• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!

harrywjyy
TS
harrywjyy
Ikan Julung-julung, Si Kecil Yang Berani Melawan Arus! Berikut Faktanya Gan!

Sumber gambar: dunia-perairan.com

Ikan julung-julung adalah ikan yang hidup di air tawar dan senang berenang di permukaan air. Kebayangkan ikan ini ditemukan di danau, kali atau bahkan di selokan pun biasanya ikan ini ada.

Ikan julung-julung, memiliki bentuk tubuh yang panjang dan runcing. Ukurannya yang kecil membuat ikan ini terlihat seperti jarum. Yang unik dari ikan ini adalah bentuk mulutnya, bagian rahang bawahnya berukuran lebih panjang dan runcing dibandingkan dengan rahang atasnya.

Ikan bernama latin Hemirhampus Brasiliensisini juga sering dijadikan ikan hias karena bentuknya yang unik. Ikan julung-julung biasa memakan alga dan tumbuhan-tumbuhan kecil lainnya yang menyesuaikan dengan ukuran mulut.
Selain itu ia juga senang memakan serangga kecil yang hinggap di permukaan air seperti nyamuk dan sebagainya.


Sumber gambar: dahliagroup.co.id

Selain menghuni air tawar, ada pula ikan julung-julung yang menghuni lautan yaitu dari suku Hemiramphinae. Sedangkan yang menghuni air tawar berasal dari suku Zenarchopterinae. Ikan yang senang hidup dan berenang berkelompok ini sangat menarik untuk diperhatikan ketika muncul di permukaan air.

Keunikan dari ikan julung-julung adalah cara berenangnya yang melawan arus. Ya, sering banget TS lihat ikan ini sedang melawan arus. Waktu TS masih SD dulu sering banget lewat kali dan liat ikan ini lagi melawan arus. Selain itu, ikan ini juga betah berada di permukaan air. emoticon-Blue Guy Smile (S)

Tapi giliran ditangkap, ikan ini geraknya lumayan cepet gan. Bentuk ikan yang panjang kaya torpedo bikin ikan ini bergerak cepat di dalam air.


Sumber gambar: wikipedia.com

Karena TS suka main di kali dan di Empang pas kecil dulu, ikan ini lumayan memoriable di benak TS. Dulu sih senang-senang aja gangguin ikan ini berenang, abisnya dia berenang lawan arus dan akhirnya dia di situ-situ aja gak maju-maju.

Tapi kalo dipikir-pikir, ikan julung-julung punya makna sendiri gan. Biar kecil dia berani melawan arus. Seharusnya kita pun begitu, mau sekecil dan selemah apapun kita jangan takut untuk melawan arus dan mengikuti apa kata hati sendiri.

emoticon-2 Jempol

Segitu aja yang bisa TS share tentang ikan ini, gan. Semoga bermanfaat. Kalo kalian kapan terakhir liat ikan julung-julung? Apakah di daerah kalian masih banyak ikan ini?

Ayo tinggalkan jejak! emoticon-Blue Guy Peace


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
goeltom25338186badbironkcheria021
cheria021 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
7.2K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.