iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ternyata Nama Asli Makanan yg Kita Kenal Ini Bukanlah Pecel Lele (Akhirnya Terungkap)


Siapa disini punya selera makan kudapan macam pecel ayam dan pecel lele? Saya rasa, siapapun mulai dari kelas Sultan sampai kuli jalanan menyukai jenis makanan ini. Pecel ayam dan pecel lele umumnya dijual warung tenda pinggir jalan sore menjelang malam hari..

Tapi tahukah kamu makanan kudapan pecel ayam dan pecel lele yang kita kenal selama ini bukanlah nama sebenarnya? Yes, saya juga baru mengetahuinya tadi malam secara tidak sengaja menguping pelanggan lain yang juga memesan makanan pecel lele ditempat yang sama saya makan.

"Pak, pecak lelenya 2, pecak ayamnya 2, es teh 4 ya!"kata orang sebelah saya tadi. Saya fikir apa saya salah mendengarnya tapi kemudian tidak saya pedulikan karena pecel lele pesanan saya datang lebih dulu.

"Elo denger gak tadi, sebelah kita nyebutnya pecak lele, bukan pecel lele?" kata saya ke Rio teman sekantor. "Iya, gw denger... pecak, kenapa pecak ya?" balik tanya Rio kepada saya. Saya cuma menggeleng sambil fokus makan.

Hingga berapa menit kemudian kami selesai makan dan mendekati pak Eko penjual pecel ayam langganan kami yang letaknya persis dibelakang kantor. "Pak, emang pecak lele beda sama pecel lele?" tanya saya.

"Sama mas, sebetulnya yang benar ya pecak lele, bukan pecel lele.." jawab pak Eko. "Lah itu di spanduknya tulisan PECEL bukan PECAK?" tanya saya masih penasaran. "Nama PECEL mungkin sudah kadung dikenal masyarakat jadinya ya, ditulisnya pecel aja mas biar orang gak bingung."



"Pecak lele yang asli itu dulunya mirip khas Betawi, cara penyajiannya sambal tomat siram dibagian lele atau ayamnya, bumbunya sih sama aja," "Tapi karena ada orang yang senangnya dipisah sambelnya akhirnya jarang penjual menyiram sambal tomatnya langsung ke lele atau ayamnya,"

"Jadi kalau ada yang pesen nyebut pecak lele berarti dia minta sambalnya langsung disiram kebagian ikannya, dan lalapan tetap dipisah." "Penjual asli biasanya paham sebutan pecak lele, jadi penyajiannya akan sedikit berbeda," kata pak Eko.

Nah, sekarang pertanyaannya sekarang adalah sebenarnya makanan pecak lele atau pecak ayam ini asli dari daerah mana, ada yang bisa bantu jawab?




Sebuah opini
Ref. Pak Eko "Pecel lele s*tia"
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 23-08-2022 05:31
cheria021
nowbitool
obiw24
obiw24 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.