Kokonata
TS
Kokonata
Gaji Rp7 Juta untuk Istri Hanya Rp700 Ribu, Harusnya Suami Kasih Berapa Tiap Bulan?

Suami yang menjalani long distance marriage (LDM)berbagi pengeluaran bulanannya. Dari gaji Rp7juta, jatah untuk istri hanya 10% saja. Lebih rendah daripada pemberian untuk ibu serta hampir sama untuk adik. Sang istri punya penghasilan sendiri, serta masih tinggal bersama orang tuanya. Sebenarnya, berapakah nominal yang pantas untuk istri?
 

Berada di Kelompok Mana
 
Sebelumnya memberikan jatah uang bulanan kepada istri, kita perlu tahu dulu, berada di kelompok mana kita berdasarkan pengeluaran bulanan.
 
Bank Dunia mengelompokkan masyarakat Indonesia berdasarkan pengeluaran bulanannya tiap orang. Ada 5 kelompok yaitu:
1. Kelompok miskin pengeluaran bulanannya kurang dari Rp354.000.
2. Kelompok rentan pengeluaran antara Rp354.000 - Rp532.000.
3. Kelompok menuju kelas menengah pengeluaran Rp532.000 - Rp1,2 juta.
4. Kelompok kelas menengah pengeluaran Rp1,2 juta - Rp6 juta.
5. Kelas atas pengeluaran lebih dari Rp6 juta.
 
Pengeluaran di atas untuk tiap orang. Hitung saja berapa jumlah orang di rumah kemudian bagi dengan total pengeluaran yang biasanya dihabiskan tiap bulan.
 

Dapat kita simpulkan, gaji sekitar 7 juta dengan pengeluaran di kisaran itu juga menempatkan seseorang di kelas menengah. Kelompok masyarakat yang cukup sejahtera. Standar hidup bisa dikatakan sudah sedikit di atas rata-rata.
 
Jatah untuk Istri
 
Jatah bulanan untuk istri tentu saja idealnya cukup memenuhi segala kebutuhan pokoknya. Meski kebutuhan pokok ini bisa jadi berbeda-beda untuk tiap orang, namun umumnya kebutuhan pokok mencakup pangan, sandang, dan papan. Artinya harus memenuhi kebutuhan makan dan minum, pakaian, dan tempat tinggal.
 

Suami dari kelompok menengah, dapat memberikan jatah bulanan sesuai pengeluaran rata-rata kelas menengah tiap bulan. Kisarannya Rp1,2 juta - Rp6 juta. Hanya untuk makanan standar kelas menengah saja, Rp3juta untuk satu orang sudah cukup. Bisa sekalian untuk memenuhi kebutuhan perawatan diri juga dengan pengeluaran sejumlah itu.
 
Balik lagi pada kasus suami yang hanya memberikan Rp700.000 tiap bulan, mungkin sejumlah itu untuk sekadar jajan-jajan saja. Kita tidak tahu kondisi detil sang istri. Bisa saja kebutuhan pokoknya masih ikut orang tua sehingga suami hanya memberikan sekadar uang jajan saja.
 

Hanya saja, saya sepakat dengan beberapa pendapat warganet, wanita yang sudah dinikahi itu jadi tanggung jawab suami.Tidak elok kebutuhan istri masih ditanggung orang tuanya. Akad nikah menjadikan tanggung jawab seorang ayah terhadap anak perempuan beralih kepada suami. Idealnya suami menanggung segala kebutuhan istri.
 

Namun ada kondisi tertentu yang mungkin saja membuat orang tua masih menanggun kebutuhan pokok anak perempuannya. Ane pribadi nggak mau turut campur dan masa bodoh dengan urusan rumah tangga orang lain. Kita fokus saja pada urusan dalam negeri rumah tangga sendiri, sepakat GanSis?




Sumber 123,  [url=https://akuraS E N S O Rdidominasi-kelas-menengah-ini-5-fakta-klasifikasi-tingkat-ekonomi-masyarakat-indonesia-ala-world-bank]4[/url]
Foto dari Canva Pro
cheria021Nikita41Qhitink87
Qhitink87 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
6.8K
82
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.