albyabby91
TS
albyabby91
SEMUA COWOK SAMA SAJA. SAMA baikNYA!?
SEMUA COWOK SAMA SAJA. SAMA BAGONGNYA!?

Mohon maaf yaa GanSis bila kurang berkenan dengan judul tulisan kali ini. Rada kasar, tapi ucapan itu pernah diucapkan oleh seseorang. Lebih lanjut, tulisan ini bukan untuk mendiskreditkan kaum saya. Para cowok tulen. Big no! Namun, biar jelas, yuk baca tulisan ini hingga tuntas.

Sad but true, kalimat yang jadi judul tulisan saya kali ini pernah saya dengar sendiri dari mulut salah satu mahasiswi di sebuah kampus usai putus pertunangannya karena cowoknya ketahuan selingkuh. Lebih kaget lagi karena dia mengucapkan kalimat itu di hadapan saya, yang notabene a gentleman (saya laki-laki) saat dia lagi curhat pada saya. Kalau mahasiswi ini curhat pada temen cewek, saya bisa paham. Kalau curhat dengan saya, bukankah dia juga lagi menghujat saya? Heuheuheu.

Sebagai manusia, mayoritas dari kita terbiasa fokus pada sebagian kecil yang buruk dan kemudian menghakimi seisi dunia dengan keburukan yang sama. Hanya karena satu cowok baik, akhirnya seluruh cowok dunia juga sama baiknya. Kita terlalu gampang menghakimi saat kecewa dan marah. Padahal, cowok yang jauh lebih baik masih bertebaran di muka bumi. Kita hanya fokus pada hal buruk, ketimbang yang baik.

Salah satu tulisan saya pernah dapat ratusan like dan puluhan komentar positif. Akan tetapi ada satu komentar buruk tentang tulisan saya dan saya menghabiskan hari-hari saya hanya dengan memikirkan kenapa tulisan saya dinilai buruk. Mendadak saya amnesia dengan ratusan like dan puluhan komentar positif pada tulisan tersebut.

Inilah kita manusia. Makhluk kompleks dan sok tahu. Terlalu gampang memberikan penilaian absolut pada alam semesta dengan keburukan karena mendapat 1 keburukan dari bagian mikro alam semesta. Gak adil rasanya menyebut semua buruk saat kita tak mencoba mengenali semua lebih baik dan mengingat banyak kebaikan dari yang banyak bagian alam semesta.

Ayo! Paksa diri kita berusaha adil untuk semua bagian alam semesta. Kalau ada satu keburukan, bilang saja itu oknum. Kalau semua cowok dianggap baik, apakah kita rela tak mendapat kebahagiaan yang legal dari lawan jenis kita? Tak bisa menyempurnakan separuh agama kita.

So, GanSis Come on! Be fair!

***

Diubah oleh albyabby91 10-08-2022 00:56
dann.fire17kopiko0385dindingretak
dindingretak dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.7K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.