.



6. Recognition rather than recall


Quote:



Ane sebagai pengguna mempunyai kecenderungan "malas" untuk mengingat ingat. nah ternyata menurut teori 10 heuristiknya pak jakob ini memang pengguna itu harus dibuat sedemikian nyaman dengan mengurangi hal hal yang membuat pengguna harus recall memoryjauh kebelakang. Hal yang bisa digunakan untuk mengurangi recall memory adalah dengan memberikan option atau rekomendasi kepada user.




contohnya ada pada google search, google akan memberikan rekomendasi rekomendasi yang memungkinkan dari keywordyang kita input pada kolom search.




7. Flexibility and efficiency of use

Quote:



Berikan jalan pintas yang bisa membuat user jadi cepat dalam mengakses sebuah fitur, jalan pintas ini bisa berupa icon, menu, kombinasi tombol (keyboard) seperti untuk melakukan Copy, banner pada halaman utama dan masih banyak lagi.




sebagai contoh pada icon youtube di iphone ketika di long pressakan memunculkan shortcut seperti search, subscribe dan create.

8. Aesthetic and minimalist design
Quote:



less is more, mungkin agan agan pernah baca kalimat tersebut. Dalam sebuah tampilan ada baiknya jika kita memfokuskan pada sesuatu hal yang penting dan membuang hal hal yang dirasa tidak penting ada halaman tersebut.


Sebagai contoh, tampilan halaman utama google search yang memfokuskan user pada kolom pencarian, dan menghilangkan hal hal yang dirasa tidak penting.



9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors


Quote:






pernah gaksi agan agan nemuin error yang sulit dipahami kayak gambar diatas ini? isinya error code.  ane sebagai pengguna tentu akan bingung kalau tiba tiba muncul dialog error yang sulit dipahami. nah kalau agan agan lagi membangun sebuah product digital, perlu diperhatiin nih case untuk error yang mungkin terjadi, dan bagaimana menginformasikan ke usernya. error yang disampaikan ke user harus jelas dan mudah dipahami.






contoh diatas merupakan salah satu contoh memberikan informasi yang jelas kepada user atas error atau kesalahan yang dialami user.


10. Help and documentation


Quote:



Berikan halaman atau fitur khusus dimana user dapat menemukan pusat bantuan yang dapat digunakan saat user mengalamai kesulitan. 



------

Demikian sedikit rangkuman dari 10 Usability Heuristics, semoga dapat jadi wawasan bersama dan berguna buat kita dalam merancang product digital kedepannya, kalau agan agan ada saran atau tambahan boleh banget kita diskusi dikolom komentar.
Diubah oleh sedikitkurus 29-08-2022 03:27
kennywBenyamin90miaaaaaaaaaaaaw
miaaaaaaaaaaaaw dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.3K
14
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UX KASKUS
UX KASKUS
211Thread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.