dragonroar
TS
dragonroar
Pewaris Trah Soekarno, Puan Cukup Populer di Jatim
Pewaris Trah Soekarno, Puan Cukup Populer di Jatim

20 Oktober 2022, 23:17:32 WIB

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. : (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
 
JawaPos.com – Jawa Timur termasuk salah satu provinsi basis dari PDIP. Tokoh-tokoh partai berlambang banteng itu cukup populer di provinsi tersebut. Di antaranya Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.
Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mengatakan, Jawa Timur merupakan tanah kelahiran Soekarno. Sebagai pewaris trah Presiden pertama RI, Ketua DPR Puan Maharani cukup populer di Jawa Timur. “Sosok Puan yang sangat dikenal dan disukai oleh warga di Jatim,” ujar Adib Miftahul kepada wartawan, Kamis (20/10).
Pendapat Adib Miftahul merujuk potret dari survei TerUKUR. Dari survei lembaga tersebut, popularitas Puan Maharani mencapai 75,6 persen dan Sementara Ganjar Pranowo 75,0 persen.
“Hasil survei otu tidak terlalu mengejutkan, karena Jatim adalah basis PDIP. Sehingga wajar sosok Puan Maharani sangat familiar bagi warga setempat,” sambungnya.
Adapun survei itu dilakukan pada periode 4-11 Oktober 2022 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Margin of eror survei sebesar ±2,9 persen dan dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Meski demikian, Adib mengingatkan kepada Puan agar harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan dukungan. Sebab dari sisi elektabilitas, Puan masih jauh tertinggal dari Ganjar. Gubernur Jawa Tengah itu mendapat 23,4 persen. Sedangkan Puan hanya 8,2 persen. Elektabilitas Puan juga kalah dibandingkan Prabowo Subianto yang memperoleh 13,8 persen.

Tingginya elektabilitas Ganjar karena ada pertanyaan yang diajukan kepada responden dari survei. Yaitu, siapa calon presiden yang akan dipilih untuk menggantikan Joko Widodo. Jawabannya, pilihan tertinggi kepada Ganjar Pranowo, lalu Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.
“Peluang atau tiket Puan Maharani masih tetap terbuka lebar, jika PDIP memutuskan mengusung diri Puan sebagai capres,” tandasnya.
Dari sisi elektabilitas parpol, di Jawa Timur berdasar hasil survei TerUkur, PDIP berada di urutan pertama, yakni 21,6 persen. Disusul PKB 10,2 persen dan Gerindra 6,6 persen.

https://www.jawapos.com/nasional/pol...uler-di-jatim/
s.c.a.scorpiolamaaldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
49
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.