ih.sul
TS
ih.sul
Setuju Nggak Kalau Gaji Pensiun DPR Dihapuskan?


Seorang ojek online asal Surabaya bernama Ahmad Agus Rianto baru-baru ini menyampaikan keluhannya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Keluhan yang dia sampaikan berhubungan dengan gaji pensiun seumur hidup yang diterima oleh para anggota DPR dan pejabat tinggi lainnya. Singkat cerita, dia berharap pemerintah menghapuskan gaji pensiun yang mereka terima seumur hidup.

Ada banyak alasan yang mendasari keputusan Ahmad. Yang pertama, anggota DPR hanya bekerja selama 5 tahun namun mendapat uang pensiun seumur hidup. Jika dibandingkan dengan PNS yang harus bekerja puluhan tahun agar bisa mendapat gaji pensiun, rasanya tidaklah adil.



Yang kedua, dengan jumlah hutang negara yang terus meningkat dan subsidi yang terus berkurang, akan bijaksana bagi pemerintah untuk memangkas anggaran yang tidak perlu. Dalam hal ini, gaji pensiun untuk DPR dianggap sebagai hal yang terus memberatkan keuangan negara.

Yang ketiga, masih banyak fasilitas umum yang tidak gratis untuk masyarakat miskin seperti rumah sakit maupun sekolah. Seharusnya pemerintah lebih mengutamakan fasilitas umum yang penting demi mensejahterakan masyarakat kurang mampu.



Dan yang terakhir, jumlah gaji bulanan dan tunjangan yang dimiliki DPR selama masih aktif menjabat sudah sangat cukup untuk tabungan hari tua. Jika gaji pensiun merupakan penghargaan yang diberikan negara pada pengabdi negara, maka dokter dan guru di daerah terpencil jauh lebih berhak mendapatkannya. Begitulah kata Ahmad.

Gugatan tersebut sudah sampai dan tengah diproses oleh MK. Apakah akan berhasil atau tidak, kita tunggu saja kelanjutannya.

Meski demikian, sebenarnya seberapa banyak mantan anggota DPR yang menjadi beban anggaran negara? Berapa banyak sebenarnya gaji pensiun seorang anggota DPR?



Pada periode 2019-2024, ada 575 anggota DPR yang menjabat dengan gaji pokok 4,2 juta per bulan. Besaran uang pensiun mantan anggota DPR adalah 60% dari gaji pokok alias 2,52 juta per bulan. Ini hanya untuk DPR yang tidak merangkap jabatan. Anggota DPR dengan jabatan ketua mendapat lebih banyak.

2,52 dikali 575 sama dengan 1,45 milyar. Karena DPR hanya menjabat 5 tahun maka bukan tidak mungkin setidaknya ada 6 generasi DPR yang harus diberi gaji pensiun sehingga totalnya bisa menjadi 8,7 milyar setiap bulan. Itu hanya gaji anggota DPR, belum anggota DPRD dan pejabat-pejabat lainnya.

Menurutmu apakah itu jumlah yang akan membebani anggaran negara? Tulis pendapatmu di bawah.

sumursumur
Diubah oleh ih.sul 11-09-2022 02:52
screamo37AdventureOnethecrawler
thecrawler dan 81 lainnya memberi reputasi
80
11.3K
427
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.