ih.sul
TS
ih.sul
Warga Korea Selatan adalah Masyarakat yang Tidak Beruntung


Kita tahu Korea Selatan adalah salah satu kekuatan yang tak bisa dianggap remeh di dunia. Kita tahu ada banyak perusahaan besar seperti Samsung, Hyundai, CJ, SK, LG dan lain-lain di sana. Ada juga grup-grup seperti BTS dan Blackpink yang menjadi fenomena di seluruh dunia. Ada juga komik-komik keren seperti Tower of God dan Lookism yang bahkan dibuatkan anime oleh studio Jepang.

Namun, yang kita lihat di televisi hanyalah kulit luarnya. Jika kita telusuri lebih jauh, sebenarnya orang-orang Korea Selatan adalah salah satu masyarakat yang paling tidak bahagia. Dalam survey yang dilakukan oleh PBB, masyarakat Korsel berada di urutan tiga terbawah dalam hal indeks kebahagiaan di antara negara-negara anggota OECD/ organisasi untuk kerja sama dan pembangunan ekonomi.



Korea Selatan adalah salah satu negara paling maju, tetapi penduduknya cenderung tidak bahagia. Kenapa?

Faktor pertamanya adalah para tetangga Korea Selatan. Di sisi utara ada Korea Utara, di timur ada Jepang, di barat ada China. Secara geografis, Korsel diapit oleh tiga negara yang amat berbahaya. Korea Utara selalu memberikan ancaman perang dan nuklir yang membuat masyarakat sulit untuk tidur nyenyak sedangkan Jepang dan China memberikan tekanan industri yang pastinya akan sulit membuat produk Korsel bersaing di pasar internasional.

Indonesia cukup beruntung karena kekayaan alamnya amat melimpah, tetapi Korsel tidak punya sumber daya alam sebesar itu. Dengan SDA yang seadanya, mereka cuma bisa bergantung pada sumber daya manusia dan inilah yang menyebabkan Korea Selatan menjadi salah satu negara paling workaholic di dunia.



Tingkat kebahagiaan rendah, tingkat bunuh diri tinggi, kesehatan mental buruk, tingkat pernikahan dan kelahiran rendah, kira-kira seperti itulah gambaran dari masyarakat Korea Selatan. Sejak kecil mereka terus ditekan untuk belajar dan belajar, saat dewasa mereka terus ditekan untuk bekerja dan bekerja. Tekanan seperti itu terkadang membuat mereka mencari pelampiasan dengan narkoba, seks bebas, atau bullying.

Para pria di Korea Selatan juga diwajibkan untuk mengikuti wajib militer. Konflik perbatasan dengan Korea Utara adalah alasan utamanya, dan cukup banyak orang yang tidak menyukai kewajiban ini. Mereka harus menghabiskan sekitar dua tahun mengikuti wajib militer dan hal itu terjadi di tengah-tengah masa di mana mereka seharusnya produktif untuk belajar maupun mencari kerja.



Setelah lulus sekolah, setelah selesai wamil, mereka pun harus dihadapkan pada dunia kerja yang amat keras. Mereka harus bekerja keras, apa pun pekerjaannya, karena jika mereka tidak bekerja maka mereka akan kalah digusur oleh tetangga-tetangga mereka yang merupakan raksasa industri. Memang benar kebiasaan bekerja keras ini pantas ditiru, tetapi jika sampai mengorbankan waktu bersama keluarga dan kebahagiaan lain, tentunya itu bukan sesuatu yang pantas.

Tapi seperti itulah di Korea Selatan. Mereka dipaksa bekerja dan melupakan hal lain yang akhirnya mengakibatkan banyak orang memilih single, rendahnya angka kelahiran, angka bunuh diri tinggi, dan ancaman dari Korea Utara yang semakin besar.



Jika saja Korsel tidak bertetangga dengan tiga negara ini dan tidak terlalu terobsesi menjadi negara maju, mungkin ceritanya akan berbeda. Kita mungkin tak akan pernah mengenal BTS dan Blackpink, tetapi mereka akan lebih bahagia dengan kehidupan seadanya. Tak akan ada oprasi plastik, tak akan ada pembullyan, tak akan ada yang bunuh diri. Hmm… Korsel yang seperti itu sungguh sulit dibayangkan.

Lalu bagaimana jika Indonesia seperti itu? Indonesia diberkahi dengan kekayaan alam sehingga meski SDM nya rendah tidak menjadi masalah yang terlalu besar. Produk-produk indo memang jarang menembus pasar dunia, tetapi setidaknya kebahagiaan warganya masih cukup tinggi dan memang kebahagiaan adalah alasan utama manusia menjalani hidup.
Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
gabener.edangErOnImO2008knightadde
knightadde dan 23 lainnya memberi reputasi
24
39K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.