confusionjackAvatar border
TS
confusionjack
Apakah Cowok Wajib Punya Skill Otomotif?
Apa benar cowok harus punya skill otomotif? Di lingkungan sosial setiap masyarakat, biasanya terdapat ekspektasi terhadap kelompok-kelompok tertentu. Misalnya ekspektasi terhadap cewek itu bisa masak, ngurus anak, bisa beberes rumah, rajin bersih-bersih, cuci piring, baju, dll. Sementara ekpektasi terhadap cowok lebih ke pekerjaan kasar, misalnya bisa membantu mengangkat barang-barang berat, bisa membetulkan peralatan rumah yang rusak, membetulkan atap yang bocor, mengemudikan kendaraan, hingga menguasai skill otomotif atau urusan perbengkelan kendaraan. Mulai dari memahami cara kerja mesin, mengerti jenis-jenis bahan bakar, pelumas, jalur listrik, hingga bisa memperbaiki mesin kendaraan yang rusak.


Sumber foto: https://pin.it/51WB5md

Tapi, yang namanya ekspektasi tentu tak bisa dipenuhi semuanya. Termasuk skill otomotif yang tak selalu dimiliki oleh setiap cowok. Walaupun masih banyak yang berharap cowok-cowok bisa diandalkan dalam urusan otomotif, tapi gak sedikit juga orang yang gak mempermasalahkan soal kemampuan cowok dalam bidang otomotif.

Jadi gimana, cowok itu wajib punya skill otomotif gak sih?

Well, kalo lo punya skill otomotif, ya bagus. Minimal lo bisa ngerti perawatan kendaraan lo sendiri dan seandainya ada kerusakan, lo juga bisa ngebenerin tanpa bantuan orang lain.

Cowok-cowok yang menguasai skill otomotif memiliki nilai lebih tersendiri di mata cewek (dan calon mertua). Si cewek jadi gak khawatir kendaraan cowoknya tiba-tiba mogok di jalan saat kencan karena pasti kendaraannya terawat, dong! Kalaupun apes dan kendarannya mogok, si cowok pasti bisa menemukan penyebabnya dan memperbaiki masalah mogok tersebut. Si cewek juga bisa mengandalkan cowoknya untuk membantu merawat kendaraan si cewek. Ya, tahu sendirilah, kebanyakan cewek bener-bener gak ngerti urusan kendaraan. Kalo ada yang rusak atau kenapa-kenapa, pasti minta tolong cowoknya. Urusan jadwal ganti oli dan servis berkala juga pasti minta diingatkan oleh si cowok.


Sumber foto:
https://pin.it/2CiKPXY

Di sisi lain, cowok-cowok yang jago otomotif juga sering dimanfaatkan untuk memperbaiki kendaraan teman, keluarga, dll. Sebenarnya gak apa-apa membantu orang lain. Tapi, kalo terus-terusan dianggap ‘montir gratis’, ya rugi juga emoticon-Cape d... (S)Apalagi kalo yang diperbaiki itu bagian kendaraan yang rumit.

Sisi negatif lainnya, cowok yang jago otomotif juga kadang dinilai sebagai pekerja kasar yang karirnya stuck gak bisa ke mana-mana. Pokoknya jadi montir seumur hidup. Padahal, cowok yang punya skill otomotif gak melulu kerja di bidang otomotif seperti montir. Banyak juga pekerja di bidang lain, tapi punya hobi otomotif.

Lalu, kalo cowok yang gak punya skill otomotif gimana?

Menurut gue pribadi sih, gak masalah. Toh bengkel otomotif bertebaran di mana-mana. Kalo kendaraan lo bermasalah dan lo gak ngerti masalahnya apa atau memperbaikinya gimana, ya tinggal bawa aja ke bengkel. Justru, kalo semua cowok bisa ngoprek kendaraan sendiri, nanti mekanik di bengkel gak akan kerja dong, bray! Hehe.


Sumber foto: https://imgx.motorplus-online.com/cr...939458312.jpeg

Masyarakat juga kayaknya udah gak terlalu mempermasalahkan skill cowok dalam urusan otomotif. Kalo lo ngerti otomotif, ya bagus. Kalo enggak ngerti otomotif juga, lo gak akan mendapat penilaian jelek. Beda dengan cewek yang gak bisa masak, mereka pasti dinyinyirin.

Walaupun gak jago otomotif, tapi usahakan ngerti perawatan basic buat kendaraan pribadi lah. Biar kendaraan lo terawat dan gak gampang rusak. Biar lo gak dibodoh-bodohin sama oknum montir juga. Banyak tuh montir di bengkel motor yang suka seenaknya ngeganti spare part ini-itu dengan yang baru, padahal kondisinya masih normal. Walaupun ada target penjualan (mungkin) dari perusahaannya, tapi gak boleh merugikan konsumen, dong!

Satu lagi, kalo gak begitu ngerti otomotif, berarti lo harus punya cukup info seputar bengkel yang oke dan gimana cara berkomunikasi dengan montir/mekanik. Jadi kalo sewaktu-waktu kendaraan lo rusak atau bermasalah, ada bengkel yang bisa lo andalkan tanpa rasa khawatir. Lo juga bisa mengutarakan maksud lo kepada mekanik dengan jelas, apa yang lo pengen dari bengkel tersebut, apa masalah kendaraan lo, dll. Kalo gak ngerti dan ada yang ingin ditanyakan, lo bisa ngasih pertanyaan yang mudah dimengerti oleh mekanik. Salah satu bengkel motor yang mekaniknya ramah dan enak ditanya-tanya adalah Planet Ban. Udah tersebar di banyak daerah juga. Kalo ganti oli pun olinya udah pake yang berbasis ester (yang mereknya X-Ten itu loh) jadi lebih tahan lama dan bagus buat mesin motor.

Yang namanya manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Cowok juga kan manusia, jadi pasti punya kekurangan. Wajar aja kalo gak semua cowok punya skill otomotif. Gak usah ngerasa terlalu minder sih. Menurut agan-agan gimana? Apakah cowok wajib punya skill otomotif?

emoticon-Cool
Diubah oleh confusionjack 29-08-2022 16:47
JohnlaroN
ERWAN011176
mochzainalft
mochzainalft dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.