arsipsumutAvatar border
TS
arsipsumut
PSSI Setop Kompetisi Liga 1 Hingga Waktu yang Tak Ditentukan


Sekjen PSSI, Yunus Nusi dan Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita. TEMPO/Aqsa Hamka

arsipsumut.com

Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI akhirnya memutuskan menunda atau menghentikan kompetisi BRI Liga 1 musim 2022-2023 hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal ini sebagai upaya merespons tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 yang mengakibatkan 125 orang meninggal.

Seperti diketahui, usai laga pekan ke-11 BRI Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya berakhir ricuh. Tercatat 125 penonton yang ada di stadion meninggal dalam tragedi Kanjuruhan tersebut. Pertandingan itu dimenangkan oleh Persebaya Surabaya dengan skor 3-2 atas Arema FC.

"Seperti yang diminta oleh pemerintah atas dasar kesadaran bersama dan juga menghargai korban tragedi Stadion Kanjuruhan tentu PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan sementara dan menunda Liga 1. Kami menunggu hasil tim investigasi dari berbagai pihak untuk melanjutkan kapan Liga 1 kami serahkan kepada tim investigasi dan tentu izin dari arahan pemerintah," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin, 3 Oktober 2022.

Menurut Yunus Nusi, tim investigasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Yunus Nusi menambahkan klub-klub peserta Liga 1 Indonesia menyadari dengan kondisi yang saat ini terjadi di sepak bola Indonesia.

"Tidak menentukan deadline tim investigasi," ujar Yunus Nusi menambahkan. Ia menilai federasi belum bisa memutuskan apakah keputusan yang diambil ini masuk dalam kategori force majeure atau kejadian luar biasa. 

"Kami sangat bersyukur kawan-kawan klub memahami kejadian ini dan mereka tanpa keberatan apa-apa. Mereka sangat menyadari ini merupakan penghormatan kita dan klub-klub terhadap tragedi Kanjuruhan," kata dia.

PSSI juga tidak hanya menunda kompetisi di Liga 1 saja, tapi juga kompetisi Liga 2 mengalami hal yang sama. Dalam suratnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebutkan kompetisi Liga 2 ditunda selama dua pekan ke depan.

"Kompetisi Liga 2 2022-2023 Ditunda selama dua pekan, dan perkembangannya selanjutnya menunggu kebijakan otoritas Pemerintah melalui PSSI. Selanjutnya PT LIB akan berkomunikasi dengan klub-klub Liga 2," tulis LIB dalam surat resmi.



Sumber:
https://bola.tempo.co/read/1641283/p...tak-ditentukan


gabener.edan
areszzjay
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
3
851
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.