• Beranda
  • ...
  • Health
  • Beredar Mitos Bahaya Mandi Malam Hari, Apakah Faktanya Semenakutkan Itu?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Beredar Mitos Bahaya Mandi Malam Hari, Apakah Faktanya Semenakutkan Itu?
Banyak beredar mitos terkait dampak bahaya mandi malam hari, apakah fakta medisnya seperti itu?


Mandi di waktu malam hari, banyak mitos beredar menjadi sebuah pantangan karena dianggap dapat menjadi penyebab datangnya penyakit seperti rematik, flu, demam, dan lain sebagainya.

Beredarnya mitos tersebut dipercaya oleh banyak orang, bahkan diceritakan terus menerus dari satu orang ke orang yang lain sehingga membuat banyak orang takut untuk mandi di malam hari.

Berawal dari rasa penasaran terkait adanya mitos bahaya mandi malam hari, TS pun mencari tahu ke berbagai sumber tentang kebenaran dari dampak-dampak bahaya mandi malam hari yang sudah membuat banyak orang takut untuk melakukannya.

Usut punya usut dari berbagai sumber, ternyata sejauh ini belum banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa mandi malam dapat menyebabkan bahaya dan timbulnya berbagai macam jenis penyakit. Meskipun seperti itu, menjadikan mandi malam sebagai kebiasaan juga tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi tubuh seseorang yang tidak terbiasa dengan perubahan suhu tubuh.

Terkait adanya anggapan bahwa mandi malam dapat meningkatkan resiko penyakit rematik menurut Dokter Spesialis Penyakit dalam dan Konsultan Reumatologi Handono Kalim itu juga tidak dibenarkan GanSis, penyebab rematik sendiri bukan karena terlalu sering mandi di waktu malam hari melainkan karena cairan pelumas sendi yang kurang berproduksi sehingga sendi mengalami peradangan, itulah sebabnya kenapa seseorang yang mengalami rematik dilarang untuk mandi malam hari dengan air dingin karena dapat mengakibatkan kejang otot atau kaku otot, sedangkan untuk mandi menggunakan air hangat malam hari masih diperbolehkan dan aman.




Di balik mitos mandi malam berbahaya bagi kesehatan, ada juga beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mandi malam memiliki banyak manfaat tergantung kondisi-kondisi tertentu.

Mandi malam sangat dianjurkan bagi Agan Sista yang aktif bekerja dari pagi hingga sore untuk menghilangkan keringat dan membuat kembali bugar setelah seharian penuh beraktivitas. Lebih baiknya lagi GanSis juga dianjurkan untuk menggunakan air hangat saat mandi malam hari, agar otot-otot tubuh lebih rileks dan tidak tegang sebagaimana ketika kalian mandi malam hari dengan menggunakan air dingin.

Bukan hanya itu GanSis, mandi di waktu malam hari juga dianjurkan untuk dilakukan oleh orang-orang yang akan menjalankan operasi malam hari. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di bagian tubuh luar saat akan dioperasi.

Meskipun mandi malam hari belum ditetapkan sebagai sebuah aktivitas yang buruk untuk kesehatan, pastinya terlalu sering mandi di waktu malam hari juga dianggap kurang baik GanSis, apa lagi jika dilakukan dalam keadaan flu atau demam yang mana itu akan memperparah kondisi kesehatan kalian.




Itulah tadi GanSis sekilas fakta tentang adanya mitos mandi malam dapat menjadi alasan seseorang terkena penyakit termasuk dengan penyakit rematik, yang ternyata semuanya kurang tepat karena mandi di malam hari tidak masalah selagi menggunakan air hangat, tidak dilakukan terlalu sering, tidak dalam keadaan flu atau sakit.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan dari Agan Sista semua yang semula bertanya-tanya tentang mitos bahaya mandi malam hari.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ondapriatna
tololmenahun
muyasy
muyasy dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.5K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.