• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Yu Shan Resmi Bertugas, Inilah LPD dengan Cita Rasa Frigat

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Yu Shan Resmi Bertugas, Inilah LPD dengan Cita Rasa Frigat
Quote:


Taiwan pada hari Jumat (30/09/2022) resmi menugaskan kapal jenis LPD (Landing Platform Dock) Yu Shan bersama Angkatan Laut Taiwan, upacara penugasan kapal dilakukan di kota pelabuhan selatan Kaohsiung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Tsai Ing-wen. Bersamaan dengan penugasan kapal juga diserahkan 5 unit landing craft mechanized (LCM),yakni kapal pendarat pasukan untuk operasi amfibi melalui LPD.

Yu Shan dibangun oleh galangan kapal China Shipbuilding Corporation (CSBC) pada Juni 2020 dan kemudian meluncurkannya pada April 2021. Uji coba di laut (sea trial) kemudian dimulai pada 20 Juli 2022. Kapal ini memiliki panjang total 153 meter, lebar keseluruhan 23 meter, draft 6 meter dan bobot penuh 10.000 ton. LPD ini dapat mencapai kecepatan maksimum 21,5 knot serta jarak jelajah 7.000 mil.

Meski kodratnya kapal jenis LPD hanya ditugaskan untuk mendukung operasi amfibi, tetapi Taiwan membekali Yu Shan dengan persenjataan pertahanan diri yang komplit; membuat kapal ini punya persenjataan setara kapal frigat. Yu Shan dilengkapi meriam OTO melara 76 mm pada haluan, kemudian terdapat 2 meriam CIWS Phalanx 20 mm pada bagian dek depan dan belakang. Lebih sangar lagi, Yu Shan juga dilengkapi rudal anti kapal 2×2 Hsiung Feng II/III serta 16 rudal hanud (pertahanan udara) TC-2N. 

Quote:


Untuk kapasitas angkut, 673 pasukan marinir bisa dibawa ditambah beberapa kendaraan tempur amfibi LVTP-7 yang dapat diluncurkan dari stern ramp. Selain itu kapal juga membawa 5 unit landing craft mechanized (LCM),untuk operasi pendaratan pasukan. Yu Shan dilengkapi dua hanggar yang dapat membawa dua unit helikopter Sea/Black Hawk.

Tugas utama kapal ini adalah operasi amfibi, sebagai unit utama dalam gugus tugas amfibi guna melaksanakan misi tempur amfibi atau melakukan operasi pemulihan di pulau-pulau terluar (lepas pantai) Taiwan; serta berfungsi sebagai rumah sakit lapangan. Peran sekunder termasuk bantuan bencana (dapat berfungsi sebagai rumah sakit lapangan sementara) dan bantuan kemanusiaan internasional.

Rencananya galangan kapal CSBC akan membuat 4 unit kapal serupa, di mana Yu Shan Class akan menggantikan peran kapal transportasi amfibi ROCS Hsu Hsai (USS Pensacola) yang telah mengabdi selama 50 tahun.


Quote:



Referensi Tulisan: Naval News
Sumber Foto: sudah tertera di atas
pakisal212mynameisantsormin180
sormin180 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.9K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.