• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pentingnya Sopan Santun di Tengah Zaman yang Modern, Jika Tidak Maka Ini Resikonya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pentingnya Sopan Santun di Tengah Zaman yang Modern, Jika Tidak Maka Ini Resikonya
Norma kesopanan menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki di era modern, ini resikonya jika tidak memiliki sopan santun


Norma kesopanan atau sopan santun, dapat dikatakan merupakan sebuah kaidah dan aturan hidup yang mengatur sekelompok orang yang berada di ruang lingkup tertentu sesuai dengan aturan, perintah, larangan, kebiasaan, dan sanksi tertentu.

Norma kesopanan sendiri biasanya di setiap daerah memiliki perbedaan tertentu, tergantung dengan kebiasaan, lingkungan, dan juga waktu.

Diterapkannya norma sopan santun juga merupakan bentuk dari panduan dan tatanan hidup GanSis, agar manusia dapat lebih teratur dalam menjalankan hidup bersosial.

Membahas tentang norma sopan santun, di era modern ini mulai mengalami kemunduran akhlak pada generasi mudanya GanSis.
Jika pada zaman dulu kita melihat anak-anak muda lebih sopan terhadap yang tua, dan santun saat berbicara, sekarang penampakan dan kebiasaan tersebut sulit untuk bisa dilihat secara langsung.

Kemunduran moral dan akhlak ini tentu dipengaruhi atas banyak hal, mulai dari hadirnya mudahnya budaya baru masuk, canggihnya teknologi, dan juga pergaulan yang semakin bebas tanpa batas.
Banyak anak-anak muda yang cenderung memiliki sifat terlalu berani dan kehilangan sopan santun sampai mereka bisa tidak menghargai keberadaan orang yang lebih tua, atau bahkan menghina orang sekitarnya tanpa ragu.




Jika ada yang mempertanyakan apa pentingnya memiliki sikap sokap dan santun, pasti banyak sekali jawabannya GanSis.

Namun, salah satu hal terpenting dari memiliki sikap dan perilaku sopan santun yaitu untuk membedakan antara mana manusia dan yang mana hewan.
Manusia dibekali akal dan pikiran yang dapat dikatakan sempurna, mempunyai perasaan yang diperuntukkan agar bisa saling menghargai dan menghormati orang lain.

Lalu apa resikonya saat seseorang tidak memiliki sopan santun terhadap sekitar, dan dampak terburuknya?
Berikut ini beberapa diantara resiko-resikonya.


1. Dinilai Negatif

Saat seseorang tidak memiliki sopan santun terhadap orang sekitar maka penilaian negatif bisa saja diberikan oleh orang-orang sekitar terhadap diri Agan dan Sista.
Orang lain tidak peduli seseorang sekaya apa, saat mereka tidak bisa menghargai orang lain maka tidak lebih orang tersebut hanya buntalan kosong tidak berisi.

2. Tidak Dipercaya

Sopan dan santun bisa membawa seseorang kepada kepercayaan GanSis. Seseorang akan lebih mudah percaya terhadap orang lain yang memiliki kesopanan karena mereka merasa dihargai sehingga orang tersebut percaya bahwa yang ditemuinya adalah orang baik.

Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki sopan santun, mereka akan langsung dicap tidak baik meskipun baru pertama kali berjumpa.

3. Tidak Disukai atau Dibenci

Sikap dan norma kesopanan akan membawa seseorang sejauh mana akan dihargai oleh lingkungan sekitarnya.
Jika orang tersebut acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar maka mereka tidak akan disukai atau dibenci, bahkan jika mereka bersikap tidak sopan maka akan lebih parah lagi orang sekitar dalam memperlakukannya.

4. Terjerumus Masalah

Ketika seseorang tidak memiliki sopan santun bahkan saat berbicara, maka mereka akan kehilangan kendali pada diri sendiri yang kemudian membawa pada masalah besar.
Gara-gara omongan yang tidak baik atau kurang sopan, seseorang bisa terlibat masalah dan bersangkutan dengan kasus hukum.



Itulah GanSis betapa pentingnya sopan santun dan resikonya jika seseorang tidak memiliki norma kesopanan di dalam kehidupan sehari-hari.

Mudah-mudahan kedepannya norma kesopanan ini bisa kembali dipupuk untuk tidak melunturkan sifat manusia sebagai makhluk yang luhur dan memiliki akal pikiran serta perasaan yang "sempurna".

Oke, semoga thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4

pard0
screamo37
fathroni
fathroni dan 52 lainnya memberi reputasi
53
14.8K
195
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.