• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Perbandingan Antara Pertamax, Shell Super, Dan BP 92,Pilih Mana?

zoidbergAvatar border
TS
zoidberg
Perbandingan Antara Pertamax, Shell Super, Dan BP 92,Pilih Mana?

[hr]

Bahan bakar merupakan suatu yang berbahan dasar minyak bumi yang di olah menjadi energi untuk yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bermotor anda seperti mobil dan motor. Dalam kehidupannya sehari - hari kita menggunakkan kendaraan untuk melakukan berpergian atau keperluan yang mendesak.

Namun, untuk menentukan bahan bakar mana yang cocok atau  berkualitas kita harus mengetahui bahwa setiap kendaraan bermotor pasti memiliki standar oktan atau kompresi yang berbeda - beda di setiap kendaraan. Kompresi merupakan suatu ketentuan  atau standar yang di miliki oleh mesin kendaraan  anda. untuk mengetahui kualitas bahan bakar mana yang paling bagus tentu yang kita lihat adalah jenis oktannya. 

Oktan merupakan nilai pembakaran atau kualitas bahan bakar. Namun untuk kendaraan jaman sekarang, biasanya sudah harus di wajibkan untuk meminum bahan bakar minimal oktan 91-92, di karenakan perkembangan jaman teknologi mesin kendaraan jaman sekarang yang semakin modern. saya akan menjelaskan mengenai perbedaan yang sesuai dengan pengalaman saya pada saat saya menggunakkan bahan bakar jenis Pertamax, Shell Super, dan BP 92.

Pertamax merupakan salah satu produk bahan bakar jenis andalan dari pertamina yang memiliki kandungan minimal oktan 92, bahan bakar ini memiliki jenis kandungan teknologi Pertatec ( Pertamina Technology ) yang berfungsi untuk membersihkan endapan kotoran yang ada di dalam mesin kendaraan anda serta injektor pada mobil anda. bahan bakar ini memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan Pertalite yang memiliki oktan 90. 

perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi kadar oktannya serta memiliki keungulan lainnya  . Berdasarkan pengalaman yang sara rasakan ketika saya menggunakkan bahan bakar jenis  Pertamax di  Mobil atau Motor saya  yang saya rasakan adalah tarikan dan akselerasi kendaraan saya  lebih terasa enteng di bandingkan dengan Pertalite yang hanya memiliki oktan 90.

Namun, walaupun hanya berbeda 2 oktan, namun yang akan di rasakan memiliki perbedaan yang sangat jauh di bandingkan Pertalite. Jenis bahan bakar ini di khusukan untuk kendaraan anda yang memiliki kompresi 10 : 1. yang berarti bahwa kendaraan anda harus menggunakkan bahan bakar minimal oktan 92. untuk kendaraan yang memiliki kompresi yang di atas 10 : 1 anda harus menggunakkan bahan bakar minimal oktan 95 seperti Pertamax Turbo ( 98 ), Shell V-Power, dan BP 95. 

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai jenis bahan bakar yang setara dengan Pertamax yakni Shell Super, Shell merupakan salah satu perusahaan minyak swasta yang berasal dari negara Belanda yang menjual produknya seperti minyak Pelumas dan bahan bakar untuk kendaraan. 

Shell juga merupakan salah satu perusahaan minyak paling sukses di seluruh dunia, di karenakan sudah teruji di ajang kompetisi balap yang bergengsi seperti pembalap F1 dan Moto Gp. Untuk ketahanan pelumas dan efisiensi bahan bakarnya sudah teruji di berbagai negara. oleh karena itu jangan heran bahwa shell juga merupakan termasuk perusahaan minyak tersukses di seluruh dunia. namun, untuk jenis bahan bakar Shell yang di jual di Indonesia adalah Shell Super, Shell V- Power, dan Shell V- Power Nitro + yang merupakan  jenis produk andalan terbaru dari PT Shell Indonesia.

Shell super merupakan salah satu jenis produk bahan bakar yang di jual oleh PT Shell Indonesia yang memiliki kadar oktan minimal 92. jenis bahan bakar ini merupakan jenis bahan bakar yang setara dengan produk bahan bakar dari pertamina yakni Pertamax yang sama - sama  memiliki kadar oktan 92. Jenis kedua bahan bakar ini memiliki perbedaan dan keunggulan yakni pembersih dalam mesin dan injektor, untuk shell super keunggulannya lebih signifikan yaitu mengandung Dynaflex yang berfungsi untuk membersihkan  kendaraan mesin anda yang berarti lebih bersih di bandingkan dengan Pertamax yang hanya 20 %. 

Untuk Bahan bakar Shell Super merupakan di nilai lebih unggul di bandingkan dengan Pertamax di karenakan kebersihannya serta ketahanan bahan bakar dan efisiensinya yang di nilai lebih unggul di bandingkan dengan Pertamax. Karena jenis bahan bakar ini  mengandung Dynaflex yang berfungsi untuk membersihkan mesin dan injektor, serta mengurangi gesekan pada mesin anda ketika anda terjebak macet di dalam kota. Jenis bahan bakar ini sangat cocok ketika anda tinggal di ibu kota Jakarta. 

Di bandingkan dengan bahan bakar Pertamax, jenis bahan bakar ini lebih efisien di bandingkan rivalnya. untuk warna bahan bakar jenis Shell Super adalah Hijau ke biru-biruan sedangkan untuk yang Pertamax adalah warna biru. Namun, untuk jenis bahan bakar ini bisa di gunakan apabila kompresi mesin mobil atau motor anda adalah 10:1 yang artinya sama dengan bahan bakar jenis Pertamax.

British Protelium atau yang biasa di sebut BP merupakan salah satu perusahaan Minyak dunia yang berasal dari negara Inggris, perusahaan ini merupakan di kembangkan oleh PT Castrol untuk menambah jenis produk andalan dari castrol yaitu menjual bahan bakar minyak yang berkualitas untuk mesin kendaraan bermotor anda seperti mobil dan motor. 

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan minyak yang terbilang sukses di karenakan BP juga berbisnis tidak hanya di negara sendiri yaitu Inggris tetapi juga sudah menyebar di beberapa Benua seperti Amerika, Asia, dan Afrika. namun di negara Amerika Serikat BP merupakan SPBU yang sangat sukses setelah Exxon yang di kembangkan oleh PT Mobil di Amerika.

Namun, untuk pasar di Indonesia BP menjual ada 4 produk bahan bakar minyak di Indonesia yaitu BP 90, bp 92, bp 95, dan Bp diesel. Bp Diesel merupakan di khususkan untuk kendaraan mobil yang menggunakkan mesin diesel. untuk jenis Bahan bakar yang setara dengan Pertamax selain Shell Super yang di jual oleh BP Indonesia yakni BP 92. BP 92 merupakan jenis produk bahan bakar yang di jual oleh BP yang memiliki kadar oktan 92 yang artinya memiliki persamaan di antara bahan bakar jenis Pertamax dan Shell Super namun memiliki keunggulan yang berbeda.  

Untuk jenis bahan bakar ini yang saya rasakan di bandingkan dengan Pertamax dan Shell Super, tarikannya yang berasa lebih enteng di bandingkan di antara kedua jenis bahan bakar tersebut . di karenakan jenis bahan bakar ini mengandung Active Technology yang berfungsi untuk melindungi dan membersihkan injektor kendaraan mesin anda dari penumpukan kotoran. 

Sehingga, umur kendaraan mesin anda akan terasa lebih awet dan terjaga ketika di gunakan dan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil atau motor anda. selain itu, ketika anda menggunakkan jenis bahan bakar dari BP maka mesin mobil dan motor anda akan terasa lebih responsif dan suara mesin mobil anda terasa lebih halus. untuk bahan bakar jenis BP 92 merupakan jenis bahan bakar yang sangat di rekomendasikan di karenakan mobil anda akan terasa powerfull dan memiliki ketahanan yang tidak jauh berbeda di bandingkan dengan Shell Super. 

untuk jenis bahan bakar Shell Super, bahan bakar tersebut lebih mengutamakan efisiensi di bandingkan dengan power atau akselerasi, untuk anda yang lebih mengutamakan akselerasi anda bisa menggunakkan bahan bakar jenis Pertamax atau BP 92, namun untuk jenis bahan bakar BP 92 sangat di rekomendasikan tidak hanya akselerasi yang responsif melainkan juga efisiensi bahan bakar. 


Sumber: montiro.id

jiresh
koi7
davecchio
davecchio dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.