marywiguna13Avatar border
TS
marywiguna13 
Kronologi Pengolahan Tempe Menjadi Berbagai Menu Masakan #RabuRandom


Mungkin sama halnya seperti orang Indonesia kebanyakan yang memang tinggal di Indonesia ataupun dengan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, tempe merupakan salah satu makanan favorit saya, selain jengkol dan kikil sapi tentunya. Dan jika ditanya olahan tempe seperti apa yang paling saya suka? Saya akan menjawab tempe yang digoreng, walaupun sebenarnya diolah dengan cara apapun saya masih tetap suka.


Kita semua tahu bahwa tempe banyak dikonsumsi karena harganya bisa dijangkau oleh masyarakat kelas manapun terutama kelas menengah ke bawah, dan harganya terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan daging ayam, ikan, atau bahkan daging sapi. Selain itu, tempe juga bisa lebih mudah untuk didapatkan.

Lain halnya ketika saya tinggal di luar negeri. Untuk bisa mendapatkan tempe siap makan saja saya harus mendatangi toko Indonesia yang memang menjual masakan Indonesia dengan menggunakan taksi, karena sistem delivery serviceseperti GoFood atau GrabFood masih belum tersedia di Taiwan. Kalaupun saya menggunakan jasa pengiriman melalui pos, saya harus menunggu berhari-hari. Perihal harganya sendiri, untuk satu bungkus tempe orek seperti gambar di bawah saja saat itu masih dihargai 40NT atau sekitar 16 ribu rupiah. Sedangkan saat ini harganya bisa mencapai sekitar 30 ribu rupiah per bungkus.


Tapi bagi saya pribadi, alasan mengapa saya begitu menyukai tempe adalah karena menu masakan pertama yang diajarkan oleh Almarhumah Ibu ketika saya masih bersekolah SMP adalah tempe goreng tepung. Dan semakin hari, saya semakin menemukan banyak variasi olahan dari tempe dan mencoba untuk membuatnya untuk dikonsumsi sendiri, beberapa diantaranya seperti yang saya tuliskan di bawah ini.

**************************************************

Quote:



Tempe mendoan atau tempe goreng tepung sepertinya masih menjadi primadona disetiap rumah. Saya yakin, setiap orang pun akan bisa membuatnya karena prosesnya sendiri terbilang mudah. Kecuali seseorang yang memang tidak bisa memasak dan tidak memiliki kemauan untuk belajar memasak.

Sebagai langkah pertama, tempe harus diiris tipis dengan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan selera. Tepung terigu yang dibutuhkan kemudian diberi dengan kaldu bubuk, atau perpaduan antara garam dan penyedap rasa, serta diberi air secukupnya. Tepung terigu tersebut diaduk rata dan diberi rajangan daun bawang. Tempe yang sudah diiris kemudian dicelupkan kedalam adonan tepung terigu tersebut, kemudian dimasukkan kedalam wajan yang berisi minyak goreng yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tempe kemudian digoreng hingga berwarna hampir kekuningan.

Secara umum, tempe mendoan atau tempe goreng tepung sering dijadikan cemilan diwaktu santai dan dimakan berbarengan dengan cabe rawit atau sambal kecap, atau bisa juga dijadikan sebagai lauk pendamping nasi dan dimakan berbarengan dengan sambal terasi atau sambal tomat. Kalaupun sedang malas untuk berkutat di dapur, tempe mendoan atau tempe goreng tepung juga bisa dijumpai ditukang gorengan kaki lima dengan harga yang relatif murah.

**************************************************

Quote:



Jenis olahan tempe yang bisa saya dapatkan ketika tinggal di luar negeri hanyalah sambal goreng tempe saja, mungkin karena sambal goreng tempe cenderung memiliki daya simpan yang lebih lama ketimbang jenis olahan tempe lainnya. Itupun jika proses membuatnya dilakukan dengan benar dan dimasukkan kedalam toples kedap udara, kemudian disimpan di dalam kulkas.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong tempe seukuran jari kelingking. Karena jika dipotong terlalu kecil, tempe akan lebih mudah hancur setelah digoreng kering. Untuk bumbunya sendiri, yang diperlukan adalah cabe merah jenis keriting atau Tanjung, bawang putih, dan gula merah. Setelah diulek hingga halus, bumbu tersebut ditumis hingga wangi, kemudian masukkan potongan tempe yang sudah digoreng kering, dan aduk rata.

Agar lebih variatif, sambal goreng tempe juga bisa dicampur dengan teri tawar atau kacang tanah yang juga sudah digoreng terlebih dulu. Dan sedikit tips agar sambal goreng tempe tidak terlalu asin. Ketika mengulek bumbu, tambahkan hanya sedikit garam. Jadi, jika ketika dicicipi terasa kurang asin, maka garam bisa ditambah lagi sesuai dengan selera.

**************************************************

Quote:



Jika merasa bosan dengan tempe yang diolah secara kering, tempe juga bisa diolah dengan cara disayur.

Langkah pertama, tempe dipotong kotak-kotak sesuai selera. Untuk bumbu yang diperlukan adalah cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan sedikit garam. Sedangkan untuk cabe gendotnya sendiri bisa diiris tipis. Setelah semua bumbu diulek hingga halus, kemudian ditumis hingga wangi. Masukkan irisan cabe hijau dan tempe yang sudah dipotong kotak-kotak. Aduk rata, kemudian tambahkan air secukupnya. Setelah mendidih, tambahkan sedikit gula pasir dan sedikit penyedap. Kemudian masak hingga benar-benar matang.

