c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Fashion Kerudung Pakai Rok Mini, Netizen Pun Berceloteh!




Dunia fashion belakangan ini semakin aneh saja, maraknya pengguna penutup kepala karena trend, bukan karena memang aturan dari hukum ajaran tertentu, atau kebijakan dari sebuah kepercayaan.

Kita anggap saja fashion menutup kepala ini dengan nama kerudung, kenapa ane bilang kerudung?

Karena kerudung itu merupakan selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut pada perempuan. Jadi tidak berkaitan dengan kepercayaan apapun, dan dianggap salah satu trend fashion yang ada di dunia.



Sebab bila kita melihat kerudung-kerudung di dunia modelnya berbagai macam, kerudung di eropa, afrika, hingga India punya gaya khas tersendiri.

Terlebih kerudung di Indonesia biasanya dipadukan dengan kebaya, tapi kerudung yang biasa ada di nusantara biasanya dipakai untuk penutup kepala.

Di Indonesia sendiri sebelumnya sudah mengenal penutup kepala atau biasa disebut tengkuluk, biasanya lebih sering dipakai oleh suku-suku yang ada di kawasan melayu dan menyebar hingga ke penjuru nusantara.



Nama-nama penutup kepala ini tentu berbeda-beda dari tempat yang satu dengan yang lain ada yang menamakannya kerudung, kudung, tudung, tengkuluk, kuluk, tingkuluak, saong, bulang, passapu, tukus dan jong itu semua nama-nama penutup kepala perempuan di sini.

Yang terdata dalam catatan sejarah sejak abad 7, perempuan Jambi sudah mengenal penutup kepala dan juga menjadi tradisi di Minang Sumatra Barat hingga merambah ke Simalungun di Sumatra Utara.

Penutup kepala itu juga banyak dipakai di kawasan lain dengan nama yang berbeda-beda seperti tukus’ di masyarakat Lampung, passapu di suku Toraja Mamasa, ‘tudung’ di suku Karo, ‘saong’ di suku Batak Toba, ‘tatupung’ di suku Dayak Maanyan, Kalimantan Tengah, ‘jong bayan’ di masyarakat adat Bayan Lombok Utara, bahkan di daerah Sunda dan Jawa juga ada.



Namun berkembangnya waktu sisi politis dari pemakaian kerudung yang dikaitkan dengan kepercayaan tertentu, memaksa penutup kepala tradisional ini perlahan menghilang dari peredaran.

Berganti dengan penutup kepala yang lebih lebar, namun saat ini di Indonesia semakin marak tren penutup kepala ini hingga dipadukan dengan rok mini.

Sontak saja hal itu membuat netizen berceloteh, kalau dalam dunia fashion mungkin hal tersebut tren yang unik.



Tapi kalau dari kepercayaan tertentu maka nilai dari wanita yang berkerudung itu akan hilang, karena celana leggingnya terlalu ketat. Kalau tanggapan agan sendiri bagaimana?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







Diubah oleh c4punk1950... 22-08-2022 00:50
dchantiqueyeduokaprovocator3301
provocator3301 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
24.3K
353
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.