iskrimAvatar border
TS
iskrim
Cerita (Sedih) Dibalik Potekan Daun yang Dipasang Di Truk Mogok


Pernah melihat penampakan truk mogok ditepi jalan, gan? Biasanya kasus ini masih ditemukan di jalan pinggiran kota, perbatasan lintas propinsi, tol atau jalur pedalaman yang karena mesin atau sasis truknya sedang mengalami masalah sehingga supir tidak bisa melanjutkan perjalanannya.

Kendaraan mogok umumnya dan sudah wajib hukumnya para supir menyalakan lampu hazard dan memasang segitiga pengaman sebagai tanda sedang ada truk berhenti darurat dan menjadi tanda agar pengendara lain harus waspada, menjaga jarak dan jika memungkinkan melambatkan laju kendaraan. Tapi tidak jarang pula pengendara lain berhenti menanyakan keadaan seperti yang umum dilakukan oleh kru bis atau truk satu perusahaan sebagai bentuk kepedulian sesama.

Namun terkadang, jika lampu hazard dirasa sudah cukup tapi bagi banyak supir truk antar kota seringnya menambahkan ranting pohon yang terdapat beberapa lembar daun pada belakang truk. Bagi mereka ini adalah cara komunikasi yang paling umum untuk mendapatkan perhatian pengendara lain terutama perusahaan yang menaunginya ketika sedang melintas.



Selain untuk mendapatkan perhatian tadi ternyata dipilihnya ranting berdaun ini memiliki makna lebih mendalam dari apa yang kita kira selama ini, yaitu jumlah ranting yang sudah dipatahkan atau jumlah daun yang sudah di dipetik menandakan jumlah hari truk itu mogok ditempat. Misal terlihat ada 3 daun yang sudah dipetik dari rantingnya pertanda truk itu sudah mogok selama 3 hari.

Cara ini akan mendapat perhatian lebih dari sesama supir truk atau pengendara lain yang tahu maknanya dan biasanya akan membantu, minimal menanyakan keadaan. Istilahnya karena senasib sependeritaan mereka rela menolong sebisanya sambil menunggu teman atau mekanik perusahaannya datang.



Disituasi ini terkadang nasib supir jadi terkatung-katung karena truk mogok tidak dilokasi semestinya misalkan jauh dari pemukiman atau jauh dari kata layak untuk ditinggali. Supir semakin rentan akan bahaya apabila truk mogok dijalur rawan kejahatan, binatang buas atau bencana alam dan lagi masih harus menjaga barang bawaannya dari kerusakan atau kehilangan. Semua resiko dan tanggung jawab yang besar itu terkadang tidak sesuai dengan upah yang mereka terima. Miris.

Fakta lain yang harus kita ketahui adalah jika kita melihat ada truk mogok sudah diberi tanda ranting pohon bagian belakang dan di kaca depan pengemudi itu artinya sang supir dan kernetnya sudah kehabisan perbekalan termasuk uang saku yang mereka bawa.



Jadi jika diperjalanan kita menemukan mereka dalam keadaan seperti ini sebaiknya memberikan bantuan sebisa kita. Semoga niat berbuat baik itu akan mempermudah segala urusan kita, melindungi kita selama diperjalanan dan selamat sampai tujuan. Aamiin.


KUNJUNGI THREAD SAYA YG LAIN
-----------------------------------------------------------

Klik disiniuntuk baca



Klik disini untuk baca



Sebuah opini
Ref. Mang Suha (supir Ekspedisi ***)
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 22-09-2022 04:59
jagotorpedo
septcember
thecrawler
thecrawler dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.6K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.