Sebenarnya sayur tempe ini memerlukan santan agar rasanya lebih gurih. Tapi, bagi orang-orang yang sedang menghindari santan seperti saya, sayur tempe tersebut cukup diberi air saja. Dan jika perpaduan antara garam, penyedap rasa, dan gula pasirnya pas, maka rasanya juga tidak akan kalah enak.

**************************************************

Quote:



Jika ditanya menu makanan apa yang paling nikmat? Maka saya akan memberikan jawaban bahwa menu makanan yang paling nikmat menurut saya adalah nasi hangat, ikan asin, sambel terasi atau sambal tomat, lalap daun singkong atau kol yang sebelumnya direbus terlebih dulu, dan tentu saja tempe bacem.

Saya tidak begitu mengetahui tentang jenis tempe bacem yang ada di daerah Jawa, maupun cara membuatnya. Jenis tempe bacem yang sudah menjadi tradisi di keluarga saya pun tidak diketahui berasal dari daerah mana. Hanya saja bagi saya, terlepas berasal dari daerah manapun, saya sangat menyukai tempe bacem dan memiliki kemampuan untuk membuatnya.

Untuk langkah pertama, tempe harus diiris dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Hal tersebut dilakukan agar tempe tidak hancur ketika digodok. Bumbu yang diperlukan hanya ketumbar, bawang putih, dan garam. Tempe yang sudah diiris kemudian disusun rapi di dalam sebuah panci, dan masukkan bumbu yang sudah diulek. Tambahkan asam jawa, gula merah, dan air secukupnya. Kemudian godok di api yang sedang.

Proses menggodoknya sendiri memerlukan waktu sekitar 30 menit, atau setidaknya hingga air godokan mulai berkurang dan mengental, serta tempe berubah warna menjadi kecoklatan karena bumbu sudah meresap. Tempe bacem yang sudah digodok tersebut tidak harus langsung dihabiskan saat itu juga, tapi bisa disimpan di dalam kulkas. Dan ketika ingin memakannya, tempe tersebut cukup digoreng sebentar untuk memberikan kesan sedikit kering dan berminyak.

**************************************************

Quote:



Bicara tentang steak, maka kebanyakan orang-orang akan berpikir tentang daging sapi, atau variasi lainnya yaitu daging ayam. Tapi, steakjuga bisa terbuat dari tempe. Bagi orang-orang yang vegetarian atau yang sedang menghindari lemak, tapi masih menginginkan sensasi memakan steak, maka steak tempe bisa menjadi pilihan terbaik.

Untuk membuat steak tempe, prosesnya sedikit panjang tapi tetap tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Langkah pertama, tempe harus dihancurkan terlebih dahulu dengan menggunakan ulekan atau bisa menggunakan food processor agar teksturnya lebih halus. Tempe kemudian dikukus selama kurang lebih 15-20 menit agar bisa dibentuk. Setelah tempe tersebut terbilang matang dan didinginkan, tambahkan dua sendok makan tepung terigu dan sedikit garam, lalu aduk rata. Bentuk adonan tempe menjadi bulat pipih, kemudian goreng dengan minyak sedikit hingga berwarna kecoklatan.

Untuk membuat saus lada hitamnya sendiri, bahan yang diperlukan hanya bawang bombay yang diiris tipis dan bawang putih yang dicincang halus. Kedua jenis bawang tersebut ditumis hingga wangi. Setelah bawang bombay layu, masukkan saus tiram, garam, gula pasir, merica hitam yang digiling kasar, dan air secukupnya. Biarkan mendidih sebentar, lalu masukkan campuran satu sendok makan tepung maizena yang dicampur dengan sedikit air. Aduk hingga saus mengental.

Untuk penyajiannya sendiri, rebus bahan pelengkap yang berupa wortel dan buncis yang dipotong memanjang, serta goreng kentang yang juga dipotong memanjang. Setelah semuanya siap, steak tempe dan bahan pelengkap ditata di atas piring, kemudian saus lada hitamnya disiram di atas steak tempe.

**************************************************

Quote:



Cemilan atau lauk pendamping nasi berbahan dasar tempe tidak hanya bisa dibuat menjadi tempe mendoan atau tempe goreng tepung, namun stik tempe juga bisa. Cara membuatnya pun sama mudahnya, hanya saja ada sedikit perbedaan.

Langkah pertama, tempe dipotong memanjang seukuran jari telunjuk, kemudian direndam terlebih dahulu dengan air yang sudah dicampur dengan bawang putih, merica, ketumbar, dan garam yang sudah dihaluskan. Proses rendaman tersebut bisa dilakukan selama 10-15 menit, atau bisa lebih lama agar bumbu bisa lebih meresap. Kemudian buat adonan tepung terigu yang dicampur dengan air. Potongan tempe yang sudah direndam, kemudian dicelupkan kedalam adonan tepung terigu tersebut, kemudian dibalur dengan tepung roti, lalu digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Setelah matang, stik tempe bisa disajikan dengan menyiramkan saos sambal, saos tomat, ataupun mayonaise di atasnya.

**************************************************

Sekian, terimakasih, dan selamat mencoba.
Thread merupakan pengalaman pribadi.

*
*
*
*
*
cheria021
gembelngehe
provocator3301
provocator3301 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
5.2K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.