Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6320494bd96b48291c47248a/murid-dibully-hingga-meninggal-tapi-kasusnya-ditutupi-masuk-akalkah
Belum lama ini saya membaca kembali kasus tidak manusiawi yang dialami oleh Furuta Junko 33 tahun yang lalu. Kisah itu amat menggemparkan sampai-sampai diangkat ke film, manga, maupun anime dan jika saya melihat kembali beberapa berita sebulan ini, saya tahu kalau apa yang dialami Junko hanya satu dari sekian banyak kisah di Bumi ini. Tentunya Anda belum lupa dengan anak Sd yang dipaksa menyetubuh
Lapor Hansip
13-09-2022 16:11

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

icon-verified-thread
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

Belum lama ini saya membaca kembali kasus tidak manusiawi yang dialami oleh Furuta Junko 33 tahun yang lalu. Kisah itu amat menggemparkan sampai-sampai diangkat ke film, manga, maupun anime dan jika saya melihat kembali beberapa berita sebulan ini, saya tahu kalau apa yang dialami Junko hanya satu dari sekian banyak kisah di Bumi ini.

Tentunya Anda belum lupa dengan anak Sd yang dipaksa menyetubuhi kucing kan? Setelah itu ada siswa MTS yang dibully sampai mati oleh teman-temannya, dan setelahnya ada siswa ponpes yang kematiannya bahkan ditutup-tutupi oleh pihak sekolah itu sendiri. Well, di tengah negara dengan penduduk 273 juta, tentunya hal-hal seperti ini bisa terjadi di mana saja.

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

Kasus-kasus semacam ini bisa terjadi di mana saja dan tampaknya di masa depan pun perubahan tidak akan terjadi. Meski demikian ada satu hal yang saya tak habis pikir, itu adalah fakta bahwa sekolah cenderung menutup-nutupi perilaku bully yang terjadi.

Hal ini sering terjadi sampai-sampai sering dijadikan meme oleh para netizen. Ada guru yang bilang itu cuma bercanda, ada yang bilang itu tidak sengaja, ada juga yang mencari alasan bahwa murid meninggal karena penyakit. Intinya, pihak sekolah seolah tak ingin mengakui ada tindak kekerasan terjadi di dalam pengawasan mereka.

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

Coba pikirkan dari sudut pandang pihak sekolah atau lebih tepatnya kepala sekolah. Jika publik sampai tahu ada hal semacam ini terjadi dan dia mengakui hal tersebut maka reputasinya jelas akan memburuk. Bukan tidak mungkin dia akan dipecat atau diasingkan ke daerah terpencil. Karena itulah sebisa mungkin pihak sekolah akan menutupi kejadian dengan cara damai atau mencari kambing hitam untuk disalahkan nantinya.

Namun bagaimana dengan pihak keluarga siswa yang dibully? Apalagi jika korban sampai meninggal. Jika sampai ketahuan dan tidak bisa diselesaikan diam-diam maka berita semacam ini pasti akan viral dan bangkai yang telah disembunyikan akhirnya akan terkuak juga. Situasi seperti ini akan berakibat jauh lebih buruk bagi pihak sekolah karena sudah menyembunyikan fakta.

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

Pada akhirnya pihak sekolah akan tetap mendapat reputasi buruk. Satu-satunya cara untuk menghindari kemungkinan tersebut adalah dengan memastikan hal itu tidak terjadi. Bagaimana caranya? Entahlah. Bagaimana caranya guru-guru bisa terus memonitor siswa?

Masalah pembullyan bukanlah salah pihak sekolah, itu sepenuhnya merupakan kesadaran pelaku. Jika dari awal seseorang sudah memiliki niat untuk berbuat jahat maka pembullyan akan terjadi tanpa bisa dicegah. Dari sinilah tindakan baru bisa diambil. Para guru harus bisa memperhatikan murid mana yang kira-kira bertingkah aneh dan tak berani menatap murid tertentu.

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?

Dan tentunya murid yang dibully juga harus berani untuk melapor. Memberanikan diri untuk mengakui kelemahan memang tidaklah mudah, tapi itu merupakan satu langkah pengembangan diri. Jika Anda tidak berani melapor (setidaknya pada orangtua) maka hanya akan ada masa depan mengerikan menanti Anda.

Dan setelahnya kembali lagi apakah Anda ingin menyelesaikannya secara kekeluargaan atau tidak. Menyelesaikan masalah secara damai akan lebih menguntungkan semua pihak, karenanya jangan biarkan masalah menjadi terlalu besar.

