harrywjyy
TS
harrywjyy
4 Penyebab Seseorang Menjadi Agnostik. Kalian Termasuk?

Sumber gambar: elonnewsnetwork.com

Pernah dengar kata agnostik? Banyak yang menyamakan agnostik dengan atheis padahal keduanya itu beda. Menurut Wikipedia, agnostik adalah suatu pandangan bahwa ada atau tidaknya Tuhan adalah hal tidak diketahui dan tidak dapat diketahui.

Orang agnostik itu kaya orang bingung, ia masih memiliki kepercayaan kepada Tuhan tapi ia ragu karena tak ada bukti yang menunjukkan bahwa Tuhan itu ada. Sehingga ia jadi bingung sendiri dan memutuskan untuk berada di tengah-tengah. Ada juga yang mempercayai Tuhan, tapi tidak mempercayai agama.

Biasanya orang agnostik tidak beragama, mereka melepaskan diri dari keterikatan agama dan kepercayaan apapun. Lantas mengapa seseorang bisa menjadi agnostik? Berikut alasan-alasannya.emoticon-Blue Guy Smile (S)


Sumber gambar: buzzle.com

1. Kekecewaan Terhadap Agama

TS setuju bahwa agama di seluruh di dunia diciptakan untuk mengajarkan kebaikan dan Budi luhur. Tapi pada akhirnya ada hal-hal yang mengotori kesucian agama tersebut. Terkadang para pemuka agama tidak bertindak sesuai dengan ajarannya.

Agama itu seharusnya membuat dunia menjadi lebih damai. Tapi kenyataannya, agama justru memecah belah. Ada banyak konflik terjadi karena agama, dan dengan adanya agama pula muncul orang-orang yang merasa paling benar menghakimi orang lainnya.

2. Tidak Merasakan Keberadaan Tuhan

Banyak cerita-cerita ajaib dari orang-orang yang katanya mereka bisa melalui suatu kesulitan berkat pertolongan Tuhan. Tapi bagi orang agnostik tipe ini, Tuhan tidak pernah hadir di hidupnya saat ia sedang susah, sulit atau sedih. Tak peduli seberapa banyak mereka berdoa dan berusaha.

Mereka adalah golongan orang yang putus asa. Frustasi dengan kehidupannya, sampai akhirnya ia sadar bahwa yang bisa menyelamatkan dirinya adalah dirinya sendiri. Ia bisa bertahan karena usahanya, kerja kerasnya dan ketekunannya, bukan karena pertolongan Tuhan.

3. Sering Membandingkan Agama Satu Dengan Yang Lain

Karena sering membaca dan mencari tahu mengenai berbagai agama di dunia, maka ia membuat perbandingan. Dari perbandingan itu, ia pun sadar bahwa semua agama pada dasarnya mengajarkan kebaikan. Menyembah ke Tuhan yang sama hanya praktek beda.

Dan perbedaan itu menjadikan mereka merasa paling benar dan terjadilah konflik. Agnostik percaya bahwa Tuhan itu ada bukan milik satu agama, melainkan milik seluruh makhluk.

Maka dari itu, mereka percaya bahwa Tuhan menilai manusia berdasarkan sifat esensialnya seperti kebaikan, murah hati dan budi pekerti.

4. Ikut-ikutan

Diantara orang-orang agnostik, ada satu jenis orang yang menjadi agnostik karena ikut-ikutan. Karena menganggap ini adalah tren padahal tidak sama sekali.

Mengaku agnostik karena ingin beda dari yang lain. Ingin dibilang keren atau gimana entahlah. Orang-orang gini konyol sih, konyol sekonyol-konyolnya.


Sumber gambar: geotimes.id

Pendapat TS mengenai Agnostik.

Perlu digarisbawahi gan, jangan kalian membully atau menghakimi orang-orang agnostik. Karena sebenarnya mereka ini orang-orang yang sedang mencari kebenaran dan itu sah-sah saja karena kebenaran bagi setiap orang berbeda-beda.

Dengan membully mereka, justru secara tidak langsung malah menunjukkan bahwa anggapan mereka terhadap agama benar adanya.

Mereka tidak seperti Atheis yang memang dengan sombongnya mengklaim bahwa Tuhan tidak ada.

Adakah alasan atau penyebab lain yang TS belum sebutkan? Kalau ada silahkan tambahkan di komentar ya.

Kalau anda yang keliru, mohon koreksinya ya gan emoticon-Blue Guy Peace


emoticon-2 Jempol

Sekian dari TS, maaf kalau ada kesalahan kata. Terima kasih sudah menyimak.

Sumber: Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 11-08-2022 23:52
Hargo123jackmicerahma.syndrome
rahma.syndrome dan 31 lainnya memberi reputasi
30
16.3K
660
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.