• Beranda
  • ...
  • Militer
  • REVA V - Kendaraan Angkut Personel Terbaru Buatan Afrika Selatan

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
REVA V - Kendaraan Angkut Personel Terbaru Buatan Afrika Selatan
Quote:


Thread kali ini masih membahas tentang pameran persenjataan Africa Aerospace and Defence Show (AAD 2022) yang berlangsung di Afrika Selatan pada 21 sampai 25 September 2022, setelah pada thread sebelumnya kita sudah membahas Max 3 Six-Wheeler; kendaraan beroda 6 yang dibuat dari basis Toyota Land Cruiser 79 dan bisa agan baca disini.Pada kesempatan kali ini TS akan membahas kendaraan angkut personel bernama REVA V, yang kebetulan mejeng di AAD 2022.

Yang unik, kendaraan buatan manufaktur Integrated Convoy Protection (ICP) asal Afrika Selatan ini memakai nama perempuan, setelah sebelumnya kita pernah membahas kendaraan militer bernama Eva dan Zuzana; yang bisa agan baca disini dan juga disini. Kali ini kita akan membahas REVA.

Sebenarnya nama REVA merupakan akronim dari Reliable, Effective, Versatile and Affordable; yang secara kebetulan disingkat menjadi REVA. Sementara V merujuk ke angka romawi 5, yang menununjukkan kendaraan ini adalah versi kelima dari REVA. Untuk Global Vehicle Mass (GVM) REVA V adalah 16 ton, sudah termasuk payload 3.5 ton.

REVA V dibangun di atas lambung monocoque berbentuk V (V-hull) yang kokoh, sebuah desain Afrika Selatan yang telah terbukti dalam pertempuran dan telah dimodifikasi untuk menahan ancaman yang dihadapi di seluruh dunia saat ini. V-hull dibuat dari dua lapisan baja setebal 10 mm yang terdiri dari rongga setebal 25 mm untuk meningkatkan sifat balistik di dalam kompartemen penumpang. Sisi-sisi kendaraan terdiri dari lapisan pelindung 6 mm/8.9 mm, untuk perlindungan tambahan.

Sementara lambung atas didukung oleh pelat berbentuk V yang diperkuat secara internal dengan menggunakan pelat penutup untuk perlindungan ledakan tertinggi. Pelat bawah terdiri dari pelat baja 10 mm/16 mm. Sementara bagian atap, pintu belakang, firewall, dan pelat hidung kendaraan memakai armor 6 mm/8.9 mm. Pelat pelindung 4 mm tambahan juga dipasang di pelat lantai yang dirancang khusus untuk perlindungan tambahan.

Quote:


Untuk level perlindungan memakai STANAG 4569 level 3; yang bisa menahan terjangan proyektil 7,62 x 51 mm darinjarak 30 meter dengan kecepatan 930 m/detik. Untuk melindungi dari ancaman granat dan ledakan ranjau, REVA V memakai perlindungan STANAG 4569 level 4; yang bisa menahan ledakan hingga 10 kg ranjau. REVA V bisa mengangkut 10 personel, termasuk pengemudi dan co-driver. Sepuluh port penembakan juga disediakan, untuk persenjataan dua senapan mesin ringan dapat digunakan dan dipasang di atas atap. Yang unik dari REVA V, disediakan dua ban cadangan yang digantung di bagian belakang, mengingatkan kita dengan Caspir MK3 milik Kopassus; yang dibuat oleh Afrika Selatan.

Untuk dapur pacu memkai mesin diesel Cummins GBT-5.9TC 6 cylinder in-line yang bisa memuntahkan tenaga maksimal 177 hp dan torsi maksmum 650 Nm. REVA V dapat digeber sampai kecepatan maksimum 100 km/jam serta daya jelajah 500 km. Selain mengembangkan varian REVA III dan REVA V untuk angkut pesonel, pihak manufaktur juga membuat varian Armored Recovery Vehicle serta versi Ambulance.


----------------



Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
gpandita69banditosmynameisant
mynameisant dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.4K
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.