Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/631be8d9392eae01e8622449/merasa-nyaman-sendirian-dan-cenderung-menutup-diri-ini-kerugian-tidak-punya-teman
Apakah terlalu nyaman hidup sendirian dan cenderung menutup diri itu baik untuk dilakukan? Ini dia kerugian tidak memiliki teman Manusia makhluk sosial, tentu Agan dan Sista sudah paham dengan ketetapan dan kodrat ini. Memang benar, setiap orang membutuhkan orang lain entah sekecil apapun itu aktifitas yang dilakukan. Mau tidak mau seseorang dituntut untuk melakukan interaksi dengan orang sekitar,
Lapor Hansip
10-09-2022 08:31

Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman

icon-verified-thread
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
Apakah terlalu nyaman hidup sendirian dan cenderung menutup diri itu baik untuk dilakukan?
Ini dia kerugian tidak memiliki teman


Manusia makhluk sosial, tentu Agan dan Sista sudah paham dengan ketetapan dan kodrat ini.
Memang benar, setiap orang membutuhkan orang lain entah sekecil apapun itu aktifitas yang dilakukan.

Mau tidak mau seseorang dituntut untuk melakukan interaksi dengan orang sekitar, meskipun kemudian ada orang yang melabeli dirinya dengan istilah introvert.

Introvert sendiri memiliki arti kecenderungan seseorang yang suka menyendiri, lebih nyaman dan tenang saat berada jauh dari hiruk pikuk banyak orang, dan biasanya orang yang melabeli diri mereka introvert mempunyai sikap lebih berhati-hati dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Mereka juga berusaha untuk seminimal mungkin berinteraksi dengan orang sekitar atau bahkan lebih menyukai untuk hidup sendiri atau menarik diri dari peradaban.

Tentu tidak ada yang salah dari sifat introvert ini sendiri GanSis, karena orang-orang yang memiliki sifat-sifat tersebut biasanya lebih mandiri, tidak bergantung dengan orang lain, dan bisa mengerjakan sesuatu yang orang ekstrovert tidak bisa lakukan.

Namun, meskipun tidak ada yang salah dari orang yang introvert ada beberapa hal yang membuat seseorang yang introvert itu tidak rasakan dan bisa disebut mengalami kerugian.

Tidak memiliki teman atau sedikit memiliki sahabat, adalah kemungkinan yang terjadi pada orang-orang yang introvert, dan ternyata ada beberapa kerugian dari tidak mempunyai teman itu sendiri GanSis.

Apa kira-kira kerugian tidak punya teman?
Berikut ini beberapa diantaranya.


Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman


1. Sulit Meminta Bantuan

Saat seseorang memiliki sifat introvert mereka akan sulit untuk berbaur dengan orang sekitar sehingga sulit untuk mendapatkan teman yang bisa satu frekuensi.

Ketika seseorang yang introvert tidak memiliki teman atau hanya berteman dengan sedikit orang maka mereka akan kesulitan untuk meminta bantuan dari orang lain, meskipun orang introvert memang hanya membutuhkan bantuan saat mereka benar-benar sudah kepepet tidak bisa melakukan sesuatu sendirian.

2. Memendam Masalah Sendirian

Menceritakan masalah yang sedang dihadapi kepada orang lain yaitu sahabat dekat atau teman memang tidak selamanya baik jika salah menceritakan kepada orang yang kurang tepat.

Tetapi terkadang menceritakan masalah untuk mendapatkan solusi itu juga perlu GanSis, sebab masalah yang dipendam sendirian itu tidak baik karena dapat menjadi beban pikiran bagi Agan dan Sista.

3. Tidak Merasakan Hangatnya Pertemanan

Meskipun di dalam sebuah pertemanan akan selalu ada yang namanya konflik tapi hangatnya pertemanan itu tidak kalah bermakna GanSis. Bersama teman seseorang dapat bercanda, bertukar pikiran, bertukar cerita dan pengalaman, serta masih banyak yang lainnya.

Seseorang yang introvert tidak akan mempunyai pengalaman tersebut karena memang mereka menjauhkan diri dari sesuatu yang riuh dan merasa lebih nyaman saat sendirian dan menikmati hidup dengan membuat cerita mereka sendiri.

Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman


Meskipun ada beberapa kerugian dari tidak memiliki teman karena introvert tetapi orang introvert juga memiliki banyak kelebihan tersendiri GanSis.

Orang yang introvert akan terhindar dari bermasalah dengan orang lain serta tidak perlu repot memikirkan omongan orang karena mereka tidak merasa bergantung dengan orang lain.

Memang terdengar atau terlihat karakter orang introvert ini lebih ke angkuh atau anti sosial, meskipun sebenarnya mereka tetap memiliki perasaan simpati dan empati terhadap orang lain yang memang ditunjukkan dengan cara yang berbeda.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan dari Agan dan Sista semua.


Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.5K Anggota • 916.1K Threads
Halaman 3 dari 4
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 16:05
Quote:Original Posted By MemoryExpress
Ane tambah tua jadi introvert dengan sendirinya
emoticon-Matabelo kebanyakan sih begitu

Quote:Original Posted By MasterSims
makin tambah umur, pertemanan makin berkurang, circle makin bekurang, ya paling berteman sama yg penting2 saja atau fokus ke keluarga, nah kalo misal temannya gak ada yg penting harus bagaimana???? 😂
emoticon-Matabelo ya gak papa gan

Quote:Original Posted By ytbjts
Ga ada salahnya untuk jadi introvert... Mau intro ekstro punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing gan..
Dan ga ada pure intro atau ekstro. Adanya dominan. Jadi bisa kok intro atau ekstro disesuaikan klo kondisi nya mengharuskan...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-2 Jempol betul banget itu gan

Quote:Original Posted By ytbjts
Masak masak sendiri
Makan makan sendiri
Cuci baju sendiri
Tidurpun sendiri
Cinta aku tak punya
Kekasihpun tiada
Semuanya tlah pergi tak tahu kemana
Hidup terasa kaku bagaikan angka satu
Meranalah kini merana


Masak masak sendiri
Makan makan sendiri
Cuci baju sendiri
Tidurpun sendiri
Aduh .... du dududu ooo
Ingin rasanya diriku
Bercinta seperti dulu
Tapi ku takut gagal lagi
Aduh duh dududu .. ooo
Kemana harus kemana
Diriku membuang sepi
Yang selalu menyiksa diri
Atau ku relakan begini

emoticon-Kaskus Radioemoticon-Kaskus Radio
emoticon-Ngakak malah nyanyi

Quote:Original Posted By bunbun123456
Pas muda gw ektrovert banget
Pas udah tua gene napa gw enakan sendirian ya
Suka emosian klo denger2 berisik gitu
emoticon-Matabelo udah mulai beda gan jiwanya
0 0
0
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 16:05
Quote:Original Posted By senangwae
Ga ada yang ajak jalan dan traktir tiap weekend emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakaknnah

Quote:Original Posted By simo86
Introvert klo banyak duit gak masalah,ada urusan apa2 tinggal grlontorin duit....kelar urusan emoticon-Leh Uga

Nah klo melarat.... bayangin sendiri dahemoticon-Leh Uga

Tetapi Ndak apa2....jika itu merupakan jalan ninja nya emoticon-Ngacir
emoticon-Matabelo iya juga ya

Quote:Original Posted By wiskey31
Ada hak sodara & tetangga yg hrs kita tunaikan
emoticon-Matabelo gitu ya gan
0 0
0
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 16:38
Gak bisa minjem duit emoticon-Frown
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:02
Orang begini mungkin emang ga punya teman bre, tapi mereka malah lebih dari cukup dengan punya yg namanya sahabat.
Jadi nilai keduanya sudah berbeda jauh., belum lagi mereka cenderung lebih mandiri dan tidak dipusingkan oleh urusan orang lain.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:04
Quote:Original Posted By numpang.komen
Gak bisa minjem duit emoticon-Frown
emoticon-Ngakak buset, temenan cuma mau pinjem duit

Quote:Original Posted By zerro27
Orang begini mungkin emang ga punya teman bre, tapi mereka malah lebih dari cukup dengan punya yg namanya sahabat.
Jadi nilai keduanya sudah berbeda jauh., belum lagi mereka cenderung lebih mandiri dan tidak dipusingkan oleh urusan orang lain.
emoticon-Matabelo bener banget itu gan, mereka cuma butuh beberapa sahabat
0 0
0
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:08
Bener skali efek tdk punya tmn
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:16
Malahan orang penyendiri itu lebih cerdas dari pada orang yg punya sosial tinggi.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:25
Malah enakan juga sendiri Happy nya Doublle.

