• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fenomena Paket Harga Nasi Padang yg Harus Kamu Tahu (Jangan Nyesel, Ya!)

iskrim
TS
iskrim
Fenomena Paket Harga Nasi Padang yg Harus Kamu Tahu (Jangan Nyesel, Ya!)


Sekarang ini ketika harga dasar pangan melonjak drastis seperti kasus naiknya harga minyak goreng (meski sudah turun) membuat pedagang khususnya makanan seperti warung nasi Padang harus memutar otak agar usahanya tetap bertahan ditengah ekonomi yang belum stabil.

Bukan cuma pemilik warung nasi Padang, warung Tegal, pedagang gorengan juga demikian.. dengan membuat ukuran tempe sedikit lebih kecil dan lebih tipis tapi dijual dengan harga yang sama mereka coba bertahan. Intinya para pedagang melakukan trik agar pelanggan tidak kabur dan menjual dengan harga yang kalau perlu dijual semurah mungkin.

Dan coba kita perhatikan dibeberapa tempat terjadi fenomena baru warung nasi Padang, seringkali dituliskan harga paket 10 ribu, 12 ribu itu sudah dengan nasi, sayur dan pasti lauknya! Padahal seingat kita dulu makan di warung nasi Padang sudah berkesan mahal tapi sekarang seolah mereka mengobral harga demi menggaet pelanggan?

Logikanya orang menjual harga lebih murah pasti ada yang dikorbankan seperti ukuran dagingnya dibuat lebih kecil atau rasanya jadi kurang mantap. Tapi uniknya, makan di warung nasi Padang dengan versi paket harga mereka tetap mempertahankan rasa.



Strategi ini menurut saya sangat pintar. Kita pasti ingat dulu kalau beli nasi Padang minta dibungkus biasanya nasinya selalu diberi lebih banyak tapi tidak untuk sekarang ini, mereka mengurangi takaran nasinya, dengan harga lebih terjangkau, nasi dikurangi membuat pelanggan akan menambah nasinya. "Tambuah cie nasinya,"karena rasa lauknya enak tapi kurang mengenyangkan otomatis pelanggan tanpa sadar membayar lebih mahal padahal awalnya tertulis paket 10 ribu atau 12 ribu.

Bukan itu saja, menurut orang Padang yang saya kenal untuk mengurangi biaya 'produksi' mereka sekarang memilih jenis garam kasar daripada garam halus yang harganya belanjanya lebih murah, jadi jangan kaget disaat sedang makan seperti sedang mengunyah bertemu garam kasar, tidak selalu tapi trik ini ada.

Trik berikutnya adalah mengurangi ukuran lauk pauknya, jelas saja cara ini untuk menekan modal belanja agar tetap menyajikan menu yang lengkap dengan harga jual lebih murah. Tapi sekali lagi jangan khawatir, meski ukurannya lebih kecil tapi soal rasa tetap mereka pertahankan. Inilah salahsatu keunggulan beli nasi Padang model paketan harga, meski murah mereka tidak mengurangi kualitas rasa. Ini yang saya suka!

Trik terakhir yaitu mereka akan menjual lebih mahal bila pelanggan hanya membeli lauknya saja tanpa nasi. Alasannya karena nasi biasanya selalu habis bersamaan dengan lauk pauknya. Jadi supaya tidak merugi (untuk menutupi biaya nasi tersisa) solusinya adalah menjual lauk pauknya lebih mahal.



Yes, ini adalah hasil pengamatan di beberapa rumah makan nasi Padang didaerah saya yang menerapkan harga paketan. Tapi tenang buat kamu yang mau porsi normal kamu tinggal bilang sama Uni nya, maka menu dan takarannya akan dibuat lebih banyak seperti pada umumnya tentu dengan harga normal juga.

Jadi saran saya ketika kamu sedang lapar benar jangan sekali-kali memesan makan nasi Padang dengan harga paketan karena kamu pasti tetap lapar sebab porsi nasinya lebih sedikit meski ukuran lauknya juga semakin mengerdil tapi tetap enak.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 08-08-2022 17:00
silohknoopyscreamo37
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.7K
44
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.