c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Truk Maut Di Bekasi, Tewaskan 10 Orang! Apa Masalahnya?




Mendengar berita kecelakaan membuat kita yang sering berkendara jadi was-was, apakah ajal hidup kita akan berakhir di jalan?

Terlebih lagi hukum di jalan kalau tidak nabrak ya ditabrak, siapa yang salah dan lalai keduanya akan terlibat perseteruan. Terlebih banyak terjadi senggolan antar kendaraan di jalan, emosi tinggi, ngantuk, macet dan banyak hal membuat jalanan seperti medan perang.

Musibah memang tak pernah akan tahu kapan datangnya, maka aneh saja kalau manusia masih menepuk dada padahal dirinya tahu tidak akan hidup abadi dan pasti akan mati.



Kisah-kisah kecelakaan jalan banyak sekali terjadi setiap harinya, korban ada yang terluka hingga meninggal dunia. Tapi, jadikan ini pelajaran agar selalu hati-hati dalam perjalanan.

Sebelum membahas ke inti, kata temanku punya kawan kalau supir truk tronton dan sejenisnya, bila mereka terlibat kecelakaan maka mereka berdoa korban lebih baik meninggal di tempat. Entahlah, apa pembicaraan itu hanya sekedar omong kosong atau kenyataan, namun yang pasti kalau pengendara khususnya motor terlibat senggolan dengan tronton kalau tidak meninggal maka resikonya cacat seumur hidup.



Tentunya akan kasihan bila dirinya menjalani kehidupan dengan cacat, mentalnya pun akan jatuh, belum lagi tanggungan sang pengendara atau supir yang lalai juga semakin banyak. Mungkin ada beberapa yang dicover oleh asuransi, namun kadang uang pribadi juga ada yang keluar.

Karena ada tanggung jawab yang harus dipikul oleh sang pengendara, terlebih masalah ganti rugi dimana pihak yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib mengganti kerugian yang besarannya ditentukan berdasarkan putusan pengadilan.



kewajiban mengganti kerugian pada kecelakaan ringan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan dan/atau barang dapat dilakukan di luar pengadilan jika terjadi kesepakatan damai di antara para pihak yang terlibat.

Bahkan ada juga sanksi pidananya bagi pengemudi yang lalai, namun biasanya truk tronton yang membawa barang terlibat kecelakaan sering terjadi di jam ramai.



Sedangkan ada peraturan di pemerintahan daerah kalau jam ramai, truk bermuatan barang dilarang melintas. Biasanya diperbolehkan melintas untuk truk besar hanya pada pukul 20.00 sampai 06.00 pagi.

Namun seringkali peraturan ini dilanggar, seperti yang terjadi di Bekasi muatan truk yang membawa besi tak dapat dikendalikan dan akhirnya menabrak kerumunan orang di halte dan tower yang jatuh mengakibatkan kecelakaan susulan ketika tower tersebut menimpa sebuah mobil pick up.



Total ada 10 korban meninggal dunia dan 23 lainnya luka-luka akibat kecelakaan maut itu. 

Menariknya ketika diperiksa truk trailer maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Bekasi. Hasilnya, tidak ada masalah pengereman pada truk.

Lantas apa masalahnya?

Ada jalanan turunan sebelum TKP, dan beban truk sekitar 55 ton dan ini mengakibatkan rem susah untuk dikendalikan. Sang supir menggunakan gigi 7, dan sulit untuk mengerem diakibatkan beban yang terlampau berat, atau sebutannya over dimension overload (ODOL).

Supir memang menjadi tersangka dengan Pasal 310 ayat 4 Undang-Undang Lalu Lintas. Namun beban berat yang ia bawa tentu tak lepas dari para pengusaha, kenapa terjadi kelebihan muatan!



Tapi apakah ada cerita dibalik layar, bagaimana pengusaha truk akan memberikan jaminan kebebasan bagi pengendaranya? Atau, sang supir tetap ditahan dengan pasal yang berlaku? Kalau ada cerita-cerita dibalik layar ini bisalah di share pengalamannya.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Tambahan Kaskuser

Quote:


Quote:



Quote:
Diubah oleh c4punk1950... 02-09-2022 07:20
gitawitch
gepyan
Cucigosok
Cucigosok dan 33 lainnya memberi reputasi
34
9.6K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.