• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Kenapa Orang Tua Lebih Suka Zaman Soeharto? Ternyata Ini Penyebabnya!

Sumber Gambar

Suatu hari, TS duduk bersama kakek di halaman rumah. Sambil melihat sekitar, kakek mulai bercerita tentang masa lalu. Yang paling sering kakek bicarakan adalah tentang kehebatan Soeharto.

Ya, presiden kedua itu punya reputasi sebagai pemimpin hebat di keluarga TS. Kakek, nenek sampai beberapa kerabat menyanjung masa-masa orde baru ketika Soeharto memimpin. Di tempat lain pun sama saja, di kampung bapak TS pun menyatakan hal yang sama.

"Pak Harto itu hebat, lebih enak zaman Pak Harto."

Apa iya? Kalau dibandingkan dengan zaman sekarang, mungkin iya. Mungkin juga tidak. Tergantung dari mana kita melihatnya. Ada yang menganggap Soeharto itu memakmurkan rakyat, ada juga yang anggap Soeharto itu penjahat.

Tapi mengapa orang tua seperti kakek TS begitu menyanjung era Seoharto?emoticon-Bingung (S)

Pertama, menurut TS karena kakek dan orang-orang tua lainnya sempat merasakan era Seokarno. Orde Lama. Di saat itu ekonomi Indonesia memang sedang anjlok, bahkan keadaan politiknya pun tidak stabil.

Kelaparan, kemiskinan jadi hal yang biasa terlihat di mana-mana. Kemudian masuk era Soeharto, di mana perlahan-lahan ekonomi bangkit. Bahan pangan mulai mudah didapatkan, harga-harga murah, intinya ekonomi jauh lebih baik saat memasuki orde baru.


Sumber Gambar

Mungkin dari sini, kakek TS merasakan dua zaman yang berbeda antara orde lama dan orde baru. Kakek TS merasakan dua zaman yang terasa kontras, melarat di era Seokarno lalu tiba-tiba mulai bangkit di era Soeharto. Wajarlah kalau dia bilang Soeharto hebat.

Kedua, faktor ekonomi yang memang cukup berkembang di zaman itu. Soeharto banyak membuat pembangunan yang produktif. Harga-harga kebutuhan pokok pun murah, rakyat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan cukup mudah.

Bahkan menurut kakek TS, dahulu orang dengan gelar sarjana itu udah hebat sekali. Pasti bakal dapat pekerjaan di posisi yang bagus. Sedangkan sekarang? Boro-boro mau dapat posisi bagus, gak nganggur aja udah bersyukur. emoticon-Frown

Ya, pekerjaan cukup mudah didapatkan di zaman itu asal kita punya kemauan. Sehingga jumlah pengangguran sedikit. "Zaman Pak Harto cuma pemalas aja yang nganggur," begitu kata beliau.

Jika kita melihat kehebatan zaman Orde Baru, memang banyak catatan bagus seperti swasembada pangan misalnya. Lalu pendapatan ekspor juga meningkat pesat.


Sumber Gambar

Tapi biar begitu, ini Soeharto, gan. Meski makmur ada juga kebobrokannya seperti korupsi, pelanggaran HAM dan diskriminasi terhadap warga Tionghoa.

Meski begitu, alasan para orang tua yang menyanjung era Soeharto karena mereka merasakan sendiri bagaimana mudahnya hidup di era itu. Mereka mungkin tidak tahu apa-apa soal KKN dan pelanggaran HAM yang terjadi. Jadi, jangan anggap mereka mengabaikan HAM ya gan wkwk. Gak semudah itu. Ini orang tua gan.

emoticon-2 Jempol

Ya segitu saja sharing dari TS. Kalau kalian, apakah orang tua kalian juga menyanjung era orde baru? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
ashrose
edilokonga503
drkhntr3ss
drkhntr3ss dan 23 lainnya memberi reputasi
24
11.2K
420
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.