• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Singkatan dan Kode yang Sering Muncul Pada Botol Oli Motor, Apa Maknanya?

schofi.techAvatar border
TS
schofi.tech
Singkatan dan Kode yang Sering Muncul Pada Botol Oli Motor, Apa Maknanya?
Pelumas memiliki peran penting bagi setiap motor. Bukan hanya melumasi mesin untuk mengurangi gesekan (friksi) antar komponen, pelumas juga menjaga suhu mesin agar tetap dingin, membantu membersihkan mesin, hingga mencegah karat. Pelumas motor terdiri banyak jenis. Makanya, ada beberapa singkatan dan kode yang sering muncul pada kemasan botol oli motor. Gunanya sebagai penanda jenis oli tersebut, jadi konsumen gak bakal salah pilih oli yang sesuai untuk motornya.
Untuk memudahkan pengguna memilih pelumas yang berkualitas dan cocok bagi motornya, ada lembaga sertifikasi khusus yang menetapkan standar-standar tertentu bagi pelumas.



Terus, apa aja singkatan dan kode tersebut? Lalu, apa maknanya? Simak thread ini, ya, gan!

Quote:


Quote:


Quote:



Itulah singkatan dan kode yang sering muncul pada botol oli motor. Jangan lupa perhatikan juga keterangan lain dalam botol oli, seperti misalnya keterangan jenis motor. Karena beda jenis motor, beda juga olinya. Jangan sampai salah pilih oli. Kalo kalian beli motor baru, biasanya tercantum dalam manual, jenis oli seperti apa yang cocok untuk motor tersebut dan interval ganti olinya berapa kilometer. Kalo gak ada manual atau gak ngerti cara pilih oli yang tepat (biasanya cewek-cewek nih yang gak ngerti urusan begini emoticon-Big Grin), bisa cari di Google, tanya teman/saudara yang lebih paham, atau langsung aja tanya ke mekanik di bengkel. Bisa sekalian ganti olinya juga di bengkel. Make sure bengkelnya berkualitas, dalam artian hasil kerjanya bisa dipercaya dan bagus, gak asal ngoprek. Misalnya bengkel kayak Planet Ban yang cabangnya udah banyak, ada di mana-mana. Di sana spare parts dan olinya asli, mekaniknya juga handal. Ganti olinya pake oli ester pula, mereknya X-Ten, oli spesial yang cuma ada di Planet Ban. Mau servis motor rutin sekalian juga bisa.

Mudah-mudahan thread ini bermanfaat. Kalo ada yang mau nambahin, silahken dikomen aja ya, gan.
emoticon-Shakehand2

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Americ...leum_Institute
https://www.gridoto.com/read/2216262...a-sae?page=all
Diubah oleh schofi.tech 05-10-2022 12:01
Okutet
mancitybest
jlamp
jlamp dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.