• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • HUT RI ke 77 Sebentar Lagi, Ini Beberapa Jenis Lomba yang Seru dan Penuh Kenangan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
HUT RI ke 77 Sebentar Lagi, Ini Beberapa Jenis Lomba yang Seru dan Penuh Kenangan
HUT RI ke 77 tahun tinggal menghitung hari, ini beberapa jenis perlombaan yang penuh dengan kenangan


Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 tahun akan dilangsungkan pada hari Rabu, 17 Agustus 1945.

Sudah 77 tahun Indonesia merdeka, setelah para Pahlawan dengan perjuangan, pengorbanan, dan pemikiran, membawa masyarakat Indonesia saat ini pada kebebasan dan sejahteraan tanpa adanya lagi penjajahan.

Rasa syukur tentu saja sudah seharusnya dipanjatkan, berkat para Pahlawan terdahulu yang rela berkorban darah demi tanah airnya kini Indonesia bisa berdiri tegak dan kokoh menjadi sebuah negara yang berdaulat.

Sebagai bentuk peringatan terhadap momen bersejarah yang telah terjadi 77 tahun yang lalu, kini setiap tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya.

Upacara bendera, pentas seni budaya, perlombaan-perlombaan, dan berbagai macam acara diadakan setiap HUT RI dari tahun ke tahun begitupun dengan tahun 2022 ini.

Terhitung kurang dari satu Minggu lagi kita semua akan merayakan HUT RI yang ke 77 tahun, penyambutan dan persiapan pun sudah diadakan sejak beberapa hari yang lalu termasuk di tempat TS tinggal GanSis.

Acara-acara perlombaan kampung yang sering diadakan jelang kemerdekaan juga sudah diadakan, dan pasti Agan Sista sudah tidak asing dengan berbagai macam jenis pertandingan ini bahkan mungkin pernah ada kenangan di masa lalu.

Apa saja bentuk perlombaan yang biasa diadakan jelang hari Kemerdekaan?
Berikut ini beberapa diantaranya GanSis.




1. Panjat Pinang

Lomba pertama yang dari tahun ke tahun selalu diadakan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yaitu lomba panjat pinang GanSis.

Lomba panjat pinang sendiri identik sebagai perlombaan kelompok yang dilakukan oleh kaum pria, adapun cara permainannya para pria dalam satu kelompok harus bahu membahu untuk memanjat sebuah pohon pinang yang dilumuri dengan oli sampai dengan pucuk pohon dimana disana telah diletakkan beberapa jenis hadiah mulai dari hadiah kecil seperti peralatan rumah tangga sampai dengan door prize.

2. Tarik Tambang

Perlombaan kedua yang juga selalu diadakan saat jelang HUT RI adalah tarik tambang GanSis. Permainan ini tetap dilakukan secara berkelompok, hanya saja tidak cuma diperuntukkan bagi laki-laki melainkan juga perempuan dan untuk seluruh kalangan dari anak-anak, dewasa, sampai dengan orang tua.

Setiap kelompok bertugas untuk saling tarik menarik tambang, bagi kelompok yang melewati pembatas atau terjatuh dan terseret mereka dinyatakan kalah dalam perlombaan.

3. Makan Kerupuk

Pertandingan yang cukup lucu dan penuh kenangan terutama bagi TS.
Perlombaan yang diadakan setiap tahun jelang kemerdekaan ini mempertandingkan antara anak-anak, remaja, atau orang dewasa, untuk adu cepat makan kerupuk yang ditali pada tiang.

Peserta harus beradu cepat makan kerupuk yang digantung tanpa alat bantu, dan tidak boleh dipegang dengan menggunakan tangan.

4. Balap Karung

Perlombaan adu balap karung, ini juga menjadi salah satu jenis perlombaan yang penuh dengan kenangan GanSis.

Sejak zaman dulu sampai sekarang perlombaan adu balap karung tidak pernah luput untuk diperlombakan baik untuk anak-anak, remaja, atau dewasa.

Peserta pada lomba balap karung ini mereka harus masuk ke dalam karung kemudian adu cepat lari sampai batas yang sudah ditentukan oleh panitia.
Modifikasi perlombaan balap karung juga terjadi GanSis, saat ini lomba balap karung pesertanya duduk di dalam karung dengan diikat pada bagian leher, kemudian mengenakan helm dan beradu kecepatan lari jongkok.

5. Memasukkan Paku Dalam Botol

Lomba memasukan paku ke dalam botol, perlombaan ini membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan dari peserta GanSis.

Peserta harus jongkok untuk memasukan paku yang diikat menggunakan tali ke perut dan botol terletak di bagian bawah tubuh.
Pemenang dari perlombaan ini yaitu peserta yang berhasil memasukan paku ke dalam botol paling cepat dari peserta yang lain.

Konten Sensitif


Itulah GanSis beberapa jenis perlombaan yang diadakan jelang hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dari tahun ke tahun dan dari masa ke masa.

Masih banyak lagi jenis-jenis perlombaan jadul yang cukup seru untuk diperlombakan kembali karena memang dari setiap perlombaan tersebut memiliki makna dan arti yang mendalam, mulai dari kerja keras, kerjasama, keteguhan, dan semangat juang yang kesemuanya adalah keluhuran yang diajarkan dan diwariskan oleh para pahlawan terdahulu.

Oke GanSis mudah-mudahan HUT RI ke 77 tahun pada 17 Agustus 2022 besok berjalan lancar, dan doa terbaik untuk kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat tercapai kedepannya.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
cheria021
ami23164
MUF0REVER
MUF0REVER dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.