• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kelakuan Pemotor Kayak Gini tuh Memalukan & Menyebalkan, Setuju gak?

schofi.techAvatar border
TS
schofi.tech
Kelakuan Pemotor Kayak Gini tuh Memalukan & Menyebalkan, Setuju gak?
Setiap tahun, jumlah penjualan motor di Indonesia terbilang tinggi. Ini menyebabkan banyaknya jumlah pengendara motor di jalan. Sayangnya, di antara para pengendara motor itu, masih banyak banget yang kelakuannya gak baik, bikin malu, dan bikin sebel. Tingginya jumlah pemotor tidak diimbangi dengan edukasi soal etika berlalu lintas dan ilmu tentang motor mereka sendiri. Akibatnya, banyak kasus kecelakaan dan kasus perkelahian yang disebabkan oleh kelakuan pemotor yang gak beretika di jalanan. Parah banget, kan?

Coba kita absen, apa aja kelakuan pemotor yang memalukan dan menyebalkan:

1. Berkendara tidak tertib


Pic: https://awsimages.detik.net.id/commu...peg?w=700&q=90

Bawa kendaraan di jalan umum itu gak bisa asal punya SIM dan asal maju aja. Pengendaranya juga harus paham dan patuh peraturan, termasuk pengendara motor. Sayangnya, masih ada banyak banget pengendara motor yang gak mematuhi aturan alias gak tertib. Misalnya, gak nyalain lampu sein saat akan berbelok, berkendara di atas trotoar, tidak berhenti saat lampu merah, nekat menerobos perlintasan kereta api saat palang sudah ditutup, dll. Gak sekadar bikin malu, tindakan kayak gitu juga merugikan dan membahayakan diri sendiri serta orang lain. Yok, sama-sama pahami dan patuhi aturan lalu lintas.

2. Gak pake helm


Pic: https://media.beritagar.id/2018-06/o...c48d34e5b3.jpg

Nah, ini juga sama-sama kelakukan yang bikin malu dan bikin bahaya. Udah jelas ada aturannya bahwa pengendara motor dan yang dibonceng (kalo ada) wajib pake helm untuk perlindungan. Tapi rasanya setiap hari ada aja pengendara motor yang gak pake helm. Kesannya urakan banget, sok melanggar dan meremehkan aturan. Padahal peraturan itu juga diwajibkan demi keselamatan pengendara juga.

3. Kebut-kebutan di lingkungan umum


Pic: https://www.soloposfm.com/assets/dok...i-1024x667.jpg

Mentang-mentang motor lo bisa digas sampai kecepatan di atas 100 kilometer per jam, bukan berarti lo boleh ngegas dan ngebut di mana aja. Kebut-kebutan di lingkungan yang bukan semestinya bisa mengganggu dan membahayakan. Dikira keren kali ya bisa kebut-kebutan dengan kecepatan tinggi? Yang ada orang-orang malah emosi sama kelakuan kayak gitu. Kalo mau adu kecepatan, ikut balapan yang resmi dan jelas aja biar gak mengganggu.

4. Gak merawat motor


Pic: https://imgx.gridoto.com/crop/0x0:0x...2942827327.jpg

Bagian mesin emang gak terlihat langsung, tapi ini sangat berpengaruh terhadap performa motor itu sendiri. Kalo sampai mesinnya rusak akibat gak dirawat, jarang servis, dan ganti oli, lo sendiri yang malu dan susah, gan. Kebayang gak, lagi asyik jalan, tiba-tiba motor lo mogok karena mesinnya bermasalah? Apalagi kalo mogoknya di jalan yang sedang ramai, wah bakalan mengganggu banget sih. Kalo mesin motor lo masih bisa menyala & baik-baik aja meskipun gak dirawat & udah lama gak ganti oli, jangan bangga dulu. Justru itu bikin malu, lo punya motor tapi gak ngerti cara ngerawatnya. Ganti oli itu jangan nunggu mesinnya rusak, bray! emoticon-Berduka (S)Kalo mau olinya lebih tahan lama biar gak sering-sering ganti oli, coba pake oli ester. Jadi yang biasanya ganti oli setiap 2.000-3.000 kilometer, bisa ganti oli setiap 5.000 kilometer. Oli ester yang murah tuh biasa ada di Planet Ban, mereknya X-Ten.

5. Parkir sembarangan


Pic: https://1.bp.blogspot.com/-qzuu2JAIC...%2Basnawin.jpg

Bukan hanya berkendara di jalan aja yang ada aturannya, parkir juga ada aturan dan etikanya. Kadang suka ada pemotor yang gak ngerti aturan, asal-asalan banget parkirin motornya. Misalnya, parkir di pinggir jalan seenaknya, parkir di tempat parkir mobil, padahal tersedia tempat parkir khusus untuk motor, mana parkirnya mepet banget ke pintu mobil, parkir menghalangi jalan, parkir di trotoar, dll. Kelakuan kayak gitu bikin orang lain dirugikan dan jadi sebal. Kalo gak tahu di mana harus parkir motor, kan bisa bertanya pada security atau orang yang ada di sekitar lokasi.

6. Arogan

Konten Sensitif

Pic: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i...o-foto-ini.jpg

Ini sering terjadi kalo pemotor lagi riding beramai-ramai dengan komunitasnya. Mungkin karena jumlahnya banyak, jadi ngerasa menguasai jalanan terus bertindak seenaknya. Pengendara lain diminta ke pinggir dan memberi jalan. Please ya, itu jalan bukan punya lo. By the way, yang arogan tuh bukan hanya pengendara motor gede alias moge, pengendara motor non-moge pun ternyata banyak yang bertindak arogan dan bersikukuh gak mau taat pada aturan. Ingat, semua pengguna jalan memiliki hak yang sama, jadi jangan ngerasa yang paling berkuasa dan paling berhak buat arogan.

7. Malas mencuci motor


Pic: https://cdn-image.hipwee.com/wp-cont...or-kusam-1.jpg

Gue setuju kita gak boleh menilai sesuatu dari luarnya aja dan penampilan bukan segalanya. Tapi, kalo sampai ada motor yang kotor banget karena abis kena hujan atau emang berbulan-bulan belum dicuci, kebangetan sih. Gue sendiri lihat motor yang kotornya luar biasa suka ikut kebawa malu. Suka jadi mikir, “Ini orang terlalu malas mencuci motor sendiri atau terlalu pelit buat bayar jasa cuci motor ya?” Ngeri juga itu kotorannya mengkerak di body dan sebagian masuk mesin. Kalo gak punya waktu buat cuci motor, at least semprot aja deh body motornya pake air. Tapi kalo kotornya udah parah banget sih gak bisa dicuci pake air doang kayak gitu ya emoticon-Big Grin

Mudah-mudahan gue serta agan dan sista di sini gak termasuk pemotor yang memalukan atau menyebalkan, ya. Soalnya gue sendiri pun sering ngerasa emosi dan malu dengan kelakuan pemotor yang asal-asalan itu. Apakah kalian punya pengalaman dengan pemotor yang memalukan dan menyebalkan? Share di bawah biar emosinya tersalurkan, gan, wkwk.

emoticon-Ngakak

Diubah oleh schofi.tech 20-08-2022 16:45
nomorelies
zaka_rudin
esgrim.
esgrim. dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.