• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bendera Kematian 'Duka' Ternyata Bukan Cuma Kuning, Ini Dan Filosofinya?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bendera Kematian 'Duka' Ternyata Bukan Cuma Kuning, Ini Dan Filosofinya?


Sebagai manusia yang hidup bermasyarakat terkadang tetangga kita sedang mengalami duka kematian salah satu keluarganya. Selain disiarkan lewat pengeras suara di mushalla atau masjid terdekat biasanya pengurus Rt akan memberikan tanda dengan bendera kuning di lokasi strategis.

Bendera kuning kadang juga dibumbuhi tulisan nama orang yang meninggal agar warga setempat mengenal dan yang memiliki waktu luang segera kerumah duka untuk mengirim doa dan membantu seperlunya sebagai tanda kegotong royongan warga yang baik.

Saya yakin orang umumnya hanya mengetahui bendera Kuning sebagai tanda duka kematian karena ternyata di Indonesia khsususnya di pulau Jawa ada warna lain selain Kuning, karena hal itu tergantung dari budaya dan filosofi daerahnya masing-masing.

Jadi disini saya akan share bendera duka kematian atau berkabung termasuk warna Kuning yang biasanya dibuat dari jahitan bahan katun atau kertas minyak. Tapi akan saya mulai dari warna Kuning dulu.



BENDERA PERTAMA



Digunakan dihampir seluruh wilayah Indonesia contohnya di Jakarta, Jawa Barat, Semarang, Pekalongan, Pemalang, Kudus yaitu memakai Bendera Kuning.

Kuning warna paling umum dan banyak digunakan di masyarakat karena sudah dipakai sejak zaman Belanda ketika ada kabar pesakitan atau kematian. Dulu bendera kuning umumnya dibubuhi tulisan berupa simbol Q (Quarantine) karena kala itu banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit menular dan harus diisolasi. Dan akhirnya warna Kuning tetap digunakan hingga saat ini.


BENDERA KEDUA



Digunakan dibeberapa wilayah Indonesia contohnya di Surakarta (Solo), Sukoharjo, Klaten dan Boyolali. Umumnya warna bendera yang digunakan adalah Merah.

Dipilihnya warna merah dianggap sebagai arti tidak takut dengan kematian karena mati bagi manusia memang sudah menjadi takdirnya dan kita dianggap sudah mempersiapkan bekal untuk kehidupan berikutnya.


BENDERA KETIGA



Digunakan dibeberapa wilayah Indonesia contohnya di Jogjakarta, Kebumen, Wonosobo dan Purbalingga. Umumnya warna bendera yang digunakan adalah Putih.

Dipilihnya warna Putih dianggap sebagai kebersihan, kesucian bahwa orang yang meninggal berpulang dalam keadaan baik dan suci, diampuni dosa-dosanya, husnul khatimah. Aamiin.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-09-2022 05:43
provocator.3301
fathroni
septcember
septcember dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.