• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mana Lebih Baik, Asap Polusi Atau Asap Sate, Gan? (90% Orang Menjawab Salah!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mana Lebih Baik, Asap Polusi Atau Asap Sate, Gan? (90% Orang Menjawab Salah!)


Semua polusi mengeluarkan asap, itulah mengapa bila terhirup manusia bisa membahayakan tubuh, termasuk asap sate. Ya, sate makanan daging yang ditusuk dan dibakar dengan bara arang tidak lepas dari kata 'bahaya'. Tapi lebih bahaya mana antara asap polusi kendaraan, rokok dan asap sate, bisa jawab?.

Kandungan berbahaya pada kendaraan yaitu Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Hidrokarbon, Timbalserta partikel berbahaya lain. CO-nya dapat menyebabkan darah menurun efektivitasnya dalam membawa dan mendistribusi oksigen yang dibutuhkan tubuh, menghirupnya secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang jadi kekurangan oksigen, merusak jaringan tubuh, sesak napas dan fatalnya berakibat kematian.

Jika asap rokok, kandungan asap berbahayanya antara 4000-5000 macam jenis. Diantaranya ada Arsen, Formaldehid, Hidrogen Sianida. Lebih lengkapnya silahkan kamu cari di gugel, ya. Jangan malas.



Jadi menurut saya semua yg berasal dari hasil pembakaran biasanya bahaya. Bukan itu saja, asap dari sate pun meski baunya memang enak yang tercium disengaja atau tidak disengaja dalam waktu cukup lama dan sering ternyata asap sate memiliki senyawa bersifat Karsinogen atau memicu Kanker bernama Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH).

Bau asap sate ternyata juga sangat berbahaya, apalagi ketika kita sedang dalam keadaan lapar dan pingin beli tapi tidak punya uang. Wew. emoticon-Ngakak (S)

Tidak sampai disitu, daging satenya juga bahaya karena saat proses pembakarannya sering tertempel dengan arang bakaran yang ternyata juga mengandung senyawa karbon. Karbon ini adalah senyawa yang bersifat Karsinogenik (merusak DNA dan memicu kanker manusia).

Berkembang disebagian masyarakat setelah makan sate ada baiknya memakan banyak ketimun, buah naga, melon, atau semangka dimana air dan kandungan zat lainnya dimitoskan mampu menyetalkan senyawa karbon ini.



Jadi pertanyaannya sekarang adalah mana yang lebih berbahaya antara asap polusi dari kendaraan, rokok dan asap sate jawabannya adalah tidak ada yang lebih baik, sama-sama berbahaya. Maka jalan satu-satunya adalah kita harus menghindari atau menjauhkan diri dari paparan asap yang disebutkan tadi secara terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama.




Sebuah opini
Ref. Tkp1, Tkp2, Tkp3
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 12-08-2022 12:44
hansipjutek
rinandya
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.7K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.