• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia 11 Majalah dan Tabloid yang Berjaya di Era 90an dan 2000an, Penuh Kenangan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Nostalgia 11 Majalah dan Tabloid yang Berjaya di Era 90an dan 2000an, Penuh Kenangan


Sekarang jamannya sudah serba online, media cetak sudah semakin ditinggalkan karena informasi sekarang begitu terbuka dan cepat diakses melalui internet dan media sosial. Berbeda dengan era 90an dan 2000an di mana media cetak masih berjaya dan digemari masyarakat. Tabloid dan majalah menjadi media cetak yang disukai khalayak luas dan dari berbagai segmen kalangan.

Membaca tabloid dan majalah kala itu merupakan hal yang menyenangkan, ketika belum ada smartphone tabloid dan majalah adalah media yang mampu memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik. Berikut ini merupakan deretan tabloid dan majalah yang berjaya di era 90an dan 2000an.

Hai


Majalah remaja pria lintas generasi yang terbit dari 1977 sampai 2017 dan kini sudah menjadi media daring via website dan media sosial. Ketika berjaya, Hai menyajikan konten seputar dunia remaja pria seperti musik, film, pendidikan seks, sampai dengan cerpen dan komik. Majalah Hai dulu terkenal karena mengorbitkan cerita Lupus yang terkenal di era 80an, karya Hilman Hariwijaya.

Gadis


Kalau remaja pria punya Hai, maka remaja putri punya Majalah Gadis yang sangat terkenal dan telah mengorbitkan banyak model dan selebritis lewat ajang pemilihan Gadis Sampul. Beberapa Gadis Sampul yang terkenal antara lain Desy Ratnasari, Dian Sastro, Acha Septriasa, Astrid Tiar, Lulu Tobing, dll. Isi majalah Gadis adalah seputar dunia remaja putri seperti tips kecantikan, berita selebritis, dll.

Fantasi


Tabloid anak-anak yang terkenal di era 90an. Isinya adalah seputar dunia anak-anak 6 sampai dengan 12 tahun seperti pembahasan sinopsis acara tv anak kala itu, sebut saja Ksatria Baja Hitam, pembahasan video game, kartun anak, dll. Fantasi sangat disukai oleh anak laki-laki kala itu karena merupakan sumber informasi yang menyenangkan untuk mereka.

BOLA


Tabloid olahraga legendaris di Indonesia yang sempat menjadi menemani para pecinta sepakbola di tanah air sebagai sumber informasi dan referensi. BOLA terbit pertama kali pada 1984 sebagai sisipan di harian Kompas dan kemudian terbit mandiri hingga berhenti terbit pada 2018.

Saat masa jayanya, BOLA terbit dua kali seminggu. Setiap edisinya dibagi dalam tiga segmen yaitu berita olahraga non-sepakbola setebal 16 halaman, Ole Internasional 24 halaman, dan Ole Nasional 8 halaman sehingga total 48 halaman. Ketika ada event khusus seperti Piala Dunia, BOLA juga menerbitkan edisi spesial dan memberikan bonus seperti poster.

Album Donal Bebek


Inilah majalah komik lintas generasi yang terkenal di Indonesia yang terbit dari 1976 sampai dengan 2020. Isinya adalah komik Donal Bebek, Paman Gober, dan juga komik tokoh Disney lainnya. Harga Album Donal Bebek terbilang murah untuk ukuran sebuah komik. Di era 90an, Album Donal Bebek cukup digemari oleh anak-anak maupun remaja bahkan dewasa.

Aneka Yess!


Meskipun tidak seterkenal Majalah Gadis, namun Aneka Yess! Cukup populer di era 90an dan 2000an di kalangan remjaja pria maupun wanita. Beberapa model yang terkenal lewat majalah ini adalah Titi Kamal, Dwi Andhika, dan Andhika Pratama. Konten dari majalah ini biasanya seputar dunia remaja hingga berita entertainment.

Gaul


Tabloid remaja yang berusia 13 sampai 18 tahun di era 2000an alias remaja generasi alay. Isinya adalah seputar dunia entertainment khususnya televisi. Di dalamnya juga terdapat cerpen. Tabloid Gaul sempat berfokus membahas Kpop sebelum berhenti terbit pada 2014.

Bolavaganza


Bolavaganza bisa dibilang adalah BOLA versi majalah yang membahas seputar sepakbola secara lebih mendalam. Terbit dari 2001 sampai 2018. Setiap ada event khusus seperti Piala Dunia dan Piala Eropaz Bolavaganza akan terbit dengan edisi spesial dan memberikan bonus.

Hidayah


Sebuah majalah bertema Islam yang pertama kali terbit di Malaysia lalu diterbitkan di Indonesia. Majalah ini begitu melegenda karena menyajikan kisah-kisah mengerikan yang dinamakan azab. Meskipun sebagian pihak meragukan keaslian kisah-kisahnya, namun sebagian yang lainnya menjadi ketakutan dan jadi taat dalam beragama.

Motor Plus


Merupakan tabloid otomotif yang diterbitkan oleh kelompok Kompas Gramedia yang menyajikan informasi seputar otomotif khususnya roda dua alias motor. Rubrik yang paling disukai adalah rubrik modifikasi motor yang begitu kreatif. Dalam tabloid ini juga ada tips-tips dalam merawat sepeda motor.

HotGame


Majalah untuk gamer yang terbit dari 1999 sampai dengan 2013. Isinya berupa informasi seputar video game, review, sampai dengan walktrough. Dulu, majalah ini digemari bagi mereka para gamer yang membutuhkan panduan dalam menamatkan sebuah video game.

Bonus:

Majalah Bobo

Ini dia, merupakan majalah anak lintas generasi yang terbit sejak 1973 dan merupakan adaptasi majalah dari Belanda bertema sama. Isinya mulai dari cerpen, komik, cergam, cerbung, ilmu pengetahuan, jalan-jalan, sampai dengan isian soal sekolah untuk anak-anak SD. Ane termasuk orang yang dulu dimanjakan dengan Majalah Bobo ini.


Nah, gimana gan. Majalah mana yang dulu sering agan baca? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
Diubah oleh cintadine 21-09-2022 04:14
ytbjts
sontoloyo81
zaekun69
zaekun69 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
9K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.