• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Mitos Ataukah Fakta) Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin, Ini Jawabannya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
(Mitos Ataukah Fakta) Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin, Ini Jawabannya!


Gara-gara bensin naik pengguna motor semakin sensi dengan ketersediaan bahan bakar di kendaraannya. Mungkin nggak hanya motor, kendaraan lain pun akan bernasib sama, mogok ditengah jalan dan harus di dorong menuju stasiun pengisian bensin umum (SPBU).

Tapi ada mitos lama yang berkembang dimasyarakat tentang motor injeksi jika kehabisan bensin akan sangat berbahaya terhadap kondisi mesin dan kelistrikannya bila tangki benar-benar kosong sama sekali. Benarkah demikian, gan?

Untuk aktifitas sehari-hari saya juga pemakai motor jenis injeksi tapi Alhamdulillah belum pernah 'tega' sampai motor saya benar-benar kehabisan bensin. Selama 20 tahun memakai motor saya belum pernah tuh yang namanya mendorong motor karena kehabisan bensin dijalan (karena saya punya prinsip kalau sudah jalan paling males untuk mencari dan mengantri di pombensin), bensin tinggal seperempat terlihat diindikator saja saya sudah gelisah, hehe.



Lalu saya coba cari informasi di forum yang mengulas hal tentang otomotif khususnya motor berteknologi injeksi dan didapatkan jawaban yang rasanya perlu juga saya share disini. Lanjut dibaca ya, gan biar nggak kemakan mitos lagi.

Motor berteknologi injeksi memang sudah memiliki sensor tapi sistem injeksi yang masih menggunakan bahan bakar bensin itu tetap memakai pompa. Secara teorinya kalau bensin habis, ya tinggal kita isi saja seperti kendaraan lain yang menggunakan bahan bakar cair, ikut mengantri dipombensin.

Yang justru dikhawatirkan adalah kotoran yang mengendap di dasar tangki saat benar-benar kehabisan bensin sampai 0 persen, maka kotoran yang mengendap di dasar tangki tadi ikut tersedot dan akhirnya membuat motor berjalan kasar dan motor pun jadi mogok.



Kalau kejadiannya sudah seperti ini sebaiknya langsung bawa ke bengkel terpercaya untuk dikuras bensin, mengganti filter dan membersihkan saluran yang biasa dialiri bensin. Biayanya cukup besar dan butuh waktu yang cukup lama.

Jadi terjawab sudah kalau bensin sampai benar-benar habis di motor injeksi tidak ada hubungannya dengan sensor dan kelistrikkannya, tapi hanya bermasalah pada saluran bensin yang tersumbat oleh kotoran dan itu tinggal dibersihkan kembali atau filter juga bisa diganti dengan yang baru jika sudah tidak layak pakai.

Jadi solusi mencegah agar tidak keha isan bensin dan motor jadi mogok adalah menjaga ketersediaan bensin dalam tangki dengan melihat indikator bensin jangan sampai nyaris dititik nol (0) dan membeli bensin ditempat terpercaya agar bensin yang dibeli benar-benar berkualitas tidak banyak mengandung kotoran.




Sebuah opini
Img. Gugel





Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 06-09-2022 03:59
fredielogan14
muhamad.hanif.2
ran4urlife
ran4urlife dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.