harrywjyy
TS
harrywjyy
Waspada! 3 Ciri-ciri Copet Di Angkutan Umum! Wajib Tahu Nih!

Sumber Gambar

Selama dalam perjalanan, ke mana pun itu pastinya kita ingin perjalanan kita aman dan lancar. Walaupun di luar sana kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi, tapi tak ada salahnya jika kita waspada.

Salah satu waspada saat di perjalanan adalah adanya copet yang mengincar barang berharga kita. Terutama di transportasi umum seperti angkot. Sebagai orang yang sering naik angkot, TS punya beberapa ciri-ciri copet yang paling umum.

Bukan untuk berprasangka buruk, tapi untuk waspada. Berikut daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Naik Berbarengan

Pertama, copet akan naik menunggu kita naik angkot. Dengan kata lain, kita sudah diincar bahkan sebelum naik. Saat kita naik angkot, si copet akan naik bareng dengan kita. Naiknya bener-bener bareng sampai menjepit badan kita di pintu.

Saat kita terjepit badan dia, maka temannya sudah siap mengambil dompet atau handphone yang ditaruh di saku. Biasanya kalau sudah berhasil mendapatkan, si copet tidak akan jadi naik.

Ini sebenarnya jarang terjadi dan hanya terjadi bagi mereka yang menaruh dompet atau handphone di saku bagian belakang.

Saran TS kalo ketemu yang seperti ini, jangan memaksa masuk. Lebih baik turun dan langsung periksa barang bawaan.


2. Dua Orang Yang Duduk Memepet Kita

Hati-hati dengan dua orang yang baik bersamaan, lalu duduk di samping kita dengan jarak cukup dekat padahal tempat lain masih luas. Bahkan posisi mereka berdua mengapit posisi kita.

Kalau sudah begini, langsung pindah saja tanpa basa-basi. Jangan mau kalau diajak ngomong, karena biasanya satu orang bertugas mengalihkan perhatian dan satu lagi bertugas merampas.

Biasanya kalau gagal, si copet akan langsung turun mendadak. emoticon-Cape d... (S)


3. Menaruh Tas Besar di Depan dan Tanganya Tak Terlihat

Maaf sebelumnya, bukannya suudzon. Tapi memang ini salah satu ciri copet. Sebenarnya wajar bila kita naik angkot dan menaruh tas di depan. Dan biasanya, kedua tangan kita akan memegangi tas, kan? Nah hati-hati bagi orang yang memakai tas di depan tapi posisi tangannya masuk ke sela-sela antara tas dan dada.

Bisa jadi, diam-diam dia sedang bergerak pelan untuk merampas barang milik orang disekitarnya. Ini memang salah satu cara bagi pencopet untuk melancarkan aksinya. Bagi kamu yang suka menaruh tas di depan, usahakan kedua tangan terlihat supaya tidak dicurigai. emoticon-Blue Guy Peace


Sumber Gambar

Nah itu dia beberapa ciri-ciri copet yang umum TS tahu baik dari cerita orang dan pengalaman sendiri (walau pada akhirnya belum pernah dicopet ya). Jadikan ini sebagai cara untuk kita tetap waspada.

Maaf kalau ada salah-salah kata. Ada baiknya di transportasi umum kita menjaga barang masing-masing, karena supir pun tak bertanggung jawab apabila terjadi hal seperti ini. Tugas dia hanya menyetir dan mengantarkan kita.

Bagaimana gan? Pernahkah kalian melihat ciri-ciri di atas? Atau ada ciri-ciri lain yang belum TS sebutkan? Tulis di bawah ini ya!


Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
shinwjyedilokonga503fathroni
fathroni dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.7K
71
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.