• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pro Kontra Razia Rambut di Sekolah, Ini yang Harus Dilakukan Jika Masih Diterapkan
Alih-alih aturan razia rambut tetap dilakukan untuk kedisiplinan dan ketertiban, ini yang harus diperhatikan jika masih akan diterapkan


Pro kontra razia rambut di sekolah, aturan ini sebenarnya telah ditentang oleh banyak orang sejak zaman dulu sampai dengan sekarang.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwasannya di sekolah Indonesia terdapat sebuah aturan yang sudah menjadi kebiasaan yaitu razia rambut terkhusus bagi siswa laki-laki dan ini bermula dari Sekolah Dasar, SMP, dan SMA sederajat.

Aturan razia rambut tersebut biasanya akan dilakukan oleh guru setiap beberapa Minggu sekali setelah sebelumnya diberikan peringatan kepada para siswa yang memiliki rambut gondrong atau tidak rapih.

Adapun alasan dari diadakannya razia rambut bagi para siswa di sekolah adalah untuk menertibkan kedisiplinan dan kerapian GanSis, hanya saja memang cara razia rambut yang dilakukan oleh Guru inilah yang seringkali menjadi sorotan dan berujung pro kontra karena dianggap tidak sebagaimana mestinya dilakukan.

Tidak jarang para orang tua atau wali murid merasa tidak terima saat anak-anak mereka dalam keadaan rambut kepalanya dipelonco atau dipotong dengan tidak rapih.




Sebenarnya dapat dikatakan tidak ada yang salah dari adanya aturan razia rambut di sekolah GanSis, selama memang dilakukan dengan baik dan benar oleh Guru.

Bagaimana aturan razia rambut ini dapat dikatakan baik dan benar?
Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan jika memang razia rambut akan tetap diterapkan atau dilakukan di sekolah.


1. Memberikan Peringatan

Sebelum mengadakan razia rambut di sekolah Guru diharapkan memberikan kurang lebih dua atau tiga kali peringatan kepada siswa-siswa yang memiliki rambut panjang atau gondrong dan tidak rapih GanSis. Peringatan ini berhak dilakukan oleh Guru dan diterima oleh siswa agar ada kesempatan bagi siswa untuk merapikan rambutnya sendiri.

2. Tidak Sembarang Pangkas

Sebagaimana tujuan dari diadakannya razia rambut adalah agar siswa terlihat lebih rapih, disiplin, dan tertib maka para Guru juga tidak boleh atau tidak bisa untuk asal pangkas rambut siswa dengan acak-acakan atau asal-asalan.
Pangkas rambut siswa dengan beraturan agar setelah mereka sampai di rumah dapat dirapikan dan tidak menjadi tindakan perpeloncoan.

3. Menyampaikan Kembali Maksud dan Tujuan Aturan

Sudah sepantasnya sebagai seorang Guru tidak bosan-bosan untuk menyampaikan maksud dan tujuan baik dibuatnya sebuah aturan termasuk dengan aturan razia rambut di sekolah.
Usia anak-anak sampai dengan remaja memang masa yang cukup sulit untuk mengerti dan mengikuti aturan, itulah sebabnya kesabaran Guru diuji berkali-kali oleh murid-muridnya.

4. Mempertimbangkan Perasaan Wali Murid

Bagi seorang Guru, murid di sekolah sudah dianggap sebagai anak sendiri yang wajib dididik dan dinasehati.
Tentu menasehati anak bisa dengan cara baik-baik atau dengan teguran jika memang sudah keterlaluan, tapi untuk hukuman yang "kurang" manusiawi seperti mencukur rambut tidak beraturan juga akan melukai perasaan dari siswa dan wali murid.

Jika memang Guru tidak peduli terhadap perasaan siswanya, maka perasaan wali murid harus dijadikan sebagai pertimbangan. Akan sangat lebih baik razia rambut dilakukan dengan cara yang tepat yaitu dengan mencukur atau memangkas rambut sesuai aturan.



Itulah GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Guru jika memang aturan razia rambut di sekolah masih akan diterapkan.

Aturan razia rambut ini memang baik untuk memberikan pelajaran kepada para siswa untuk selalu rapih, disiplin, dan juga tertib dengan aturan-aturan yang ada.

Tentunya aturan razia rambut yang dilakukan dengan cara yang manusiawi lah yang boleh dan bisa diterapkan di sekolah, sedangkan untuk razia rambut yang asal-asalan sudah sebaiknya untuk tidak dilakukan karena selain mengundang pro kontra juga memiliki dampak buruk bagi anak dan melukai hati wali murid.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
martenvdbroek
myasanmia
opicke
opicke dan 36 lainnya memberi reputasi
37
17.8K
359
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.