masnukho
TS
masnukho 
Jangan Hanya Hobi Bikin, Ini Tanggung Jawab Penting Orang Tua Pada Anak-anaknya
Jangan hanya hobi bikin, ini dia tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang harus dipahami


Menikah muda itu enak, banyak generasi muda-mudi saat ini yang memiliki pemikiran tersebut dan merasa pemikirannya itu benar tanpa melihat lebih jauh tentang tanggung jawab setelah menikah.

Mungkin sebenarnya tidak ada yang salah dari pilihan menikah muda, selagi memang sudah siap mental, finansial, dan sudah mandiri dalam segala hal.

Namun sangat disayangkan, tidak semua pasangan muda-mudi yang mengatakan menikah muda itu enak mereka sudah benar-benar siap dari segala faktor dan masih membebankan kehidupan setelah menikah kepada orang tua dan mertua.

Belum lagi setelah menikah, akan bertambah tanggung jawab saat memiliki anak saat menyandang status sebagai orang tua, dan enaknya menikah muda tidak lebih pasti hanya berkisar pada waktu bikin anak saja.

Lalu tanggung jawab apa yang harus dipikirkan dan diketahui oleh anak-anak muda yang akan memutuskan untuk menikah lebih awal dan nantinya akan memiliki anak?
Berikut ini tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang tidak boleh disepelekan.




1. Merawat

Kewajiban dan tanggung jawab pertama yang harus dipenuhi oleh orang tua adalah merawat anak dari bayi sampai usia dewasa.

Secara otomatis saat telah memutuskan untuk menikah dan memiliki anak, maka kewajiban merawat anak harus dipenuhi mampu atau tidak mampu GanSis.
Kebanyakan saat pasangan muda memutuskan menikah dan memiliki anak, kakek nenek dari si bayi lah yang merawat, karena orang tuanya belum bisa dan tidak tahu bagaimana cara merawat anak bayi.

2. Menafkahi

Menafkahi lahir dan batin, juga menjadi kewajiban dan tanggung jawab bagi orang tua GanSis.

Nafkah lahir bisa berupa pakaian, kebutuhan sehari-hari, dan yang lainnya, sedangkan nafkah batin adalah kasih sayang penuh orang tua pada anak yang juga akan membentuk karakter si anak.

3. Memberikan Pendidikan

Memberikan pendidikan yang layak kepada anak, baik itu dengan memilihkan sekolah yang terbaik, atau juga memberikan pendidikan karakter yang benar di rumah juga merupakan tanggung jawab besar yang harus dipikirkan.

Peran orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak ini sangat penting GanSis. Pendidikan formal di sekolah, pendidikan agama dan karakter di rumah, harus seimbang jika ingin anak menjadi orang yang berguna dan memiliki masa depan yang baik.

4. Memberikan Perlindungan

Saat anak Agan Sista masih kecil, maka tugas orang tua adalah memberikan perlindungan dan pengawasan kepada mereka.

Orang tua tidak boleh teledor dalam menjaga dan merawat anak mereka, karena jika teledor maka anak akan mendapatkan bahaya, entah itu terjun ke pergaulan bebas, atau terlibat masalah yang membuat orang tua dipersalahkan.



Itulah GanSis beberapa tanggung jawab dan kewajiban orang tua pada anak yang harus dipenuhi sejak anak dalam kandungan sampai anak beranjak dewasa dan memiliki kehidupan sendiri.

Menjadi orang tua itu tidak mudah jadi enaknya bikin anak sekiranya akan sebanding atau lebih besar dari tanggung jawab terhadap anak-anak dari Agan dan Sista.

Oke, mudah-mudahan thread ini menjadi pembelajaran dan bisa mengingatkan Agan Sista terhadap tanggung jawab dan kewajiban kepada anak.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
provocator.3301cheria021Qhitink87
Qhitink87 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.8K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.