• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Perpustakaan Gunung, Kini Gunung Merbabu Di Lengkapi Dengan Perpustakaan

lapar.bangAvatar border
TS
lapar.bang
Perpustakaan Gunung, Kini Gunung Merbabu Di Lengkapi Dengan Perpustakaan



HT #20

emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat



emoticon-I Love IndonesiaWELCOME TO MY THREADemoticon-I Love Indonesia



Selamat malam para sesepuh forum buku beserta para jajaran moderator yang saya hormati, ijinkan saya untuk sedikit membagi tulisan sederhana ini.
emoticon-terimakasih


Alangkah baiknya sebelum membaca tulisan ini sebagai warga kaskuser yang berbudiman untuk selalu :
RATEemoticon-Rate 5 Star
KOMENemoticon-nulisah
SHAREemoticon-pencet
CENDOLemoticon-Toast




SELAMAT MEMBACA
emoticon-Monggo







Siapa yang tak mengenal gunung Merbabu. Gunung yang berada di wilayah kabupaten magelang ini kini mempunyai perpustakaan gunung.

Para pendaki kini bisa lebih bersantai di perpustakaan ini. Perpustakaan yang berada di Basecamp Thekelan bisa dimanfaatkan oleh para pendaki yang hendak turun dari gunung merbabu ataupun yang hendak pergi mendaki untuk membaca buku. Perpustakaan ini sendiri terletak di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Perpustakaan gunung ini berdiri pada tanggal 27 mei 2017 namun baru bisa booming beberapa bulan yang lalu. Awalnya perpustakaan ini hanya untuk warga desa Thekelan saja, namun saat hendak mencari tempat untuk perpustakaan ini para relawan kesusahan dalam mencari tempat, pada akhirnya memutuskan untuk menaru koleksi buku-buku itu di basecamp Thakelan dan di jadikan sebagai perpustakaan.

Gagasan untuk membuat perpustakaan gunung itu sendiri di motori oleh 6 relawan diantaranya Mas Agung, Yakim, Yunus, dan Mbak Agnes. Salah satu relawan yaitu mas Agung yang sering singga di desa tersebut tau kalau masyarakat juga memerlukan edukasi melalui literasi, ide awal ini pertama kali tercetus saat bersama dengan seorang teman nya. Mas Agung sendiri berpikir kalau menanam pohon itu sudah biasa, maka muncul-lah ide untuk membuat perpustakaan ini.



Menurut para pendaki yang melakukan pendakian melewati basecamp Thekelan ini membaca buku di ketinggian 1600m dpl mempunya sensasi tersendiri. Selain hawa sejuk khas pegunungan tempat nya sendiri unik dan terawat, bahkan koleksi buku di perpustakaan ini lumayan lengkap, dari komik, majalah, pelajaran sekolah, kamus, dan masih banyak lagi.

Dalam peresmian nya kala itu mas Agung dan kawan-kawan mengundang budayawan ternama negri ini, mereka mengundang Sujiwo Tejo dan seniman sekitar dalam acara peresmian perpustakaan tersebut.

Buku yang berada di perpustakaan gunung ini mereka peroleh dengan cara menggelar konser amal di Jojgakarta saat itu, selain menggelar konser amal ada pula sumbangan dari penerbit dan juga sumbangan dari para pendaki.



Selain memberikan edukasi terhadap anak anak desa Thekelan, mas Agung cs juga memberi pembelajaran bahasa inggris terhadap Warga sekitar karena yang datang ke gunung merbabu tidak hanya pendaki lokal saja,pendaki mancanegara pun banyak yang datang ke perpustakaan gunung itu.

Salah seorang bocah SD berkata ia sangat senang membaca buku cerita, walaupun di sekolahnya ada perpustakaan namun ia lebih suka membaca buku di perpustakaan gunung karena ada kakak-kakak yang membantu mereka.

Perpustakaan ini juga berdiri mandiri berkat para relawan, mereka besyukur bisa mengolah perpustakaan ini secara mandiri, bahkan mereka tidak pernah sekalipun mendapat anggaran via proposal, semua itu juga berkat dorongan dan atusiasme warga yang membuat perpustakaan itu kini lebih hidup.



Nah bagaimana agan-agan sekalian? Tertarik untuk mendatangi dan mencoba sensasi membaca buku di perpustakaan gunung?

Selain mendaki agan-agan juga bisa menyumbang buku di perpustakaan tersebut.


DEMIKIAN THREAD SEDERHANA INI

SEKIAN


DAN


TERIMA KASIH
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih





















Sumber: pemikiran TS di ambil dari :
Tribun Jateng
RadarSemarang

Diubah oleh lapar.bang 17-03-2018 00:40
0
8.8K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.