c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Indonesia Diambang Krisis, Karyawan Banyak Yang Kena PHK!




Nampaknya krisis dunia sudah mulai masuk Indonesia, bukan tanpa sebab ada banyak hal yang mempengaruhi ekonomi dunia. Apalagi yang berhubungan dengan barang impor, mau tak mau harganya akan terkoreksi tajam.

Eropa yang sedang dilanda krisis hebat tak bisa berbuat apa-apa ketika energi mereka lumpuh, krisis energi menyebabkan krisis ekonomi yang meluas daya beli menurun dan banyak orang miskin mendadak.





Perlahan namun pasti banyak perusahaan yang bergantung dengan investasi asing juga mulai ambruk secara perlahan, terutama bisnis startup di Indonesia yang sedang mulai berhemat.

Bahkan PT Shopee Indonesia, telah melakukan penghematan anggaran dengan memutuskan untuk melakukan PHK karyawannya sebanyak 3 persen, tentu ini untuk menekan cost agar tak terlalu membengkak.

Lalu ada TaniHub, kemudian JD.ID, LinkAja, Zenius, yang sudah lebih dulu mem PHK karyawannya. Bisnis startup memang sedang berhemat dan fokus pada strategi pengeluaran yang besar agar tidak terjadi.





Walau Indonesia sudah mengalami banyak krisis akhir-akhir ini, seperti di tahun 1997-1998, kemudian pada 2008, dan terakhir pada 2013. Kemungkinan besar 2023 negara ini kembali mengalami krisis hebat, dan itu juga sudah diprediksi oleh Bu Sri Mulyani.

Karena terlihat dari pandemi covid-19 yang belum selesai kemudian langsung disambung oleh perang Rusia dan Ukraina. Saat ini banyak negara harus menghadapi lonjakan harga energi dan pangan sehingga membuat inflasi meroket.

Bahkan harga kedelai impor ikut melonjak, membuat pabrik rumahan produksi tempe dan tahu juga mengurangi karyawannya. Efeknya harga jual akan mahal, dan pembelinya berkurang.





Apalagi saat ini Dolar AS bisa dibilang sangat perkasa, hal itu terjadi karena kenaikan suku bunga The Fed (bank sentral AS) dan risiko resesi berjamaah di tahun depan. Hingga membuat semua mata uang Asia hingga Eropa rontok di tahun ini.

Tentunya BI juga menaikkan suku bunga juga guna menjaga inflasi, dan juga stabilitas rupiah. Krisis global saat ini cukup berat juga dialami banyak negara, tapi ketika masyarakat ditekan terus banyak pejabat yang menjadi mafia negara.

Bahkan saat ini menurut Gross National Income (GNI) atau pendapatan nasional bruto per kapita. Indonesia masuk ke urutan 73 negara termiskin di dunia.



Bagaimana dengan keadaan agan saat ini, apakah saat ini sulit sekali untuk mendapatkan rupiah? Baik itu sebagai pekerja atau pedagang, apakah memang daya beli kita yang sedang turun? Kalau iya siap-siaplah krisis besar di Indonesia, dimana si kaya akan turun tingkat dan yang miskin akan jadi abu.

Tapi kalau kata pejabat yang gajinya puluhan juta, hingga banyak dari bagian partainya yang korupsi menggila Indonesia akan aman dari krisis global.

Jujur sajalah ohh... atasan di istana kalau kita sudah diambang krisis, jangan masih kebanyakan main drama pura-pura! Ingat dulu pede banget ga kena pandemi covid, taunya kena. Kok hal yang sama di ulang lagi.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3, 4
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star












Diubah oleh c4punk1950... 30-09-2022 17:30
jenggalasunyigoal481jhon_fc
jhon_fc dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.4K
100
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.