c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Khairuddin Barbarossa! Propaganda Bajak Laut Muslim




Kalau kita membahas Bajak Laut pasti identik dengan kejahatan, karena Bajak Laut itu identik dengan perompak. Dan menyakiti orang lain, bahkan kapal atau desa yang mereka singgahi akan dirampok.

Baik itu cerita sejarah, film, hingga games bertemakan bajak laut tentu plotnya akan tetap sama. Lantas, bagaimana kalau ada bajak laut dari Turki yaitu Khairuddin Barbarossa?



Bahkan sosok ini jadi karakter juga di serial One Piece, yaitu Hajrudin dari ras Raksasa Elbaf masuk kelompok Bajak Laut New Giant Warrior, dan dia adalah Kapten Divisi Keenam Armada Grand Fleet Bajak Laut Topi Jerami. Wah, pokoknya yang suka anime One Piece pasti pahamlah. (Njir, TS ketahuan wibu nya).

Nah kalau di bahasa Inggris biasanya ditulis namanya menjadi Hayreddin, sedangkan untuk Barbarossa sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya janggut merah.



Awalnya Barbarossa ini tidak sendiri namun ada dua, yaitu Khairuddin Barbarossa dan Aruj Barbarossa keduanya adalah kakak beradik. Dimasa mereka peradaban Islam sedang jaya di Andalusia, kalau sekarang ini masuk wilayah Spanyol. Ada Cordoba, Granada, Sevilla, kota-kota yang cukup maju dimasa itu dibawah kepemimpinan Bani Ummayah pada tahun 756 M.

Sampai adanya Perang Salib dimana eropa melakukan misi Reconquista, dimana misi merebut kembali wilayah-wilayah eropa yang diduduki oleh kekuasaan muslim saat itu. Apakah misi ini ada hubungannya dengan insiden Ohara di One Piece, entahlah! Kalau memang iya bisa dijelaskan di kolom coment.



Saat itu Aruj sering berlayar diantara perairan Turki dan Yunani. Namun entah kenapa kapalnya diserang oleh kapal St. George of Jerusalem atau lebih dikenal dengan Knight of Rhodes. Disini adiknya Aruj ada yang meninggal, maka ia memanggil Khairuddin adiknya untuk menjadi bajak laut, dan menyerang kapal militer eropa hingga dikenal dengan nama Barbarossa Brothers.

Kesuksesan mereka ini sampai terdengar oleh Sultan Sulaiman 1, yaitu pemimpin Turki Ustmaniyah pada masa itu. Kalau sekarang lebih dikenal dengan nama Ottoman, maka setelah direkrut makin besar mereka hingga daerah Aljazair dijadikan pangkalan Barbarossa.



Nah, disini lah moment ketika mereka berubah dari bajak laut menjadi privateer. Namun di tahun 1518, Spanyol sukses menghasut pemimpin kota Tlemcen, Aljazair untuk berontak.

Maka Aruj bersama pasukannya berangkat ke Tlemcen dan Aljazair diberikan kepemimpinannya pada Khairuddin. Dan Aruj kalah pada pertempuran tersebut, dirinya gugur di meda peperangan.



Saat itu karir Khairuddin juga semakin meningkat hingga menjadi
inisiator berdirinya angkatan laut Turki. Dan menjadi komandan Angkatan Laut Ottoman saat itu.

Kekuatan Khairuddin diuji pada 28 September 1538, menghadapi Andrea Doria dengan 250 kapal perang sedangkan Khairuddin hanya 122 kapal perang, dan pertempuran itu dikenal dengan nama Battle of Preveza.



Saat itu Khairuddin memberikan kemenangan, dengan strategi pengepungan mirip kalau main mobile legend dimana musuh diserang dari banyak sisi.

Dirinya bisa dibilang seorang Pahlawan bukanlah bajak laut seperti yang dikenal sebelumnya namun komandan angkatan laut kerajaan, bahkan memimpin di wilayah Afrika Utara sebagai Governor of givernors.

Kematian Khairuddin ada dua versi, dimana ia meninggal dengan tenang dikamarnya pada usia 68 tahun. Namun ada juga yang menceritakan bahwa Khairuddin meninggal di medan pertempuran, untuk merebut Malta dari Knight of St. John dari Britania Raya. Tapi katanya versi gugur di medan perang ini adalah karangan orang eropa yang takut dengan Khairuddin. Jadi versi mana yang ente percaya nih gan?



Beliau akhirnya dimakamkan di Turki tepatnya Istanbul. Nah kisah Khairuddin ini banyak menginspirasi sejumlah film, komik dan juga games. Seperti Kapten Red Beard di Asterix, lalu ada Hector Barbarossa di Pireate of Caribian, tapi kok jadi penjahat semua?

Nah, ini katanya ya ada konspirasi dunia barat, dimana sebuah propaganda untuk melemahkan sejarah Barbarossa. Maka semua karakter yang berkaitan dengan Barbarossa dibikin jadi peran jahat.



Tapi menurut ane sih ini hanya masalah sudut pandang si penulis, kalau dia di eropa tentu menilai Barbarossa sebagai penjahat namun dari sudut pandang sebaliknya tentu ia adalah pahlawan.

Mirip dengan sudut pandang tragedi kanjuruhan, kalau di mata aparat keamanan suporter yang berbuat ulah melanggar prosedur kalau dari mata sebaliknya tentu yang salah pihak keamanan yang melempari gas air mata.

Makanya jangan terlalu sering kena giring opini dengan sentimen fanatik buta, hingga bilang bahwa ini ada propaganda, konspirasi dan lainnya. Kenapa tidak buat karya karakter Barbarossa yang sebaliknya, itu namanya melawan karya dengan karya.



Bagaimana masih ada yang bilang ini propaganda?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star













Diubah oleh c4punk1950... 04-10-2022 23:56
.noissssssscat.
saidatulll
ibelindua
ibelindua dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.3K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.