yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Lubang Raksasa Muncul di Chili, Berikut Penyebabnya

Quote:


Selasa, 09 Agu 2022 07:30 WIB
Sinkhole selebar 32 meter di Chili. (Foto: REUTERS/STRINGER) 


Jakarta, CNN Indonesia --Sinkhole atau lubang besar selebar 32 meter yang cukup untuk menelan Gedung Putih telah ditemukan di daerah pedesaan di luar kota Tierra Amarilla, sekitar 800 kilometer utara ibu kota, Santiago. Apa penyebabnya?

Sebagai perbandingan, Gedung Putih memiliki panjang sekitar 26 meter. Lubang itu diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 200 meter, dengan reservoir air mengalir di sekitar bagian bawah.

Lubang terbuka di lokasi tambang tembaga Alcaparrosa. Menurut Lundin Mining, perusahaan sekaligus pengelola tambang asal Kanada, tidak ada laporan cedera atau kerusakan.

Ahli geologi Sernageomin sedang menyelidiki lubang tersebut dan telah menempatkan perimeter keamanan 100 meter di sekitar lokasi.

Dikutip dari Live Science, Senin (8/8), sinkhole adalah lubang yang terbentuk di atas area di mana air berkumpul di bawah tanah tanpa drainase eksternal. Hal ini menyebabkan air mengukir gua-gua bawah tanah.

Lubang runtuhan juga terbentuk secara teratur di dekat tambang tua dan aktif, di mana sejumlah besar batu dan bijih telah diekstraksi.

Sinkhole sering terbentuk secara bertahap selama bertahun-tahun, tetapi juga dapat terbuka secara tiba-tiba, yang secara tiba-tiba bisa menelan mobil dan rumah di dalamnya.

Sementara itu, Layanan Geologi dan Pertambangan Nasional Chili telah memulai penyelidikan menyeluruh ke temuan lubang atau sinkhole itu.

Penyebab Sinkhole muncul

Layanan Geologi dan Pertambangan Nasional Chile telah memulai penyelidikan menyeluruh ke dalam lubang pembuangan besar yang muncul di wilayah Tierra Amarilla di negara itu Sabtu (6/8).

Lubang itu semakin besar dalam beberapa hari terakhir, menurut laporan AS.

Rongga itu ditemukan di dekat tambang tembaga di gurun Atacama. Lokasi ini dioperasikan oleh perusahaan pertambangan Kanada Lundin Mining Corporation , yang telah menjalankan kompleks pertambangan tembaga Candelaria sejak tahun 2014.

Lundin Mining memiliki 80 persen dari properti sementara 20 persen sisanya berada di tangan perusahaan Jepang Sumitomo Corporation.

Pihak berwenang percaya bahwa lubang pembuangan itu terkait dengan kompleks pertambangan tembaga Candelaria.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya lubang pembuangan terjadi karena penurunan ketinggian air secara tiba-tiba melalui kekeringan atau pemompaan air tanah (sumur, tambang, dan tambang).

Ketika kualitas tanah secara garis besar terganggu dengan penggalian lapisan tanah, pemindahan tanah atau pengeboran; kebocoran air atau tekanan dari beban berat di permukaan tanah - bangunan atau peralatan industri berat.

Banyak waktu, itu adalah kombinasi dari faktor-faktor.Sebuah lubang pembuangan yang dibiarkan terbuka untuk mengambil lebih banyak air dapat terus tumbuh dan dapat berkontribusi pada munculnya lebih banyak lubang pembuangan di dekatnya.

Teori lain adalah bahwa lubang pembuangan bisa disebabkan oleh bahan peledak seperti dinamit, yang digunakan sehari-hari di daerah Tierra Amarilla.


Quote:


Spoiler for Tuan Penata Negara Sinkholes :



Diubah oleh yellowmarker 09-08-2022 05:27
junior_chandra
junaedi1982new
Sambelterasi052
Sambelterasi052 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.