• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kemiskinan Masih Jadi Masalah Serius Di Indonesia, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Kemiskinan Masih Jadi Masalah Serius Di Indonesia, 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Sumber Gambar

Kemiskinan masih menjadi masalah yang umum di negara kita Indonesia. Masih banyak penduduk negeri ini yang hidupnya masih di bawah kata layak meski layak bagi beberapa orang berbeda ya. emoticon-Big Grin

Semua orang pasti ingin hidup cukup dan layak, tapi tak semua mampu mencapainya. Semua tergantung dengan usaha dan kerja keras juga tentunya. Perlu kerja ekstra supaya kita tidak miskin.

Lantas sebenarnya apa penyebab yang membuat penduduk negara ini dilanda kemiskinan. Setidaknya ada tiga penyebab perilaku masyarakat yang berpotensi membuat miskin. Apa sajakah itu, berikut daftarnya! emoticon-Ngacir



1. Berlebihan Menghabiskan Uang

Ada sebagian orang yang gemar menghabiskan uang ketika mendapat gaji, tapi lupa dengan menabung dan investasi. Apalagi di tempat TS tinggal di mana saling pamer seakan sudah jadi budaya di sini.

Orang-orang berlomba membeli barang seperti motor, TV dan lain sebagainya. Mereka berani membeli kredit meski hanya seorang buruh pabrik. Ketika kontrak habis, pendapatan terhenti dan mereka pun tidak punya tabungan.

2. Menyepelekan Pendidikan

Ini mungkin terdengar biasa, tapi efeknya jangka panjang. Masih banyak pelajar yang tidak serius dalam belajar. Masa bodo dengan nilai, yang penting lulus dan dapat ijazah. Ada anggapan yang berkata, "Nilai cuma angka."

Ya, memang benar nilai cuma angka. Tapi setidaknya kalau nilai kita tinggi, itu bisa membantu untuk masuk ke perusahaan tertentu atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nilai cuma angka, tapi bukan berarti bisa kita anggap remeh ya gan.

3. Pola Pikir Pesimis

"Wajar dia mah orang kaya bisa beli mobil, kita mah orang miskin bisa apa."

Plis, stop berpikir kaya di atas. Semua orang bisa beli mobil, bisa kaya raya asal ada usaha. Dikira orang kaya beli mobil uangnya jatuh dari langit? Kalau belum usaha jangan dulu bilang gak bisa.

Alasannya karena "miskin" dan "susah" padahal dirinya sendiri saja yang malas usaha. Kalau memang ada motivasi pasti bisa kok beli mobil. Jangan dulu berpikir pesimis, jangan karena kita dari keluarga miskin terus kita merasa gak bisa. Pola pikir seperti itu malah membuat kita mewariskan kemiskinan dari orang tua kita.

4. Membuat Banyak Anak Tanpa Persiapan

Poin ketiga ini sudah sering TS bahas tapi akan sedikit TS bahas kembali. Membuat banyak anak tanpa perhitungan yang matang juga jadi penyebab kemiskinan. Dengan pendapatan pas-pasan, tabungan tidak ada tapi anaknya sudah tiga.

Akhirnya sang anak jadi tumbuh dengan makan dan pendidikan seadanya. Ketika dewasa pun kalah saing dengan anak lainnya, bila tidak memiliki motivasi yang kuat maka anak itu hanya akan menambah kemiskinan.

5. Lapangan Pekerjaan Yang Masih Terbatas

Ini juga pernah TS bahas. Ada dua perspektif mengapa lapangan terbatas. Pertama, para pekerja yang kesulitan mencari pekerjaan. Kedua, perusahaan yang kesulitan merekrut pekerja karena kurangnya kualitas SDM.

Masih banyak juga orang yang gengsi dan enggan mencoba pekerjaan tertentu. Tapi di sisi lain juga mereka malas berinovasi. Gak punya kemampuan dan skill tapi kerja milih-milih. Maunya gimana?

Jadi pengangguran bisa banyak bisa karena memang lapangan pekerjaan sedikit, bisa juga karena pekerjanya malas mencoba. Kemiskinan pun tak terhindarkan.


Sumber Gambar

Intinya, miskin itu pilihan gan. Semua orang bisa bangkit dari kemiskinan kalau ada usaha. Banyak kok orang-orang sukses yang dulunya hidup susah. Yang seperti itu harusnya jadi motivasi.

Itu saja yang bisa TS bagikan, kalau menurut kalian gimana gan? Apalagi yang bisa membuat orang jadi miskin?emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jlannister
screamo37
Smarf
Smarf dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.