masnukho
TS
masnukho 
Mau Jadi Peternak Kambing? Ini Dia Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dulu
Punya keinginan untuk menjadi peternak kambing?
Persiapkan terlebih dahulu beberapa hal ini sebelumnya


Menjadi peternak kambing, mungkin bagi sebagian orang merupakan sebuah profesi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya karena satu dan lain alasan.

Meskipun beternak kambing menjadi salah satu profesi yang cukup anti mainstream khususnya bagi para anak-anak muda zaman sekarang, karena memang menjadi seorang peternak lebih dianggap sebagai profesi kuno, tidak keren, dan kurang menjanjikan.

Anggapan peternak kambing sebagai profesi yang tidak keren dan kurang menjanjikan tentu itu tidak sepenuhnya benar GanSis, sebab banyak peternak-peternak kambing yang hidupnya berkecukupan hanya dari mengandalkan profesinya dari mempelihara dan melakukan jual beli kambing saja.

Kambing sendiri merupakan salah satu jenis hewan ternak yang dapat dikatakan selalu banyak peminatnya, mulai dari digunakan sebagai bahan beberapa makanan khas Indonesia, dikhususkan untuk acara aqiqah, atau juga diburu saat momen idul Adha untuk berkurban.

Melihat masih dibutuhkannya hewan ternak kambing tentu menjadi peternak kambing masih menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ditambah berternak kambing juga tidak terlalu sulit selagi memang Agan dan Sista memiliki ilmu untuk merawat ternak.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang peternak kambing alangkah lebih baik jika Agan dan Sista mempersiapkan beberapa hal ini.




1. Ilmu dan Informasi

Pertama yang harus dipersiapkan saat akan menjadi seorang peternak entah itu beternak kambing atau jenis ternak apapun adalah niat, ilmu, dan informasi GanSis. Sebelum memutuskan untuk beternak maka alangkah lebih baik jika Agan dan Sista paham tentang ilmu cara merawat ternak, mengetahui tentang banyak informasi tentang peternakan mulai dari mendapatkan bibit hewan ternak, pakan ternak terbaik bisa dicari atau dibeli dimana, dan dijual kemana jika panen ternak.

2. Kandang Ternak

Sebelum membeli hewan ternak untuk dipelihara maka Agan dan Sista harus membuat kandangnya terlebih dahulu. Persiapkan kandang ternak sesuai dengan kebutuhan dan standar kandang yang bagus untuk ternak yaitu kandang yang menjamin kebersihan ternak, biasanya kandang yang bagus dan baik adalah kandang yang dapat memisahkan antara tempat untuk pakan, ternak, dan kotoran, karena jika ternak berada di satu tempat dengan kotorannya maka akan dapat mengakibatkan ternak mengalami penyakit kulit atau terkena virus yang disebabkan oleh kotorannya sendiri.

3. Memilih Ternak yang Bagus

Untuk menjadi peternak kambing tentu Agan dan Sista harus memiliki beberapa ekor kambing untuk dipelihara GanSis. Memilih kambing untuk dipelihara pun juga tidak bisa sembarangan, Agan dan Sista harus bisa memilih mana kambing betina yang sedang dalam masa produktif dan juga bisa melihat mana kambing yang sudah tidak masa produktif. Kambing yang masih dalam masa produktif bisa digunakan sebagai indukan, sedangkan yang sudah tidak produktif bisa dipelihara untuk digemukkan untuk dijadikan sebagai pedaging.

4. Memastikan Pakan dan Perawatan Baik

Memastikan pakan dan perawatan untuk ternak yang terbaik juga penting untuk Agan dan Sista lakukan saat menjadi seorang peternak. GanSis harus memastikan bahwa pakan ternak yang diberikan tidak berbahaya bagi ternak dan perawatan apa yang harus diberikan untuk ternak juga penting untuk diperhatikan.

Ada beberapa penyakit yang rawan menjangkiti hewan ternak GanSis, mulai dari penyakit kulit, penyakit flu ternak, atau yang akhir-akhir ini sedang heboh adalah virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Beberapa penyakit hewan ternak ini harus diperhatikan agar Agan dan Sista bisa mencegah atau mengobati jika ada ternak yang sakit.



Itulah GanSis beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat ingin menjadi seorang peternak kambing.

Beternak kambing sendiri tentu tidak bisa dianggap mudah GanSis, karena untuk merawat kambing juga membutuhkan perawatan dan penanganan khusus.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
syaifudinsenoverdandigrdasiemsidas
dasiemsidas dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.2K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.