koyowongjowoAvatar border
TS
koyowongjowo
Anak Bangsa Bikin Search Engine Sendiri, Tapi Bikin Ngakak!





Halo agan sista penduduk kaskus sekalian!

Baru baru ini TS menemukan sebuah berita yang cukup menggugah rasa penasaran dan semangat TS, tentang kemunculan mesin pencarian lokal asli buatan anak bangsa.

Search engine buatan anak bangsa sendiri sebenarnya sudah diimpikan oleh menteri komunikasi dan informatika Johnny G Plate sejak awal dia barusaja dilantik menjadi menteri. Ia ingin menamai search engine itu dengan nama gatotkaca.

Hingga pada tanggal 7 Agustus 2022 lalu tiba tiba muncullah sebuah mesin pencarian dengan nama gatotkaca dan beralamat di gatotkaca.mooo.info (tambahi www sendiri gan)

Hal ini tentu saja disambut antusias oleh warganet indonesia termasuk TS sendiri. Siapa yang tidak bangga jika Indonesia punya search engine buatan sendiri dan tidak bergantung pada raksasa teknologi luar negeri seperti google?

Tapi ternyata, mesin penulusuran buatan lokal ini benar benar bikin ngakak!

Ketika search engine ini dikunjungi dan digunakan untuk melakukan pencarian seperti pada search engine pada umumnya, yang muncul bukanlah informasi hasil penelusuran kita, melainkan sebuah gambar animasi bergerak disertai tulisan "Ya ndak tahu kok tanya saya..."

Sungguh sebuah kenyataan yang membagongkan dimana kita bisa terkena prank oleh search engine. Kalau agan sista penasaran bisa dicoba sendiri!

Namun setelah TS menelusuri lebih lanjut, rupanya mesin pencari bernama gatotkaca ini bukanlah search engine resmi yang dirilis menkominfo. Walaupun namanya sama seperti yang diungkapkan Johnny G Plate tetapi mesin pencari ini bahkan masih belum diketahui siapa yang membuatnya.

Bukan hal yang aneh sebenarnya jika Indonesia belum memiliki search engine sendiri. Karena waktu dan biaya pembuatan serta pengembangan mesin pencari memang lumayan banyak. Apalagi dalam beberapa tahun belakangan ini Indonesia masih harus memusatkan perhatiannya untuk menangani pandemi covid.

Menanggapi fenomena ini, beberapa tokoh turut mengungkapkan pendapatnya. Salah satunya Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi yang memiliki ide jika sebaiknya kominfo membuat sayembara pembuatan search engine buatan lokal. Seperti yang dikutip dari laman kominfo.go.id :
"Kalau saya (jadi) Menkominfo sih saya akan bikin sayembara siapa yang bisa membuat search engine, media sosial, pesan instan asli lokal, dan lainnya,”

TS sendiri setuju jika Indonesia membuat mesin pencarian milik sendiri, karena akan memiliki independensi layaknya negara negara maju seperti Amerika, China, dan Rusia yang sudah dari dulu punya mesin pencarian sendiri.

Namun jikapun hal ini belum bisa segera kesampaian karena keterbatasan dana juga tidak terlalu masalah. Toh, mesin pencarian disini juga kebanyakan cuma dipakai buat mencari video p***no (bercanda gans emoticon-Ngakak (S))

Jadi bagaimana kalau menurut agan sista sekalian? Apakah kominfo harus segera membuat mesin pencarinya sendiri?

Akhir kata terimakasih sudah mampir ke thread ini!


emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi emoticon-Nyepi



Referensi :
1, 2

Sumber gambar :
Google
Diubah oleh koyowongjowo 09-08-2022 10:48
za4d1
dindingretak
fathroni
fathroni dan 23 lainnya memberi reputasi
24
11K
228
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.