• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fitur Rahasia Di Remote AC yang Jarang Orang Tahu (Termasuk Kamu?)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fitur Rahasia Di Remote AC yang Jarang Orang Tahu (Termasuk Kamu?)


Air Conditioner (AC) kini sepertinya bukan lagi jadi barang mewah dibeberapa rumah penduduk pedesaan apalagi perkotaan. Dinginnya udara sejuk yang dikeluarkan membuat lebih nyaman daripada kipas angin konvensional.

Sebagaimana barang elektronik lainnya Air Conditioner (AC) juga dilengkapi remote, alat pengendali jarak jauh, agar mempermudah kita menggunakan AC ini tanpa harus mendekat dan menyentuh fisiknya. Akan merepotkan karena letak unit AC selalu menempel terpasang didinding diposisi atas kepala kita.

Dan saya amat yakin sangat sedikit sekali orang yang memahami beberapa fitur yang ada pada remote AC. Biasanya orang hanya tahu dan auto hafal cara menghidupkan-mematikan, menurunkan-menaikkan suhu, dan timer, selebihnya hanya segelintir orang saja yang paham keseluruhan fitur remote kecuali sales dan tukang service AC.

Jadi disini saya akan mengingatkan beberapa fitur yang tidak lagi menjadi rahasia setelah kamu paham. Apa sajakah itu? Catatan, beberapa fitur ini mungkin berbeda istilah tergantung merek dan tipe AC dirumah tapi secara fungsi tetap sama.


COOL MODE
Fitur ini paling digemari pemilik AC karena memang tujuannya untuk mendinginkan ruangan maka AC akan bekerja maksimal agar tetap menjaga suhu didalam ruangan itu. Namun kelemahannya tagihan listrik rumah mungkin akan sedikit naik apabila kita mengatur temperatur yang digunakan seringnya berada di bawah 25 derajat Celcius.

AUTO MODE
Fitur ini dengan mudah kita lihat karrna pada remote terlihat sebuah icon huruf 'A' yang dikelilingi tanda panah. Sesuai dengan namanya maka AC akan bekerja secara pintar, dimana temperatur AC secara otomatis mengikuti perubahan suhu dalam ruangan agar tetap terjaga 'kedinginannya'.

FAN MODE
Fiturnya sama mendinginkan suhu ruangan namun kipas internal di dalam AC ini yang akan bekerja menghembuskan angin seperti kipas pada umumnya di ruangan untuk mengusir udara panas. Karena hanya kipas yang bekerja maka hembusan udara yang dihasilkan tidak sedingin ketika mesin AC bekerja tapi jauh lebih hemat listrik.



DRY MODE
Pada remote ditandai dengan icon tetesan air dimana fitur ini digunakan untuk menyerap udara lembab pada ruangan terutama disaat musim hujan tiba agar suhu ruangan tetap kering. Kelebihan dari dry mode adalah bisa menghemat listrik dan membuat mesin AC jadi awet karena tidak bekerja terlalu keras.

ECO MODE
Sebuah inovasi bagus untuk mendapatkan udara ruangan tetap dingin namun tetap hemat listrik. Eco Mode dikontrol oleh sensor pintar sehingga kerja AC seperti bagian kompresor dan kipas jadi lebih efesien dimana kipas internal akan dibuat bekerja lebih maksimal untuk menghasilkan udara tetap sejuk.

QUITE MODE
Seperti namanya Quiet Mode adalah mode diam atau senyap dimana ketika kita menggunakan fitur COOL MODE atau FAN MODE biasanya hembusan yang bersumber dari kipas internal akan lebih jelas terdengar dari biasanya, nah fitur Quite Mode ini akan 'meredam' suara tadi jadi lebih hening. Fitur ini sangat cocok digunakan dikamar tidur.

TURBO MODE
Sesuai dengan istilah namanya ditandai dengan icon Baling-baling kipas (kadang hanya bertuliskan Powerfull) dimana ketika fitur ini diaktifkan AC akan langsung bekerja secara lebih cepat untuk mendinginkan suhu ruangan. Kerja AC tentu semakin berat, daya listrik juga meningkat tapi suhu dingin cepat didapat.

HEAT MODE
Fitur yang pastinya amat langka digunakan oleh pemilik AC disini (sistem pendingin dan kipas internal pada AC dinonaktifkan) maka fitur ini bekerja bukan untuk mendinginkan tapi untuk menghangatkan suhu ruangan. Fitur ini sering digunakan di musim dingin berkepanjangan saja, nyaris tidak berlaku di wilayah tropis seperti Indonesia.

SELF CLEAN MODE
Teknokogi ini biasanya hanya ditemukan pada AC kelas premium dimana fitur ini kerjanya adalah bisa membersihkan 'dirinya sendiri' secara otomatis seperti membersihkan jamur hingga bakteri yang menumpuk di bagian dalam evaporator AC.

Ketika fitur ini bekerja maka ion plasmacluster akan menghilangkan kotoran AC dari dalam, tapi ingat tugas membersihkan debu atau kotoran lain yang membandel pada unit AC secara berkala tetap dilakukan secara manual oleh tukang AC langganan.




Sebuah opini
Ref. Manual book AC
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-09-2022 00:56
nomorelies
amekachi
provocator.3301
provocator.3301 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.