• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Kendaraan Latih Pengemudi Pembawa ICBM Rusia Mengalami Kecelakaan, Bagaimana Bisa ?

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Kendaraan Latih Pengemudi Pembawa ICBM Rusia Mengalami Kecelakaan, Bagaimana Bisa ?
Quote:


[JUSTIF]Sebuah foto yang diposting di Twitter pada 4 Agustus 2022 sontak membuat warganet pemakai aplikasi Burung Biru gempar, pasalnya foto itu menunjukkan kendaraan pembawa rudal balistik antar benua (ICBM) menabrak sebuah sedan. Sang pengunggah foto mengatakan kejadian itu terjadi di Rusia, tapi tidak diketahui persis di mana lokasinya.

Keadaan atau cerita dari kecelakaan itu juga tidak jelas, tetapi kerusakan yang ditimbulkan pada mobil kecil bergaya sedan itu sangat parah. Dalam foto tersebut, kita melihat seluruh chaassis mobil bengkok, sementara poros roda belakangnya menonjol ke kanan secara tidak wajar karena tabrakan tersebut.

Sementara menurut TheDrive.comkendaraan militer besar yang terlibat kecelakaan sangat mirip dengan MAZ-7917 transporter erector launcher (TEL) yang membawa rudal balistik antar benua (ICBM) Topol. Kendaraan itu sebenarnya adalah kendaraan pelatihan pengemudi ICBM.

Quote:


Kendaraan pelatihan yang langka ini membawa tangki kosong seukuran rudal ICBM, yang dapat diisi dengan air atau pasir melalui lubang palka besar di atasnya guna mensimulasikan kecepatan peluncur ICBM yang bermuatan penuh. Kendaraan pelatihan pengemudi Topol secara umum mirip dengan kendaraan pelatihan pengemudi baru bernama BMS ICBM yang lebih baru, tetapi yang kendaraan baru menggunakan chassis yang sama sekali berbeda dan memiliki pengaturan palka atas yang sangat berbeda juga.

BMS juga memiliki peran pendukung sekunder, termasuk bertindak sebagai kendaraan pemulihan berat, untuk unit Rusia yang dilengkapi dengan ICBM Topol-M dan Yars mobile-road.

Quote:


Rincian tentang bobot yang tepat, dimensi, dan spesifikasi lain dari kendaraan pelatihan pengemudi Topol tampaknya tidak tersedia, tetapi trucksplanet.com mengatakan chassis MAZ-7917 yang memiliki berat 35,8 ton dan panjangnya sekitar 18,71 meter. Kedengaran ini juga bukan kendaraan yang bisa bermanuver dengan baik, karena radius putarnya sekitar 27 meter.

Tontonan aneh melihat kendaraan yang membawa dan menyebarkan beberapa senjata paling merusak di bumi di jalan umum merupakan hal yang tidak lazim di Barat, tetapi di Rusia dan sampai batas tertentu di China serta pada tingkat yang lebih rendah di Korea Utara, hal itu tidak berlaku. Bagi masyarakat di tiga negara tersebut bertemu dengan kendaraan pembawa ICBM di jalan umum merupakan hal yang biasa.

Pada 2019, muncul gambar RS-24 Yars TEL (transporter erector launcher) yang terjebak kemacetan di Moscow Automobile Ring Road. Mereka yang sarat dengan peluru kendali dan hulu ledak melakukan perjalanan di bawah keamanan yang lebih ketat dan sering tersebar di sekitar daerah pedesaan tertentu.

Quote:


Di Rusia sendiri, kecelakaan yang melibatkan kendaraan militer dengan warga sipil cukup sering terjadi. Dalam beberapa insiden, bahkan tabrakan bisa jadi lebih serius. Seperti yang terjadi pada Februari tahun 2019, empat pengendara terlibat dalam tabrakan dengan dua kendaraan pengangkut personel lapis baja BTR-80 seberat 15 ton. 

Dalam video yang beredar tahun 2019, BTR-80 yang ada di barisan depan tiba-tiba mundur dan menghantam satu dari empat mobil sedan yang berada di barisan paling depan. Sementara BTR-80 lainnya datang dari belakang, karena dorongan yang kuat alhasil keempat kendaraan tersebut terdorong ke belakang dan terjepit dua BTR-80. Video kejadiannya bisa agan lihat di bawah ini.

Quote:


Orang hanya bisa membayangkan betapa sulitnya mengendarai sesuatu seperti ICBM TEL di jalan raya. Mereka adalah kendaraan beroda terbesar di dunia, dengan jarak pandang yang sangat terbatas dan proporsi yang besar. Pada saat yang sama, beberapa dari sifat-sifat itu juga membuat mereka sangat sulit untuk dikendalikan.

Apa yang terjadi dalam contoh kasus ini masih jadi misteri, mobil itu bisa saja tertabrak (mengalami kecelakaan) sebelum ditabrak kendaraan pelatihan ICBM, kita berharap semua orang yang terlibat kecelakaan tersebut tidak mengalami cidera yang serius.

Bicara soal kecelakaan kendaraan militer, ane selalu teringat kejadi tank AMX-13 TNI AD yang menabrak gerobak gorengan di Bandung. Kejadian ini bisa dibilang adalah yang paling membekas di ingatan ane dan mungkin juga agan pemerhati alutsista nasional.

Quote:


Tank AMX-13 TNI AD waktu itu mengalami kecelakaan di ruas Jalan Raya Cipatat, Kecamatan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/09/2020). Dalam video yang beredar di media sosial waktu itu, 2 buah tank sedang berjalan dari area PLTA Saguling menuju Jalan Raya Cipatat. Tank pertama berhasil berbelok dengan lancar, tapi tank kedua melaju terlalu kencang dan kehilangan kendali saat berbelok.

Tank kedua akhirnya menabrak sepeda motor dan gerobak gorengan yang terpakir di sisi kiri Jalan Raya Cipatat, lokasi kejadian persis berada di depan Polsek Cipatat. Kasus ini membuktikan bahwa, bukan hal mudah untuk mengemudikan kendaraan militer di jalan.

-------------




Referensi Tulisan: kompas.tv, TheDrive.com&  trucksplanet.com 
Sumber Foto: sudah tertera di atas
gepyanprovocator3301jlamp
jlamp dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
17
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.