• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku

iskrim
TS
iskrim
Ternyata Ini yg Dilakukan Produsen Motor Dan Mobil Kalau Dagangannya Tidak Laku


Pernah kefikiran gak Gan, akan dikemanakan motor atau mobil baru, misalkan stok dari produsen yang belum terjual itu masih tersimpan rapat di gudang, belum sempat dikirim ke dealer karena memang belum ada permintaan? Akankah dibiarkan berjamur?

Dari sekian produsen kendaraan itu pasti ada yang pernah mengalaminya meskipun mungkin jumlahnya sedikit artinya tetap ada produk 'gagal terjual' dan harusnya menjadi evaluasi bagi perusahaannya.

Namanya usaha, pasti ada pasang surutnya, tidak selalu semua produk yang dijual menjadi impian dan selera konsumen meski mereka sebenarnya telah melakukan riset pasar yang mendalam dan berpengalaman sekalipun, pastinya pernah membuat produk gagal dipasaran.



Saya rasa, kendaraan baru yang belum dikirim ke dealer mungkin disebabkan oleh 4 hal, yang pertama adalah memang tidak ada permintaan karena produknya dianggap gagal, menurunnya selera pasar, menghabiskan stok di akhir tahun atau akan datang model terbarunya dan bencana alam. 4 hal tadi bisa saja salah kira karena ini murni opini saya saja.

Rasanya amat disayangkan jika masih ada teronggok seekor motor atau mobil digudang, masih dalam keadaan fresh tapi belum juga terdistribusikan. Produsen pastinya sadar produknya ini tidak mungkin disimpan lama karena pergerakan teknologi dan trend otomotif selalu dinamis, selera selalu berubah.



Mengatasi ini biasanya, sekali lagi menurut saya produsen bersama jajarannya terutama dilini pemasaran dan penjualan sampai dealer terkecil akan melakukan program promo seperti diskon harga, jual rugi (meski tetap untung karena tinggal menghabiskan stok), dikirim ke dealer yang berpotensi menjual dengan baik, penjualan disertakan dalam program undian, dan paling akhir adalah dengan membongkar kembali beberapa part lalu disubtitusikan ke produk yang support.



Apakah cara-cara diatas dibenarkan, saya rasa juga sah-sah saja sih karena produsen menjual produknya bukan dengan cara pemaksaan atau menipu konsumen. Justru produk mereka (meski) hanya satu tersisa 1 stok saja digudang mereka sebenarnya telah rugi waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 07-08-2022 15:29
jireshscreamo37s.c.a.
s.c.a. dan 13 lainnya memberi reputasi
12
8.8K
54
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.