Terlalu banyak teman juga ga guna kan.

Orang orang introvert itu mereka cerdas gamau nyia nyian waktu buang waktu sama orang ga jelas. Selektif melakukan sosialisasi ga gampang cocok sama orang baru selalu menganalisa lawanya

Saya hanya mau berteman dengan orang yang menurut saya punya point edukasi dan pengaruh baik.

Kalo cuma ngumpul leha lehe ketawa cerita ga jelas.. Buang buang waktu woy 😂😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:36
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 17:53
less friend less drama sih katanya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 18:11
Well selama tidak punya teman tidak masalah , selama punya tetangga yang baik dan rukun dengan warga sekitar.

Teman itu variannya banyak namun rata-rata hanya pada waktu yang tepat saja, teman bila ketemu masalah meluangkan waktu, tenaga, pikiran itu pasti sering ditepis,meskipun diri sendiri sering meluangkan hal tersebut.

Teman masa kecil, teman masa sekolah, teman masa les, teman masa eskul, teman di jalan, teman seperjalanan, teman kos, teman ngekos, teman masa kuliah, teman setongkrongan, teman mabuk, teman nyuri, teman masa remaja, teman bekerja dll. Dalam hal tersebut mereka ramah hanya pada saat itu, setelah terpisah bakal banyak yg berubah.

Sejak dulu berteman itu untuk mencari celah keuntungan, selain itu mah tunggu dulu. Di artikel sebelah aja ngequote " di luar teman disini anda pelanggan, Hiroshima hancur karena bom, warung hancur karena bon "
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 18:23
its oke lah selagi bisa di handle sendiri kenapa butuh orang lain .. emoticon-Big Grin
lagian nyari temen susah susah gampang sih ..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 18:27
Nggak punya tempat bertukar pikiran, Gan. Akibat buruknya untuk jangka panjang jadi cepat pikun. Walupun introvert dan kurang suka bergaul setidaknya biasakan bicara sama orang lain setiap hari. Small talk gpp lah seenggaknya ngobrol. Sebentar juga gpp.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 18:43
padahal mah enakan enak enak berdua daripada sendirian
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 19:04
tambahan..
ga sadar.. klo udah umur 40+, pasti sakit2 an..
klopun olahraga, misalkan fitness, atau cuma tennis, atau apapun itu..
tetep aja, namanya sakit, ga ada yg tau..
terus, mau sendiri gitu? berobatnya?
gw sih ga mau hidup sendiri..
klo perlu, 1 negara, hidup bareng gw..
wkwkwk
ngeri sendirian..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 19:26
hati2 punya teman juga, entar backstabbing, banyak kasus yg begitu. begitu di percaya, kita cerita semua. lalu kita berbuat salah dikit, di bongkar semua curhatan enteemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
masnukho dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 20:27
emoticon-Lempar Bata emoticon-No Hope
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 21:02
ikuuuuuuut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 21:04
Kalo menutup diri karena pengalaman?
Pngalaman yg berkali2 merasa dikhianati, dimanfaatkan dan ditipu, gak hanya soal asmara, juga soal sosial pada umumnya, dan akhirnya hanya bisa mengadu ke Tuhan. Karena semua pertanyaan2 yang awalnya dicari jawabannya jalan buntu.
profile-picture
profile-picture
jicho22 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Merasa Nyaman Sendirian dan Cenderung Menutup Diri? Ini Kerugian Tidak Punya Teman
10-09-2022 21:13
Saya intorvert, dan DIY Mania, apa-apa juga dilakuin sendiri, orang yg banyak minta tolong ke saya, bukan sebaliknya, saya mandiri, karena itu saya juga mudah minta tolong ke orang.

Sudah berkeluarga, udah punya temen yakni istri dan anak, orang lain jadi biasa aja, yang penting tetap bermasyarakat.

Kekurangan introvert yg merugikan saya banget itu ketika kuliah, bener-bener gk nyaman, dan membosankan, alhasil saya kuliahnya gk selesai, drop out, saya hengkang dari kampus, memilih wiraswasta.
Diubah oleh luxm4n
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Movies
plan-75
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia