• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Burger Terbuat dari Daging, Tomat, Selada, dan Roti. Kenapa Disebut Makanan Sampah?

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Burger Terbuat dari Daging, Tomat, Selada, dan Roti. Kenapa Disebut Makanan Sampah?


Ini sebenarnya pertanyaan berbau komedi yang sering saya lihat di forum meme, tetapi cukup menarik untuk dibahas kebenarannya. Kenapa banyak orang menyebut burger sebagai junk food padahal bahan-bahan penyusun burger semuanya merupakan bahan bernutrisi tinggi?

Mari tinjau kembali bahan-bahan penyusun burger. Ada banyak jenis burger, tetapi bahan-bahan pembentuk burger biasanya terdiri dari roti, patty, tomat, selada, acar, bawang putih, dan juga keju. Roti terbuat dari tepung terigu dan mengandung banyak karbohidrat. Patty biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, mengandung banyak protein dan lemak. Lalu ada sayur yang kaya vitamin dan protein. Terkadang juga ada keju yang kaya akan kalsium.



Pertanyaannya, di mana letak junk dari semua bahan-bahan itu?

Kalau dipikirkan secara mentah, seharusnya burger tidak bisa diklasifikasikan sebagai junk food. Namun jika sudah masak, bahan-bahan sehat pun bisa berubah berbahaya.

Bahan-bahan penyusun burger memang punya banyak khasiat, tetapi terlalu banyak khasiat bisa berubah menjadi racun. Dalam kasus burger, semua bahan yang ditumpuk menjadi satu ini ternyata menghasilkan kalori yang begitu tinggi dalam satu porsinya. Menurut riset kesehatan, 100 gram burger mengandung 300 kalori, setara dengan sebungkus Sarimi isi dua. Sebagai catatan, satu porsi burger biasanya punya berat 200-300 gram.



Sama seperti indomie, burger itu rasanya enak sehingga orang-orang ketagihan untuk memakannya setiap hari, bahkan tiga kali sehari. Dengan kalori sebanyak itu tentunya terlalu banyak makan burger tak sehat bagi siapa pun.

Selain kalori, bumbu penyedap ekstra juga perlu menjadi perhatian. Burger adalah makanan asal Amerika dan orang-orang Amerika selalu suka menambah saus atau kecap ke makanan mereka. Well, orang Indonesia juga suka melakukan itu. Selain saus, orang Amerika juga suka menambahkan mayonaise dan mustard yang membuat kadar gula dalam makanan menjadi sangat tinggi.



Kalori dan gula, dua hal itu adalah racun bagi tubuh jika dalam dosis besar. Untuk orang-orang yang melakukan pekerjaan berat seperti kuli bangunan atau atlet, kalori sebanyak itu mungkin tidak masalah, tetapi mayoritas orang lebih baik menjauh dari burger. Khasiatnya banyak, tapi bahayanya tidak kalah banyak.

Singkat cerita, apa pun jika dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Sekian dan terima kasih.

sumur
Diubah oleh ih.sul 27-08-2022 00:37
fathroni
bukan.bomat
andrah.aja
andrah.aja dan 31 lainnya memberi reputasi
32
13.4K
210
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.