Keberanian, cuma itu yang kita butuhkan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumursumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60.1K Anggota • 916.5K Threads
Halaman 1 dari 3
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 16:15
Sama seperti korupsi, pelaku bully cenderung cuma dihukum ringan. Makanya banyak orang meremehkan kejahatan semacam ini dan teeus melakukannya. Keuntungan kita yg hidup di jaman sekarang adalah yg seperti ini bisa diviralkan

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tonyjack168 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 16:17
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 16:18
Lalu apakah ospek tak manusiawi termasuk pembullyan? Hmm...

Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxbike dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 16:26
Kayaknya udah turun temurun emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
saiki88 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 16:51
Sudah waktunya anak sekolah main tembak tembakan kayak di amrik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
forgiveme dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 18:00
Kalo sampe ditutupin memang keterlaluan gan. Tapi namanya hukum di negeri ini emang susah, mending secara kekeluargaan aja
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 18:13
Kasus pembullyan emang kagak pernah di anggap serius bre sama pemerintah, paling mereka bilang cuma "biasalah anak kecil" emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 18:19
Jika bully terjadi:

POV lembaga: Tutupi (damai itu indah)
POV korban: Viralkan (Minta bantuan advokasi om hotma dan kak Seto)

emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 19:01
Seperti ini:


Manipulasi kematian dan Pelaku dikeluarkan tanpa lapor polisi hanya demi nama baik sekolahnya. Padahal kalau lapor bisa berkelit berbagai alasan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 19:18
di jepang, korea, tiongkok, sampe amerika memang banyak pembulian, tapi amerika unik, yg di bully tembak pelaku dan siswa2 lainemoticon-Big Grin

wakanda ada juga pembullyan sampe meninggal, belum lama nih
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 19:24
kayaknya biar nama sekolahnya ga jelek tuh emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bossburung dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 19:33
Pembullyan memang bukan salah sekolah tapi yang menjadi masalah adalah ketika hal itu terjadi namun sekolah terkesan abai, denial dan menutupi. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 20:20
Yang lebih parah itu pembullyan di sekolah agama yang katanya paling top & bahkan sampai ditutup-tutupi oleh pihak sekolah !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 20:29
dari dulu emang susah sih kasus pembulian, apalagi guru skrg agak kurang sangar. jaman ane pembulian sekedar malak aja sih.
ganjaranya dulu yg malak skrg jadi blangsak yg dipalak rata rata pada maju.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 20:48
tukang bully sebaiknya tidak dipanggil murid, dipanggil bangke aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 20:49
Dulu sebelum istilah bullying trend, ane mungkin salah satu korban.
Yg membedakan mungkin ane gak diam, tapi gayung bersambut.
Ane ajak berantem yg ngebully, walaupun ane kalah dan ditonjokin.
Besoknya ... bully lagi, berantem lagi, ... seminggu mungkin 2 - 3x berantem.
Dan masih kalah melulu soalnya dia lebih gede dan tinggi emoticon-Hammer (S)
Sampai lulus sekolah ... ane masih kalah melulu berantem, tapi tidak menyerah emoticon-Hammer (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aizan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 20:53
Hanya demi nama sekolah padahal kalau disebar akan membuat generasi akan lebih berhati2
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 21:20
Perbanyak cctv di sekolah emoticon-Ngamuk
0 0
0
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 21:36
Kl pemeran bokep sminggu aja dapet, kadang kadang
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Murid Dibully Hingga Meninggal Tapi Kasusnya Ditutupi, Masuk Akalkah?
13-09-2022 22:58
Peran orang tua, peran Guru, itu kunci utama. Kita ngelihat anak kita malas sekolah, yg tadinya periang jadi pemurung, harus curiga, ada apa, tanya baik2, jangan dimarahin karena malas sekolah, dari situ nanti bisa dibicarakan dgn Guru . Namun ya gk dipungkiri, ada sebagian guru yg gk terlalu peduli sama Pembullyan yg terjadi di sekolah, malah terkadang ada loh Guru yg justru membully anak muridnya (Gw salah satu korbannya dulu waktu SD, di bikin malu karena gk bisa hafal bacaan sholat ,dikatain habis2an di depan kelas, ampe bikin gw trauma gk mau sekolah, ini kejadian dulu tahun 90an, gk tahu sekarang apa masih ada model begini , tapi dulu itu di anggap normal, Dan karena Guru Agama tsb membully Gw, akhirnya anak-anak yg lain juga ikutan ngeBully gw)

Jadi gk heran lah, kalau ada Guru atau pun pihak sekolah yg menutup-nutupi Kasus pembullyan, Mereka sendiri kurang peka sama tanda-tanda tersebut, tahunya ada anak malas sekolah, absent terus, di cap anak nakal , padahal alasan mereka jadi malas sekolah karena di bully sama teman sekelas, oleh sebab itu Pihak sekolah merasa malu atau khawatir mereka bermasalah dgn hukum sehingga menutup-nutupi kasus tsb.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nobodysnafkin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia