• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Di Jepang Lampu Merah Nggak Ada Warna Hijau, Trus Kapan Jalannya? (Temen Bingung)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Di Jepang Lampu Merah Nggak Ada Warna Hijau, Trus Kapan Jalannya? (Temen Bingung)


Sebuah jokes saya lemparkan ke teman kerja kemaren sore, saat kami berbarengan pulang menuju parkiran. Lanjut diperjalanan arah pulang sore itu seperti biasa kondisi jalan Sudirman menuju arah Pondok Labu, Jakarta Selatan jika sudah jam pulang kerja macetnya nggak bisa di tawar.

Iseng saya bertanya sama teman, "Coba tebak Jon.., ada berapa lampu merah disini sampai pasar Pondok Labu?"Teman saya yang memang pulangnya searah dan kemarin sedang numpang kendaraan saya (motornya sedang masuk bengkel, turun mesin) lumayan berfikir lama untuk menjawab pertanyaan itu.

Ya, memang cukup lama karena saya sendiri juga perlu mengigat dengan baik. Saat dia menghitung diam-diam saya juga ikut menghitung dalam hati. "Sembilan!" katanya, "Eh, iya kayaknya sih bener.." jawab saya. "Gwa, gitu loh!, hehe," katanya bangga.



"Bai de wei, kita tahu kan 3 warna lampu traffic light itu selalu Merah, Kuning dan Hijau, tapi kenapa di Jepang warna Hijau nggak ada tapi diganti Biru?" tanya saya kemudian. Temen saya cuma nyengir dan sedikit bingung. "Meh... seriusan nih gak ada warna Hijau disana,?" temen saya malah balik bertanya. "Trus kalau nggak ada warna Hijaunya semua kendaraan kapan jalannya?" Mendapat jawaban ini saya pun tertawa.

"Hehe, ya tetep bisa jalan dong Jon... cuma warna Hijaunya diganti jadi Biru, udah disepakati pemerintah Jepang sejak 1973, karena penyampaian warna Hijau diganti Biru sesuai dengan kebiasaan penyebutan kata "aoi" di masyarakat." BIRU, HIJAU = Aoi.



"Zaman dulu Jepang belum mengenal adanya warna Hijau..., warna dasar yang mereka kenal cuma Hitam, Putih, Merah, dan Biru. Jadi daripada timbul keruwetan dimasyarakat yang terkenal konservatif kala itu akhirnya warna yang belum diketahui mereka cari sebutan termudahnya dengan Biru "aoi" saja, seperti contohnya menggantikan sebutan warna Hijau.." kata saya menjelaskan.

"Jadi, kalau suatu saat elo Jon pergi dan berkendara di negara Jepang ingat ya, nggak akan elo temukan traffic light warna Hijau.., sampai elo lumutan di lampu merah nggak akan nemu tuh warna Hijaunya.." kata saya. "Hehe, baru tahu gua.. siap deh." jawab Jojon panggilan akrab dia.


KAMUS Mini WARNA
Indonesia - Jepang



Hitam : Kuroi
Putih : Shiroi
Abu : Hai iro/ Guree
Merah : Akai
Biru Tua : Aoi
Ungu : Murasaki
Coklat : Cha Iro
Biru Muda : Mizu Iro
Hijau : Midori
Kuning : Ki Iro
Merah Muda : Pinku
Emas : Kin
Oranye : Daidai / Orenji Iro
Perak : Gin iro
Peach : Momoiro




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-09-2022 05:47
provocator3301
provocator.3301
septcember
septcember dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.