GigiTato.
TS
GigiTato.
eoIP tunnel pada microtic
emoticon-Haiemoticon-Salam Kenal
Halo sobat kaskus semua, jika sebuah perusahaan yang sudah besar, tentunya tidak hanya memiliki 1 kantor saja, melainkan ada kantor yang lainnya di beda daerah yang membutuhkan eoip tunnel mikrotik.
Biasanya, perusahaan menginginkan perusahaan pusat dan cabang bisa saling interkoneksi untuk melakukan file sharing, voip, dan kebutuhan perusahaan yang lainnya.

Masalah yang dihadapi adalah ketika perusahaan cabang berada dilain kota dari perusahaan pusat, ini akan semakin menyulitkan untuk saling terhubung. Namun, jika Anda menggunakan mikrokit emoticon-Big Grin ada acara yang efektif yaitu dengan menggunakan tunnel.

Untuk membangun tunnel, ke dua kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat mesti terkoneksi inet dan dengan IP public static.
Tunneling merupakan salah satu cara untuk membangun sebuah jalan antar router-mikrotik di atas sebuah koneksi TCP/IP. Bisa digambarkan Tunneling seperti ini:

Nantinya, dengan Tunneling kantor pusat dan kantor cabang bisa saling berkomunikasi untuk kebutuhan perusahaan, salah satunya adalah mengirim file.
Mikrotik memiliki teknologi berupa eoIP yang digunakan untuk eoip tunnel mikrotik. Namun, apa yang dimaksud dengan EOIP?
Ethernet over IP adalah protocol pada Mikrotik RouterOS yang berfaedah untuk membangun sebuah Network Tunnel antar Mikrotik router di atas sebuah koneksi TCP/IP. EOIP merupakan protokol proprietary Mikrotik (support terhitung di linux namun wajib di-compile manual.
Akan muncul properties interface baru yang perlu kami setting, yang paling penting adalah parameter “Remote Address” dan “Tunnel ID”. Pada kala setting router MikroTik disisi Head Office, isikan parameter Remote Address dengan IP Public yang dimiliki oleh router yang tersedia di Branch Office.

Lakukan hal yang serupa ketika setting router disisi Branch Office, dapat dianalogikan layaknya bertukar informasi IP Public. Kemudian terhadap parameter Tunnel ID, pastikan memiliki nilai yang serupa pada Tunnel ID router Head Office dengan router Branch Office.
Maka untuk memanfaatkan fitur ini, router di Head Office dan router di Branch Office wajib menggunakan router Mikrotik.
Konfigurasi Tunneling EOIP pada MikroTik
Pertama, tambahkan interface EoIP di menu “Interfaces”. Klik tombol + (add), sesudah itu menentukan EoIP. Langkah ini ditunaikan di kedua router, baik router di Head Office maupun router di Branch Office

Jika EoIP sudah berjalan dan muncul flag “R”, sesudah itu kami membuat bridge yang nanti dapat menjembatani transmisi knowledge berasal dari jaringan LAN yang dapat melalui EoIP. Masuk ke menu Bridge, sesudah itu klik tombol + (add). Isi nama bridge sesuai keinginan.

Selanjutnya, tambahkan interface EoIP dan interface ethernet yang terkoneksi ke jaringan lokal LAN ke dalam Port Bridge. Jadi ada dua interface yang jadi port bridge.
Selanjutnya, tambahkan interface EoIP dan interface ethernet yang terkoneksi ke jaringan lokal LAN ke dalam Port Bridge. Jadi ada dua interface yang jadi port bridge.

Jika telah selesai, coba ping antar host berasal dari jaringan lokal di bawah router, semisal berasal dari host lokal yang berada di Head Office ping ke host yang berada di Branch Office. 
Semoga bermanfaat and keep ngaskus emoticon-Cool


sumurr

sumur
Diubah oleh GigiTato. 12-11-2022 02:32
drenovsky1994dotfmratmadi
ratmadi dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.8K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.