• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mimpi Buruk Setelah Beli Molis Motor Listrik (Share Pengalaman), Ini Tipsnya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mimpi Buruk Setelah Beli Molis Motor Listrik (Share Pengalaman), Ini Tipsnya!


Tetangga saya setahun lalu beli motor listrik (molis) sekilas memang menyenangkan, minim suara bising tapi juga lebih ringan dibawanya. Untuk pergi ke pasar sang nyonya empunya molis jadi ketagihan jadi sering mondar mandir untuk hal yang seharusnya bisa dilakukan dengan berjalan kaki saja.

Tapi pagi tadi (Minggu) sepulang dari pasar saya lihat wajahnya mengkerut, mulutnya seperti menggerutu dan keningnya sampai berkeringat karena ternyata molisnya mogok, sambil membawa barang belanjaan dia mendorong dari setengah perjalanan menuju ke rumah.

Sampai didepan pagar rumahnya sang suami pun langsung menyambutnya dan segera memeriksa bagian perbagian, terang saja dia bingung karena struktur mesinnya jelas beda dengan motor konvensional. Saya lalu mendekat dan bertanya, "Kenapa oom motornya?", "Mogok motornya, padahal sebelum berangkat semalam sudah di charge penuh," kata sang suami.

Sejak awal saya sudah menaruh curiga dengan kondisi baterainya. "Coba besok Senin bawa ke penjualnya saja oom". Dan benar saja hari ini Senin sore tadi sudah ada kabar dari si oom kalau ternyata baterainya mulai soak, katanya harus ganti baru dan harganya cukup bikin geleng kepala. 5 juta lebih!

Namanya juga baterai seperti halnya baterai pada umumnya, kalau usia pakainya sudah 'mendekati ajal' biasanya mulai banyak masalah, baterai tidak terisi penuh padahal sudah diisi seperti waktu biasanya. Kualitas baterai mulai drop, kasusnya mirip baterai hape yang mulai soak.

Ya, gitu deh kalau punya molis masih memakai baterai jenis rusak beli ganti baru, lem biru, bukan baterai jenis swap ablealias tukar baterai/ isi ulang. Swap able meski dalam penggunaannya sedikit merepotkan karena kita harus datang menukar ke depot baterai, tapi kita bisa meminimalisir perawatan bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli baterai baru yang harganya masih mihil itu.



Saya bukannya menakut-nakuti kamu yang berniat beli kendaraan listrik karena terbuai dengan kampanye ramah lingkungannya, kepraktisannya, kenyamanannya tapi begitu sadar harus beli baterai baru bikin jantung berdebar, malam tidak bisa tidur nyenyak, makan dan minum tidak enak karena terbayang cicilan didepan masih 10x lagi.

5 juta lebih itu baru baterai motor loh, apalagi baterai mobil. Ternyata memang benar adanya kalau baterai mobil listrik harganya bisa mencapai setengah lebih harga mobil barunya. Masih tertarik beli kendaraan listrik gan?

Konten Sensitif


Buat saya sih tidak jadi masalah karena sebelum membeli kita harus bijak, membuat tabungan terpisah sebagai persiapan kalau sewaktu-waktu baterai soak mau tidak mau beli baterai baru. Dan tidak lupa sebelum beli molis saat ini cariah molis yang baterainya model swapsaja, jadi bisa isi ulang tanpa perlu mikir beli baru dan usaha perawatannya.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 12-10-2022 02:50
sukhoipakfa
Reizeger
nisemono
nisemono dan 16 lainnya memberi reputasi
17
11K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.